Menjawab Dr. Zakir Naik- Part 1

Hari ini iseng-iseng browsing Youtube, ane ketemu salah satu debat Dr. Zakir Naik. Zakir Naik adalah seorang pembicara muslim yang handal dari India, saya dulu pernah menonton vcd debat nya ketika kuliah. Menarik memang ketika azas-azas iman digoyahkan, memang setelah menonton debat beliau aku bertanya pada diriku sendiri “aku kristen tetapi aku tidak tahu sama sekali akan apa yang aku percayai”..

Sebagai orang percaya kita memiliki tugas bukan hanya percaya namun berapologetik, sama ketika mahkamah agama mempertanyakan iman kepada para rasul, contoh lain ketika Paulus berada di Athena

KPR 17:17 Karena itu di rumah ibadat ia bertukar pikiran dengan orang-orang Yahudi dan orang-orang yang takut akan Allah, dan di pasar setiap hari dengan orang-orang yang dijumpainya di situ.

17:18 Dan juga beberapa ahli pikir dari golongan Epikuros dan Stoa bersoal jawab dengan dia dan ada yang berkata: “Apakah yang hendak dikatakan si peleter ini?” Tetapi yang lain berkata: “Rupa-rupanya ia adalah pemberita ajaran dewa-dewa asing.” Sebab ia memberitakan Injil tentang Yesus dan tentang kebangkitan-Nya.

17:19 Lalu mereka membawanya menghadap sidang Areopagus dan mengatakan: “Bolehkah kami tahu ajaran baru mana yang kauajarkan ini?

17:20 Sebab engkau memperdengarkan kepada kami perkara-perkara yang aneh. Karena itu kami ingin tahu, apakah artinya semua itu.”

Kali ini aku ingin menanggapi beberapa point yang disampaikan oleh Dr. Zakir Naik tersebut (note ini bukan untuk menyerang iman orang lain tetapi berapologetik terhadap beberapa pertanyaan mendasar akan asas iman kristiani) silahkan cek di

Didalam video tersebut ada seseorang yang bertanya?

“Mengapa Yesus bukan Tuhan padahal Ia tidak dilahirkan dari ayah dan ibu tetapi hanya dari ibu saja?”

Well mari kita saya coba komentari per point yang disampaikan oleh Dr. Naik:

1. Menurut Dr. Naik di dalam bahasa alkitab, anak Allah artinya orang yang mengikuti perintah Tuhan, beliau mengutip ayat di Roma 8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Menurut beliau penyebut Yesus sebagai Anak Allah dialkitab bukan berarti Dia adalah Tuhan..

Oke guys mari kita kaji apa yang tertulis didalam Roma 8, didalam bahasa aslinya kita menemukan tidak pernah ada seoarng nabi/rasul yang disebut “anak Allah” dalam bentuk tunggal ini konsisten baik itu dari perjanjian lama hingga perjanjian baru, KECUALI hanya kepada Yesus. Yuks mari kita lihat teks PL sebagai referensi:

Kejadian 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

Ayub 1:6 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.

Nah sekarang kita lihat teks asli kitab Roma:

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah

οσοι γαρ πνευματι θεου αγονται ουτοι εισιν υιοι θεου

hosoi {semua (orang) yang} gar {karena} pneumati {oleh Roh} theou {Allah} agontai {dipimpin,} houtoi {orang-orang ini} eisin {adalah} huioi {anak-anak (sons)} theou {Allah}

huioi theou’ adalah bentuk jamak dari ‘huios theou‘ 

Didalam ayat ini pun ditegaskan bahwa manusia diangkat menjadi “anak-anak Allah” ketika ia dipimpin oleh Roh Allah. Jika kita membaca didalam

I Korintus  12

12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus. Jadi sangat jelas bahwa kita diangkat menjadi anak Allah jika hidup kita dimpimpin oleh Roh Allah, dan hidup dipimpin oleh Roh Allah ketika kita mengaku bahwa Yesus adlaah Tuhan…

2. Oke lanjut ke point kedua Dr. Naik.. dikatakan bahwa memang di alkitab disebutkan Yesus Anak Tunggal Allah, dan ini dikutip dari injil Yohanes 3:16 (ayat hafalan), menurut beliau kata “tunggal” adalah tambahan/revisi/buatan.. hmm menarik.. okeh guys mari kita cermati kata asli didalam bahasa Yunaninya

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

King James Version (KJV), For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.

και ο λογος σαρξ εγενετο και εσκηνωσεν εν ημιν και εθεασαμεθα την δοξαν αυτου δοξαν ως μονογενους παρα πατρος πληρης χαριτος και αληθειας

kai {adapun} ho {itu} logos {Firman} sarx {manusia (yang berdaging)} egeneto {menjadi,} kai {dan} eskênôsen {berdiam} en {diantara} êmin {kita,} kai {(bahkan)} etheasametha tên {kita melihat} doxan {kemuliaan} autou {-Nya} hôs {SEBAGAI} monogenous {Yang Unik/ Yang Tunggal/(of an only begotten)} para {dari} patros {Bapa} plêrês {penuh} charitos {anugerah} kai {DAN} alêtheias {kebenaran}

Didalam bahasa aslinya jelas ada kata monogenous, kata ini jelas dah ga asing bukan buat kita mono=tunggal=satu-satunya. Kalo kita cek arti sesungguhnya (http://www.blueletterbible.org/lang/lexicon/Lexicon.cfm?)

1) alone (without a companion), forsaken, destitute of help, alone, only, merely

only 24, alone 21, by (one’s) self 2.  

Artinya ialah ‘yang tunggal’, satu-satunya, yang unik, hanya, yang khas, tidak ada yang kedua.. So get the point Hanya Yesus lah yang siebut seperti itu karena tidak ada pribadi yang seperti Dia didunia ini, keilahian dan kemanusiaanNya

Jiak dituduhkan itu adalah tambahan, maka nampaknya Mr. Naik mesti membaca lagi tulisan aslinya bukan hanya terjemahan KJV, karena sampai hari ini kodex alkitab abad pertama masih disimpan dan tidak ada perubahan..

3. Lanjut lagi apa yang dibahas oleh Dr. Naik, Jika Yesus disebut “Anak Allah” karena Ia tidak berbapa, maka apa bedanay dengan Adam. Adam kan tidak memilik bapak dan ibu.. kenapa Adam tidak sebut Tuhan??

Kalo bahasa Sule “Ohh tidak bisaa..” hehe Oke disini kita lihat betapa isu utamanya ialah ga ada yang istimewa kok Yesus lahir dari seorang perawan Maria, karena lebih sakti Adam dan Hawa. Masalahnya menjadi sangat dangkal, bahwa Kasih Tuhan yang rela mengosongkan DiriNya menjadi manusia untuk MENEBUS DOSA MANUSIA bergeser manjdi kisa seorang nabi lahir tanpa bapak..

Sejak bumi dan langit diciptakan, ada 4 macam orang yang berada di dunia :

- Pertama, lelaki tanpa ibu tanpa bapa.

- Kedua, perempuan tanpa ibu tanpa bapa.

- Ketiga, lelaki dan perempuan yang beribu dan berbapa.

- Keempat, seorang laki-laki yang tidak berbapa tetapi mempunyai ibu.

Dari empat macam orang ini, yang pertama hanya satu, yang kedua hanya satu, yang keempat hanya satu, yang ketiga, bermiliaran orang, tidak ada habis-habisnya.

Waktu Adam diciptakan oleh Tuhan Allah, tidak memakai bapa dan ibu. Waktu Hawa diciptakan juga tidak memakai bapa dan ibu. Adam tidak memakai benih wanita dan pria. Hawa diciptakan dengan tidak memakai wanita, tetapi keluar dari pria. Adam dan Hawa diciptakan demikian, tanpa bapak-ibu, karena mereka adalah sepasang manusia yang mula-mula.

Ketetapan reproduksi (Kejadian 1:28 ) adalah ketika wanita dan pria dalam persetubuhan yang menghasilkan begitu banyak keturunan laki-laki dan perempuan sepanjang sejarah manusia, ini merupakan penciptaan manusia metode ketiga.

Tetapi satu-satunya metode yang dipakai Tuhan adalah seorang yang dilahirkan melalui seorang perempuan tanpa laki-laki. Yaitu lahirnya Yesus Kristus, inilah yang disebut dengan istilah kiasan “benih perempuan atau keturunan perempuan” dalam Alkitab, karena Ia lahir melalui perempuan, Allah meminjam rahim Maria untuk proses kelahiran Yesus Kristus.

So its very obvious.. bahwa berbeda Adam dan Hawa adalah ciptaan, berbeda dengan Yesus “dilahirkan”. Kalo kita lihat Hawa, Tuhan memakai pria mengeluarkan wanita (Hawa) tetapi bukan dilahirkan, Memakai wanita mengaluarkan Pria (Yesus) tetapi bukan peniciptaan. Inilah hikmat Allah yang melampaui segala akal.

Kita orang kristen tidak pernah mengkatrol pangkat Yesus dari manusia menjadi Tuhan, kita hanya mengikuti apa yang tertulis didalam alkitab sendiri.

Lukas 1:26-35

1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,

1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”

1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.

1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,

1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”

1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”

1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Dan Ia sehakekat dengan Allah, jadi bukan krn Ia lahir tanpa Bapak maka Ia disebut Tuhan. Ia sudah ada sebelum dunia ada

Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 

Sang Firman ini kemudian mengosongkan DiriNya mengambil rupa seorang hamba/manusia, lahir didunia untuk menebus dosa manusia.Yesus berkata didalam:

8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

8:42 Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Berbeda dengan apapun dan siapapun, kelahiran Yesus sungguh bukan kelahiran yang “muatanNya” berasal dari fisik dunia. Ia tidak diciptakan dari debu dan tanah seperti Adam. Juga tidak dari tulang rusuk dunia seperti Hawa. Dia tidak membawa gen-debu, gen-tulang, atau bahkan gen ibu-Nya!

Demikianlah kelahiran Yesus memang suatu rahasia yang agung, yang hanya mungkin disembah.

 

4. Didalam point selanjutnya dikataakn bahwa orang salah memahami kata “Bapa” didalam alkitab dan sehingga didalam quran Tuhan tidak memperkenalkan DiriNya lagi sebagai Abba..

Well jika itu faham Dr. Naik saya tidak akan mengganggu gugat iman muslim. Tetapi didalam prespektih Yudaisme dan Kristiani. Tuhan sejak semula meperkenalkan DiriNya sebagai “Bapa”. Dan salah satu sifat Tuhan ialah konsisten.. itulah mengapa ketika Musa bertanya “Siapakah NamaMu” dan Tuhan menjawab “AKU ADALAH AKU” didalam bahasa aslinya “EHYES ESHER EHYEH” Artinya “AKU YANG DAHULU, YANG SEKARANG, DAN YANG AKAN DATANG” Aku tetap sama. Jika sejak semula Ia menyatakan DiriNya sebagai Bapak, maka sekarang pun Ia tetap Bapak, nantipun Ia tetap Bapa..

Yesaya  63

63:16 Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah “Penebus kami” sejak dahulu kala.

Garis bawahi kata “Penebus kami” Ia sejak semula adalah Bapa yang mengasihi anak2Nya dan Ia disebut penebus. Jika dikatakan meebus berarti ada utang. Ya benar dosa seperti utang, dan upah dosa ialah maut.. didalam kosep alkitab baik dari PL dan PB konsisten untuk penebusan dosa diperlukan penumpahan darah.. Dan Yesus menyerahkan nyawaNya sebagai korban penebusan yang sempurna.

5. Point selanjutnya beliau menyinggung masalah sunat (jujur ini point jadi kesana kemari) hoho oke menurut beliau karena Yesus di hari ke-8 disunat, tetapi orang kristen sekarang tidak mewajibkan sunat. Terus menyinggung tentang makan babi dan minum alkohol. Kalo membahas point ini akan panjang.. nanti akan aku bahas di note selanjutnya …

Sekali lagi note ini bukan untuk menyerang iman muslim, kita harus saling menghargai dan mengasihi tetapi kita juga sebagai orang percaya memiliki tugas untuk beraplogetik terhadap iman kita.. Tuhan memberkati

About these ads

32 thoughts on “Menjawab Dr. Zakir Naik- Part 1

  1. bismillahirohmanirrohim
    lakum diinukum waliyadiin
    sabar saja,,kita tunggu sja di akhirat agama apakah yang benar. karena sesungguhnya islam itu agama yang paling benar.

    • Tidak apa2 mas/mbak.. toh agama itu tidak menyelamatkan manusia, agama tanpa pengenalan akan Tuhan hanyalah sebatas aturan dan liturgia yang hakekatnya mati… Dan kebenaran mutlak hanyalah milik Tuhan.. Shalom… :D

  2. Mas saya ingat waktu “JUDAS” mboh “JUDES”, mboh “CUDES” mau menjualkan diri ISA AS PUTRA MARYAM yang lahir dari kandungan yang suci (“Dara Perawan”, bukan “DARAH” PERAWAN ” tetapi “GADIS PERAWAN”), ISA AS Berkata kepada JUDES : “Hai Judaskoe, Nanti malam sebeloem ayam berkokok tiga kali, INGA JUDES… sebeloem ayam berkokok tiga kali kamoe akan mengingkari kerasulan-koe, dengan menjuala saya kepada ROMAI KUNO untuk disalibkan (Dimatikan) dengan mengatakan “Salibkan AKOE (DIA), Bebaskan Barnabas….,,,,,Salibkan AKOE (DIA) Bebaskan Barnabas…….pada saat AKOE disidang DI “DPPR” (“DEWAN PEMBESAR PETINGGI ROMA”) didepan Herodes dan kaisar Agustinus Agustus, Pilatus, (mboh aku ra urus nama mereka, nama orang kafir yang membunuh para nabi), dan “Subhanallah Walhamdulillah wasukyurillah wa ila ha ilallah walahuakbar wala haula wala kuata ila bilahil aliyil adhim” omongan “Sedulurkoe” itu tadi kok “PAS” dan “BENAR” adanya yaitu pada tengah malam seperti apa yang diucapkan “Sedulurkoe” ISA AS IBNU MARYAM, maka tercetuslah kalimat itu dari congor-nya Pengkianat Besar,Pembohong Besar “JUDAS or JUDES, yakti : “Salibkan AKOE (DIA), SALIBKAN AKOE (DIA), SALIBKAN AKOE (DIA) ujar si Bangsat Barnabas…….(maaf mas Isa nya kejangkitan wong “Majusi dari Timur” yang mengunakan keledai dan membawa “KEMENYAN (DAMAR-WULAN), EMAS, dan MUR, jaman Si-yen (Dahulu kala) jadinya ya kecampuran bahasa JOWO yang telah membuata peradaban “PIRAMIDA ASIA (JOWO)” BOBORBUDUR, NAMUN KARENA DISINI (JAWA, di TIMUR “MAJUSI”) SUDAH lebih pinter dari “nenek moyangnya” (Apakah cucu moyang tidak boleh lebih pinter dari Nenek moyang siapa yang “LARANG?”) dan BISA MENGUKIR DAN akhirnya DITAMBAHkan Piramida itu dengan LUKISAN / PATUNG / UKIRAN / disetiap STUPA atau PUCUK dan Sudut-sudut Ruangan seperti anda bisa saksi-kan sekarang Sebagai tempat untuk sesembahan kepada “TUHANNYA” hehehhehh….wkwkwkwk xixixixixixi (kita cuma disuruh menjadi “SAKSI” Syahadat, saja kok bukan untuk mendevati).seperti lagu : Puji-puji puji puji namanya (ALLAH) “Ha-La/Le-Lu-Ya” (Ibrani (Taurat) / Arom (Al-Quran) masih sama) “alif ba ta sa jim ha kho …..jawa Ho..no…co…ro…ko…do..tho so wo lo/la, (Majusi dari Timur atau ASIA TIMUR, Asia Tengah ASMARAKANDI, SAMARKAND, PERSIA/MESIR),eh akuoe wes ngomong kebanyakan sampe lupa kaum yang pembunuh para nabi yang memang tidak dibenarkan….yaitu kaum “ilumomnotion”

  3. Mengapa ISA HARUS DIMATIKAN? Mengapa ISA HArus disalibkan? MEngapa ISA AS IBNU MARYAM harus disingkirkan dari Dunia ini ? ISA IBNU MARYAM adalah SOSOk yang sempurna, yang terlahir dari kalamullah “Kun Faya Kun” yaitu dari Rohul kudus, Roh Yang sangat Kudus (ALLAH) untuk menjadikan Terang dan Garam Dunia…Untuk Menggembala (Bocah Angon) domba-domba (ummat manusia) kejalan yang lurus Jalan KEBENARAN, dan Sebagai Penrus KITAB PErjanjian LAMA (TAURAT yang dibawa oleh MUSA AS, dan beliau pada umur yang masih belia telah menceritakan dan menjabarkan, menjelaskan Isi Kitab TAURAT itu kepada Ahli TAURAT yang sudah “JENGOTAN PUTIH” di Baitulah, (Islam = Baitullah), setelah nenek moyangnya Adam dan Hawa tejatuh dalam belenggu kaum iluminuti (Dazal, IBLIS, SATAN) itu.
    dan masalh penyaliban itu sampai sekarang masih belum terpecahkan apakah Belaiu Mati, Apakah diserupakan dengan DIA ISA, namun Allah dalam alquran menjelaskan sebagai berikut :
    dan Alhamdulillah saya mendadapat jawaban atas tahunya ISA Ibnu Maryam bahwa DIA akan disalib melalui Al-Quranilhakim, yang menyatakan pada malam sebelum penyaliban malaikat Jibri datang kepada ISA AS dan mewahyukan : Hai ISA sesunguhnya AKU (ALLAH, ALLAH BAPA, BAPA) akan menyampaikan engkau kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepadaKU dan membersihkan kamu dari orang ‘KAFIR” disekelilingmu (termasuk JUDAS,JUDES, ROMA yang mempercayai dewa RA=matahari sebagai TUHAN,) dan AKU akan memberikan penjelasan tentang apa yang mereka debati (Kaum ROMA) tentang kamu yang mereka sendiri tidak mengerti tentang “AKU dan AGAMA”, dan akhirnya terjadilah Awal cikal bakal “Demo Christus” , Demo Christ, Demo Crazy dan sekarang ini dikenal dengan nama yang populer “DEMOKRASI” dimana semua perundang-undangan itu ngawur gak apa-apa yang penting sehat walafiat dan yang penting kita senang” demikian itu akhirnya Jika ISA Tidak disalib maka Jelas Semua Manusia “Rakyat Jelata” dikerajaan roma akan mengikut “Partainya” ISA IBNU MARYAM yaitu AGAMA, yang motonya : “Kasihilah sesama manusia seperti mengasihi dirimu sendiri” tidak ada Raja tidak ada Rakyat dal;am hala Hablulminanas hubungan “antar mansuia”, tuidak ada upeti, tuidak ada perbudakan, karena Beliau Adalah “Raja Mansuia” yang membahwa 10 HUKUM TUHAN (TAURAT), dan tidak ada lagi matador sesembahan bayi-bayi yang tak berdosa sesembahan untuk Dazal, seperti yang dilakukan Nenek moyang ROMA Dahulu Penganut “Dewa Matahari” kala untuk “meredam bencana” maka diberikan Darah Perawan sebagai sesembahan” kepada “Setan, IBLIS, JIN, Gendruwo,DAZAL.Datang ISA IBNU MARYAM itu untuk meluruskan Aqidah ” Seluruh Ummat manusia”, dan jika ISA IBNU MAryam tidak dihentikan Ceramahnya, Siarnya, Khotbahnya, Gembalanya maka Jelas Raja Roma tidak akan mejadi ‘RAJA” karena jelas tidak akan ada “rakyatnya” dan Raja roma jaman itu Keder mendengar ISA IBNU MARYAM yang terlahir dari Roh Kudus sebaga “RAJANYA MANUSIA” berhubung otaknya Raja roma itu cetek dan lebih senang Kehidupan Dunia maka diangap ini adalah merupakan “MUSUH dalam SELIMUT” maka direncakan HASUT terbesar itu dengan mulai meutar balikan kalimat Allah dengan Menyebut sebagai Penebus “DOSA mansuai” karena jika dibilang kami bantai maka 12 Pengikut setia ISA AS Ibnu Maryam, atau JESU, akan mengamuk dan membela dengan mati-matian yang merupakan sosok yang “sempoerna” “SANG PEMBAWA KEBENARAN ITU YAITU USTUSAN ALLAH “Yang terlahir dari Suatu kejaiban ALLAH semata, yaitu dengan kalimat yang datang dari pada Kami (ALLAH) “Kun faya Kun” sebagi penerus MUSA AS,sebagai pembawa Taurat.maka lahirlah ayat baru yang mengatakan “Gak usah repot mas nanti ISA AS IBNU MARYAM itu akan mengampuni dosamu. inilah kaum itu selalu membunuh para “Nabi/RASUL-RASUL” KISAH PARA RASUL (Taurat)dan memutarbalikan kalimat-kalimat Allah.dan alhamdulillah terima kasih kepada yang punya blog semakin membuat say semakin yakin dan bertambah iman bahwasanya Adam, Nuh, Musa, Ibrahim/Abraham, Imran ISA, Muhammad adalah RASUL-RASUL yang menunjuki semua ummatnya kelajaln yang lurus (ALLAH), dengan melihat sejarah, mendengar sejarah, mengkaji sejarah baik umum mapun agama, maka akan menambah keyakinan bahwa Yang membunuh para nabi itu adalah Orang-orang KAFIR alias Musuhnya Agama (ALLAH) yang dipimpin oleh Daazal yaitu Roh-roh , Jiwa, Jin, Demit, Setan, kuntil bapak, kuntil mama, kuntil anak, yang “jahat” , yang juga dulu telah mengganu Nabi ISA saat Berpuas 40 hari 40 malam di suatu bukit. diatas kota roma. dan sesunguhnya agam itu adalah “pengetahuan”: yaitu pengetahuan tentang Akhrat, melalui, adab, peradaban, sejarah, dan menjadikan suatu ilmu yaitu dengan mengunakan “AKAL DAN MATAHATI”, termasuk Firaun, piramida, sekian komentar saya dan semoga ALLAH selalu membimbing Kita sebagai ummat termulia diantara ummat-ummat yang diciptkan(dilhairkan) dan salawat dan syalam/syalom/ tercurahkan untuk para junjungan kita yaitu para nabi semua nabi termasuk Muhammad SAW, ISA AS Ibnu Maryam, Musa AS, Ibrahim AS, semoga KIAMAT iotu ditimpakan kepada Orang-orang dan keturunan orang-orang yang “dusta, yang Bohong,Yang Khianat” terhadap junjungan Kita yaitu Para NABI-NABI/RASUL-RASUL. dan masih banyak cerita menarik dari Kaum Timur (Majusi) yang perlu diceritakan/dikabarkan tur perlu penjabaran namun nanti disambung dilain waktu amin dan ingat “Seleksi Alam” sudah mulai digulingkan dan para Nabi sudah pasti siap-siap untuk diturunkan untuk mengambil dan menjemput ummat-ummat terbaik mereka yang “benar, HAQ” atau yang Ber-”HAQ” dijemput maka cepat gunakan akal dan matahai untuk memecahklah kripto-kritpto, simbol-simbol yang digambarkan diatas, yang sengaja dibuat bingung supaya manusia itu tambah bingung dan semakin tarkufur dalam kekufurannya, demikian mereka selalu membuat hasut sampai kahir zaman “kiamat” itu tiba” ya robbal alamin
    Wasalam mualaikum wr. wb / Syaloom Adaloom salah sejahtera bagi kita sekalian

    • Disini saya tidak hendak mengguncangkan iman anda :) tetapi mempertanggungjawabkan iman kristiani.. tidak ada pertentangan yang berarti didalam alkitab, karena alkitab ditulis oleh puluha orang yang tidak saling kenal satu sama lain, cerita yang dituliskan memiliki kemenerusan. perbedaan yang terjadi hanyalah masalah jumlah orang dan nama. Karena itu dituliskan berdasarkan sudut pandang penulis dan latar belakangnya masing-masing tetapi inti cerita nya tidak ada yang berbeda dan bertolak belakang..

    • Pengetahuan yang kita miliki sekarang hanyalah kebenaran yang samar-samar, Firman Tuhan diterima sebagai kebenaran bukan karena ia dicocok-cocokan dnegan pengetahuan modern saat ini.. maka jika demikian ketika 10 tahun mendatang ada penelitian terbaru dan mengatakan sesuatu yang berbeda dengan apa yang tertulis dalam kitab suci maka akan membatalkan keagungan Fiman Tuhan???.. maka jika anda menunggu penelitian terbaru, tidaklah perlu meyakini kitab suci tunggu saja buku2 para peneliti modern. itulah yang membedakan kitab suci dan buku pengetahuan modern. ambil contoh berapa ratus tahun tentang hukum mekanika dasar. Yang dianggap paling benar dan masuk akal adlaah Hukum gerak Newton, dimana menurut Newtown setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. Maka munculah Eintein dengan teori relativitasnya, yang pada awalnya ditertawakan oleh para ilmuan oleh karena itu dalam ilmu pengetahuan tidak ada kebenaran absolut semua hanyalah pendekatan dan bersifat progressive.. Siapa kita bisa memahami Tuhan yang Maha Besar dengan otak kita yang segede bakpao ini.. hehe

      • Agama tanpa ilmu pengetahuan akan terasa hambar kayak sayur kurang garam heheee…
        lihat Alquran dan Injil dr sudut pandang ilmu pengetahuan disini>>> http://www.youtube.com/watch?v=nCuFTJHrRbQ

        Pernyataan ALKITAB bahwa yesus bukan tuhan :
        1. Yesus hanya mengikuti instruksi dari Bapa. [Lihat Yohanes 8:28]. Yesus hanya pesuruh Allah
        2. Allah mengkaruniakan wahyu kepada Yesus, maka Yesus bukanlah Allah, [lihat Wahyu 1:1]
        3. Dalam Matius 26:39 ditunjukkan bahwa Yesus menyerah kepada kehendak Bapa. Dia berbuat bukan dengan kehendaknya sendiri, tetapi dengan kehendak Bapa. Jika Yesus adalah Allah, maka dia bebas untuk memilih sesuai apa yang dikehendakinya, bukan takluk kepada kehendak Bapa.
        Yang saya heran kenapa umat kristen tetap menganggap nabi Isa/yesus tuhan padahal sdh jelas dia hanya pesuruh.

        Yesus menebus dosa-dosa manusia dgn disalib kenapa yesus berbuat seperti itu? kalau dia tuhan dia bisa menghapus dosa orang yg dia kehendaki tanpa adanya penyaliban.

        Maaf kalau perkataan saya menyinggung,saya hanya mengungkapkan fakta yg ada seperti itu.

        Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir batin,Semoga Alloh mengampuni dosa kita semua amiin :)

      • Thanks mbak Ika.. saya akan coba menjawab point2 mbak:

        1. Yesus hanya mengikuti instruksi Bapa, mbak mengutip ayat injil yohanes 8:28.. mari kita lihat isinya seperti apa?

        8:28 Maka kata Yesus: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

        Perhatikan ayat yang aku bold.. Yesus menegaskan.. bahwa “Akulah Dia” artinya Ia dan Bapa adalah satu.. Satu pertanyaan menarik, baik didalam Alkitab dan Alquran Yesus atau Isa disebut Kalam Allah atau Firman Allah. Maka pertanyaan ku? Apakah Firman Tuhan itu sesuatu yang diciptakan atau bersifat kekal?

        Didalam injil disebutkan :

        Yohanes 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
        1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
        1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
        1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

        Ketika Yesus datang tadi, Ia yang didalam bahasa Alkitab disebut Firman yang telah menjadi manusia, atau berinkarnasi dan mengosongkan DiriNya sebagai sang Firman untuk menjadi manusia.

        Filipi
        2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
        2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
        2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu sali

        Kata yang digunakan ialah hamba dalam bahasa aslinya adalah doulos yang artinya budak, artinya mengambil level terendah dalam strata manusia. Ketika Ia turun kedunia Ia adalah 100% Allah tetapi Ia juga 100% manusia. Didalam kemanusiaannya Ia tidak bisa sendiri, sehingga itu ia berkata Aku tidak bisa berbuat apa dari diriKu sendiri (sebagai 100% manusia), tetapi apa yang diajarkan Bapa kepada-Ku.. ingat point diatas Ia sebagai Firman Allah (100% Allah) berbagi entitas sebagai Tuhan dengan Bapa. Karena Ia dan Bapa adalah satu.

        2. Allah mengaruniakan.. oke mari kita kutip lagi ayat yang anda quote

        Wahyu 1:1 Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang

        Tidak ada yang salah dengan ayat diatas bahkan ayat ini sangat bersesuaian dengan semua ayat di Alkitab.. Pembukaan ayat ini berkata ini wahyu Yesus Kristus.. atau bahasa Inggrisnya “The Revelation of Jesus Christ” Artinya ini Wahyu mengenai Yesus Kristus sebagai subject pemberitaan kedatanganNya yang kedua kali sebagai Raja. dan kata yang dikaruniakan Allah kepadaNya, tidak ada yang salah dengan ayat ini bahkan ayat ini sangat bersesuaian dengan semua ayat di Alkitab dan penjelasan saya sebelumnya. Karena Tuhan lah sumber asal dari segala pengetahuan dan kebenaran, dan inilah kewibawaan Anak Allah bahwa adanya mediatorial dependence terhadap Bapa, bahwa adanya persekutuan erat antara Bapa dan Anak dan didalam keesaan seperti yang Yesus katakan didalam Yoh 5

        5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.
        5:20 Sebab Bapa mengasihi Anak dan Ia menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri, bahkan Ia akan menunjukkan kepada-Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada pekerjaan-pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran.
        5:21 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.
        5:22 Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,
        5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.
        5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.
        5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.
        5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
        5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.

        3. Point ketiga anda.. mari kita quote ayat yang anda kasih

        Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

        Ini lah point yang saya singgung diatas.. ketika Yesus datang kedunia Ia mengambil rupa sebagai Budak atau Hamba, untuk melakukan tuga Penyelamatan terbesar terhadap umat manusia.. yaitu mengorbankan DiriNya.

        Seperti pertanyaan anda.. mengapa Yesus mesti mati kan Tuhan maha Kuasa kan bisa saja mengampuni dosa2.. Yupp bener logika anda.. tetapi Ingat Allah juga adalah Allah yang adil.. Ketika manusia pertama diciptakan Adam dan Hawa tanpa dosa, manusia memiliki persekutuan yang erat dengan Tuhan. Ketika itu Tuhan memberi suatu perintah untuk tidak menjamah apa lagi memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat di taman Eden, dan jika mereka melanggarnya hukumnya MATI

        Kejadian 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”

        Inilah ketetapan Tuhan sejak semulak bahwa HUKUM DOSA ADALAH MATI.. bukan kata gereja, bukan kata Paulus, bukan kata penginjil tetapi Ketetapan Allah sendiri.. sesuai juga dengan injil 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

        Upah dosa ialah Maut! itu jelas itu hukum yang sudah Tuhan tetapkan sendiri.. oleh karena itulah didalam perjanjian lama orang Yahudi untuk mendapat pengampunan dosa mereka harus menumpahkan darah anak domba jantan yang tidak cacat. tetapi itu bukanlah korban yang sempurna karena manusia yang berbuat dosa tetapi hewan yang membayarnya.. Karena itu adalah suatu kiasan akan korban yang sempuran melalui Kristus..

        Namun sejak semula manusia berusah menggapai Allah dengan segala cara dan kesalehannya, namun itu tidak cukup.. alkitab berkata kesalehan manusia itu seperti kain kotor… bahkan sesalehnya manusia ia tetap berbuat dosa.. dan ini Hukum yang ditetapkan Allah juga .. sebab terang tidak bersatu dengan gelap.. manusia yang didalam dosa adlah gelap, maka ia tidak dapat bersatu dengan Allah lagi. Dosa dalam bahasa aslinya berarti “melenceng”, ketika manusia jatuh kedalam dosa manusi telah melenceng jauh dari tujuan Allah, yaitu persekutuan intim dengan Dia. Dan upahnya ialah maut.

        Sebagai analogi… misal jika saya membunuh anak mbak, suami mbak dan orang tua mbak.. kemudian saya datang nangis2 dan minta maaf dan saya bilang saya akan berbuat baik, saya akan memberi makan buat mbak.. itu suatu yang tidak imbang tidak impas.. Dosa hukumnya maut, tidak bisa dibayar dengan perbuatan baik.. makanya didalam hukum taurat ada istilah mata ganti mata, gigi ganti gigi.. artinya setiap kesalahan harus dibalas setimpal. Dosa setimpalnya adalah mati..

        Nah alkitab berkata karena BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN DUNIA INI.. wow.. inilah yang saya ga bisa jelaskan.. kenapa Allah sebegitu mengasihi manusia.. Ia rela mengosongkan DiriNya untuk mengambil hukum dosa, Ia kurban yang sempurna.. 100% manusia namun juga tidak bercacat cela 100% Allah. bahasa alkitab.. Ia yang tidak mengenal dosa dijadikan dosa.. agar kita yang berdosa ini dibenarkan

        II Korintus 5
        5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

        Ketika Ia disalibkan Ia berkata “Sudah genap” artinya semua nubuat sudah digenapi tetapi juga sudah impas akan hutang dosa ini

        jika manusia ini dengan kebenarannya bisa diselamatkan maka tidak perlu Yesus datang, tetapi karena Ia tahu kebenaran kita atau kesalehan kita ini tidak dapat membenarkan kita dihadapan Allah.. Ia mengasihimu juga mbak.. Ia juga mati untuk mu.. Yesus pernah berkata

        Yoh 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

        Ia bukan Tuhan yang berkata Maha Kasih tapi tanpa tindakan.. Ia Maha Kasih karena inisiatif keselamatan bukan datang dari manusia tetapi dari Allah sendiri, sampai Ia rela mati.. ini adalan bukti kasih terbesarNya.. So maukah mbak menerima kasih yang besar itu?? Tuhan Yesus memberkati

  4. Pingback: Meluruskan salah faham antara Kristen dan Islam « littleflocks

  5. So maukah mbak menerima kasih yang besar itu??
    heheee Maaf saya kutip dari Alquran aja jawabnya :)

    “Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.” (QS. Al Kaafirun: 1-6)

    • Yes.. makanya Dia berkata.. Bukan kehendaku melainkan kehendakMu yang jadi ketia Dia berdoa di tama Getshemani.. seperti penjelasan saya.. bahwa hukum dosa adalah maut… itu ketetapan datangnya dari Tuhan sendiri.. ketika ia berkata kepada Adam.. kalau kamu makan buah ditengah2 taman eden maka kamu akan mati.. itulah dalam hukum taurat ada hukum mata ganti mata, gigi ganti gigi.. pembalasan akan sesuatu itu harus setimpal.. nah dosa ganjarannya harus kematian dan penumpahan darah..

      • lalu dosa kpd siapakah yg d tebus yesus? bknkah dosa pd manusia hrs minta maaf pd manusia? dan apa substansi dr penebusan jika d akhirat nanti ada penghakiman? para sarjana kristen bhkn kita sendiri yakin injil sdh trcemar.lalu alasan apa untuk mnguatkan keimanan kita.lg pula jika para penyembah trinitas sblm umat nasrani dan hindu d bngkitkan bkn kah mrka akan brkata: trinitas kamilah yg asli.bgmna pula jika nasrani dan hindu adu argumen tentang trinitas?siapa yg bnar trinitasnya?

      • Haloo mas maaf baru bisa balas..
        Seperti yang saya jabarkan hukum dosa adalah MAUT.. dan ini hukum yg mengatakan bukan saya, bukan pendeta, paulus tetapi Tuhan sendiri.. ketika Ia berkata kepada adam dan hawa “jikalau kamu makan buah dari pohon ini maka kamu akan MATI” inilah yang menyebabkan mengapa manusia akan mati secara fisik dan roh. Hukum ini juga ditegaskan didalam perjanjian baru bawa UPAH DOSA IALAH MAUT.. ini dapat kita lihat didalam ritus Yahudi dalam PL, untuk memperoleh keampunan atas dosa selain mereka berdoa meminta ampun tetapi juga harus ada penumpahan darah binatang sebagai korban penebus salah.. ketetapan Tuhan itu tetap.. dan korban bintang itu tidak sempurna, karena yang berdosa itu manusia bukan binatang.. Yesus adalah firman yang menjadi daging – bahkan quran pun mengakui bahwa Isa atau Yesus adalah Kalam Allah.. maka saya bertanya, apakah entitas Kalam Allah ini? apakah suatu yang bersifat kekal atau sesuatu yang diciptakan? dengan apakah Allah menciptakan alam semesta ini??
        nah sang Kallam ini mengambil tempat paling hina menjadi manusia istilahnya inkarnasi – maka ia menjadi 100% manusia tetapi 100% Allah, karena Ia adalah 100% manusia maka Kristus menjadi korban yang sempurna, karena Ia tidak berdosa dan juga Ia adalah manusia. Sehingga keampunan atas manusia dapat diperoleh, ini dilambangkan ketika Kristus disalib, tirai ruang maha kudus bait suci terbelah menjadi dua.

        Menjawab pernyataan anda bahwa banyak sarjana kristen yang meyakini alkitab tidak murni.. maka saya menjawab alkitab ini masih murni, banyak codex alkitab yang pada abad2 pertama masih tersimpan dengan baik di museum2 dunia. yang menjadi kekeliruan sering kali hanya maslaah terjemahan. misal menterjemahkan kata domba kepada suatu bangsa yang tidak mengenal domba maka tentu akan dicari padanan katanya yang dapat dimengerti, tidak tepat memang tetapi tidak sepenuhnya salah..

        Trinitas didalam kekristenan sangat jauh konsepnya dnegan Trimurti didalam Hindu, Trimurti adalah memang 3 wujud Dewata Utama, sedangkan Trinitas adalah keesaan Allah.. Inilah yang disebut melampaui segala akal.. shalom

    • Kebenaran itu bukanlah Agama, kebenaran itu adalah yang memerdekakan kita, memerdekana kita adri hukum dosa.. kebenaran itu adalah sang Firman yang menjadi manusia. Agama sering hanya membawa perpecahan.. dan disini saya hanya sedang mempertanggungjawabkan keimanan saya atas tuduhan2 Dr. Zakir Naik.. kebenaran itu adalah karunia Roh Kudus, tidak seorangpun boleh atau dapat memaksakannya.. shalom

  6. Dr Wiliyam saja terlihat seperti orang bodoh ketika berdebat dengan zakir naik, padahal ia sangat ahli ilmu trinitas namun kalah telak. kalau anda mampu debat aja Dr Yahya waloni pendeta indonesia yang telah masuk Islam. saya rasa lebih baik anda renungkan secara mendalam sebelum anda keburu mati. Kami umat islam sedang menunggu datangnya nabi Isa (yesus) kali terakhir untuk membawa keadilan di dunia ini untuk akhir zaman. Nabinya umat Islam bersabda demikian. jangan ego, kejujuran akan membawa anda pada kebenaran ribuan pendeta telah masuk Islam. siapa menyusul? Islam adalah agama anda. pelajari islam pada ahlinya, jangan dengarkan fitnah yang tidak benar. Ulama islam akan menjawab setiap kata dan kalimat yang anda ragui tapi sebelumnya buang jauh ego, karena ego menghalang anda dari mendapat kebenaran. Tuhan pembuat alam ini meletakkan kebenaran dalam kejujuran dan ketulusan, oleh itu buang ego dan takabbur. sekarang terima cahaya Islam datang dalam hidupmu, maka kamu akan merasakan ketenangan yang luar biasa. Islam tidak memelukan penipuan untuk mearaih kemenangan. Allah maha kuasa memberi hidayah tidak perlu tipu menipu. ayo segera cari jalan sebelum terlambat.

    • Mas Junaidi : Siapa Dr. William? dan tidak ada yang namanya ahli dalam Trinitas.. Trinitas adalah entitasNya Tuhan.. tidak ada yang expert tentang Tuhan.. disini saya bukan membuat blog untuk mendebat.. tetapi menjawab tuduhan2 yang dilontarkan terhadap iman Kristiani kami… Saya sudah merenungkan dan sudah dari tahap mencari dan bertanya sampai saya meyakini haqul yakhin bahya Yesus Kristus adalah Tuhan dan Raja… Kalau anda menemukan bahwa iman kristiani membingungkan dan patut dipertanyakan silahkan dipertanyakan.. saya mungkin tidak bisa menjawab sepenuhnya, tetapi jika Roh Kudus berkarya saya yakin sekali Ia yang akan memipin kita (anda dan saya) kepada segala kebenaran.. Dan postingan ini bukanlah tipuan/akal2an tetapi jawaban atas tuduhan Zakir Naik

  7. Inilah teologi asal-asalan (Betawi: asal gobleh) yang tidak berdasar, tidak realistis dan bertentangan dengan fakta-fakta Bibel:

    Pertama, naskah asli Bibel sudah punah. Dalam sejarah imperium Yunani, disebutkan bahwa Raja Antiokhus IV dari kerajaan Seleucos berusaha membinasakan agama Yahudi dengan membakar seluruh catatan kitab sucinya, dan mengharuskan bangsa Yahudi mengikuti kebiasaan hidup Yunani. Karenanya, pada masa Origenes Adamantios (185-254) sudah tidak ada lagi teks asli Septuaginta, kecuali salinan-salinannya yang berlian-lainan. Perkembangan selanjutnya, salinan teks Septuaginta ini dirusak oleh penulis-penulis gereja Kristen dalam pertengkarannya dengan kaum Yahudi, akibat pemisahan diri jemaat Nasrani dari Jemaat Yahudi yang melahirkan agama Kristen.

    “Di seluruh dunia tidak usah dicari teks asli Kitab Suci, sebab teks itu memang tidak ada. Yang kita miliki sekarang ialah salinan dari salinan-salinan terdahulu, dan di antara bermacam-macam salinan yang kita miliki itu terdapat cukup banyak perbedaan” (Stefan Leks, Inspirasi dan Kanon Kitab Suci, , hal. 74).

    ….Dalam Bibel, Tuhan justru mengecam perilaku umat terdahulu yang buruk dan hobi memutarbalikkan kitab suci….

    Kedua, dalam Bibel, Tuhan justru mengecam perilaku umat terdahulu yang buruk dan hobi memutarbalikkan kitab suci:

    “Kataku: Baiklah dengar, hai para kepala di Yakub, dan hai para pemimpin kaum Israel! Bukankah selayaknya kamu mengetahui keadilan, hai kamu yang membenci kebaikan dan yang mencintai kejahatan? Mereka merobek kulit dari tubuh bangsaku dan daging dari tulang-tulangnya” (Mikha 3: 1-2).

    “Baiklah dengarkan ini, hai para kepala kaum Yakub, dan para pemimpin kaum Israel! Hai kamu yang muak terhadap keadilan dan yang membengkokkan segala yang lurus” (Mikha 3: 9).

    Nabi Musa juga mencela bani Israel yang tegar tengkuk terhadap ajaran kitab suci dan degil terhadap Tuhan semasa Nabi Musa masih hidup: “Sebab aku mengenal kedegilan dan tegar tengkukmu. Sedangkan sekarang, selagi aku hidup bersama-sama dengan kamu, kamu sudah menunjukkan kedegilanmu terhadap Tuhan, terlebih lagi nanti sesudah aku mati” (Ulangan 31: 27).

    Bila admin Isa&Islam mempelajari sejarah imperium Yunani dan membaca ayat-ayat kedegilan Yahudi tersebut, seharusnya mereka malu membuka kursus penyesatan berkedok perbandingan agama gratis

    • Sorry baru bias menanggapi mas.. saya akan coba menjawab:


      Inilah teologi asal-asalan (Betawi: asal gobleh) yang tidak berdasar,

      Terimakasih buat kritik dan masukannnya ^_^


      Pertama, naskah asli Bibel sudah punah. Dalam sejarah imperium Yunani, disebutkan bahwa Raja Antiokhus IV dari kerajaan Seleucos berusaha membinasakan agama Yahudi dengan membakar seluruh catatan kitab sucinya, dan mengharuskan bangsa Yahudi mengikuti kebiasaan hidup Yunani. Karenanya, pada masa Origenes Adamantios (185-254) sudah tidak ada lagi teks asli Septuaginta, kecuali salinan-salinannya yang berlian-lainan. Perkembangan selanjutnya, salinan teks Septuaginta ini dirusak oleh penulis-penulis gereja Kristen dalam pertengkarannya dengan kaum Yahudi, akibat pemisahan diri jemaat Nasrani dari Jemaat Yahudi yang melahirkan agama Kristen.

      Betul memang ada upaya “helenisasi” dari Raja Antiokhus IV terhadapt bangsa Yahudi yang merupakan jajahannya.. – mirip2 lah dengan upaya arabisasi.. nah bukan berarti upaya helenisasi ini tidak ada perlawanan.. ingat orang Yahudi sangat kuat menjaga kepercayaannya dan terlebih2 kitab sucinya.. Perlawanan yang terkenal ialah perlawanan Yudas Makabe yang berhasil kembali menyucikan Kenisha atau Bait Allah di Yerusalem dan korban bakaran yang sempat terhenti akhirnya bisa dijalankan kembali.. tulisan septuaginta ini pun masih dipakai hingga jaman Yesus bahkan sampai sekarang.. dan manuscript Papyrus Rylands 458 & Papyrus Fouad 266 adalah tulisan septua ginta tertua yang ditulis pada kisaran abad ke 2 sebelum Masehi.. sampai sekarang masih terjaga dengan baikk….


      “Di seluruh dunia tidak usah dicari teks asli Kitab Suci, sebab teks itu memang tidak ada. Yang kita miliki sekarang ialah salinan dari salinan-salinan terdahulu, dan di antara bermacam-macam salinan yang kita miliki itu terdapat cukup banyak perbedaan” (Stefan Leks, Inspirasi dan Kanon Kitab Suci, , hal. 74).

      Tentunya kita harus melihat salinan2 tertua dan membandingkan beberapa codex apakah antara codex yang satu dengan yang lain ada perubahan?? jawabnya tidak ada.. kesemua codex memiliki isi yang sama.. zaman dahulu tidak teknologi untuk mencatat tulisan yang awet, semua ditylis dalam lembar2 papyrus yang gampang termakan waktu.. tentunya harus dilakukan penulisan ulang.. untuk menjaganya.. dan yang menulis ulang ini bukan orang yang sembarangan.. tetapi dijaga ketat oleh para imam yahudi.. alquran pun pada awalnya ditulis dalam beberapa media, tulang, kulit binatang, papyrus.. lantas apakah alquran yang ditulis ulang oleh pengikut muhamad bukan alquran asli??


      ….Dalam Bibel, Tuhan justru mengecam perilaku umat terdahulu yang buruk dan hobi memutarbalikkan kitab suci….

      Kedua, dalam Bibel, Tuhan justru mengecam perilaku umat terdahulu yang buruk dan hobi memutarbalikkan kitab suci:

      “Kataku: Baiklah dengar, hai para kepala di Yakub, dan hai para pemimpin kaum Israel! Bukankah selayaknya kamu mengetahui keadilan, hai kamu yang membenci kebaikan dan yang mencintai kejahatan? Mereka merobek kulit dari tubuh bangsaku dan daging dari tulang-tulangnya” (Mikha 3: 1-2).

      “Baiklah dengarkan ini, hai para kepala kaum Yakub, dan para pemimpin kaum Israel! Hai kamu yang muak terhadap keadilan dan yang membengkokkan segala yang lurus” (Mikha 3: 9).

      Nabi Musa juga mencela bani Israel yang tegar tengkuk terhadap ajaran kitab suci dan degil terhadap Tuhan semasa Nabi Musa masih hidup: “Sebab aku mengenal kedegilan dan tegar tengkukmu. Sedangkan sekarang, selagi aku hidup bersama-sama dengan kamu, kamu sudah menunjukkan kedegilanmu terhadap Tuhan, terlebih lagi nanti sesudah aku mati” (Ulangan 31: 27).

      Bila admin Isa&Islam mempelajari sejarah imperium Yunani dan membaca ayat-ayat kedegilan Yahudi tersebut, seharusnya mereka malu membuka kursus penyesatan berkedok perbandingan agama gratis


      Betull Tuhan mencela kaum Yahudi yang memutarbalikan isi kitab suci buat kepentungab pribadinya.. banyak kok imam muslim yang melakukan hal yang sama sampai sekarng?? memutarbalikan ayat quran buat kepentingan pribadi.. TETAPI Tuhan berjanji bahwa perkataanya TIDAK AKAN LENYAP…

      Langit dan bumi akan lenyap, tetapi perkataan-Ku tetap selama-lamanya.”
      Lukas 21:33

      Itulah Tuhan Yang benar!! mampu menjaga perkataanNya sendiri…..

      Sisa comment anda nanti saya akan bahas.. soale masih sibuk dengan kerjaan heheh

  8. Berdasarkan riset mendalam selama bertahun-tahun, para profesor dan ilmuwan Kristen yang tergabung dalam The Jesus Seminar berhasil mengalkulasi bahwa ucapan dalam Injil yang diduga sebagai sabda Yesus hanya 18 persen. Mereka menyimpulkan:

    “Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the Gospels were not actually spoken by him” (Robert W. Funk, Roy W Hoover, and The Jesus Seminar, The Five Gospels, What did Jesus Really Say?, hlm. 5). [Delapan puluh dua persen kalimat yang disebut-sebut sebagai ucapan Yesus dalam kitab-kitab Injil sebenarnya tidak pernah diucapkan oleh Yesus].

    Data keempat Injil dalam Bibel adalah sebagai berikut: Injil Matius terdiri dari 1.071 ayat; Injil Markus terdiri dari 678 ayat; Injil Lukas terdiri dari 1.151 ayat; dan Injil Yohanes terdiri dari 879 ayat. Total seluruh ayat Injil adalah 3.779 ayat.


    • [Delapan puluh dua persen kalimat yang disebut-sebut sebagai ucapan Yesus dalam kitab-kitab Injil sebenarnya tidak pernah diucapkan oleh Yesus].

      Saya setuju bahwa di alkitab kata2 Yesus langsung atau tulisan Yesus langsung itu sedikit.. tetapi kisah tentang Dia itu 100% baik dari perjanjian lama dan baru. saya ambil contoh yah:

      Matius 20:29-34
      Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya keluar dari Yerikho, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.
      Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar, bahwa Yesus lewat, lalu mereka berseru: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!”
      Tetapi orang banyak itu menegor mereka supaya mereka diam. Namun mereka makin keras berseru, katanya: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!”
      Lalu Yesus berhenti dan memanggil mereka. Ia berkata: “Apa yang kamu kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?”
      Jawab mereka: “Tuhan, supaya mata kami dapat melihat.”
      Maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, lalu Ia menjamah mata mereka dan seketika itu juga mereka melihat lalu mengikuti Dia.

      dari ayat yang aku quote satu-satunya perkataan Yesus adalah yang aku bold hitam (Apa yang kamu kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?) maka pertanyaan saya:

      1. dalam perikop itu siapa Tokoh sentralnya?
      2. Pekerjaan siapa yang sedang diceritakan?
      3. Apakah dari cerita itu kita bias mengenal siapa Tokoh sentralnya dan apa yang dikerjakannya dan bagaimana sifatnya??

      Yesus memang tidak mendiktekan firman seperti theology sodara muslim yaitu Tuhan mendikte perkataanNya.. Yesus adalah Firman yang menjadi Manusia

      Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

      Itulah yang disebut IMANUEL – Allah beserta manusia.. Alllah dalam FirmanNya tidak hanya hadir didalam perkataan2 yang tersurat tetapi Ia menjadi Firman yang hidup yaitu menjadi manusia itu sendiri menjadi suatu peernyataan terutama akan kasih Allah pada manusia ini.. bukan hanya kasih yang tertulis dalam tulisan2 tetapi nyata..

      analoginya: saya punya pacar nun jauh di amerika: saya bias kirim ribuan surat cinta dan menyatakan betapa aku cinta dia, dan aku bias kirim pesan lewat teman-teman ku untuk mengatakan aku khawatir akan dia dan merindukannya.. tetapi suatu ketika pacarku ini sakit dan butuh donor sumsum tulang belakang.. semua upaya sudah dilakukan tetapi tidak berhasil.. maka karena cintaku kepada pacarku ini.. aku rela menjual semua harta ku pergi ke amerika dan bersedia mendonorkan sumsum tulangku..

      Itulah yang disebut cinta.. alkitab mengatakan cinta itu lebih kuat dari maut.. maka Tuhan Yang Maha Cinta dan Maha Pengasih itu menyatakan cintaNya.. karena manusia harus mati akibat hukuman dosa.. maka Ia menjadi manusia.. untuk menanggung semua kutuk dosa.. Itulah Tuhan Yang Maha Cinta.. bukan Cinta yang terbatas pada tulisan dan ancaman azab,,,

  9. Dua ayat paling krusial dalam Iman kristen ternyata Palsu

    Mari kita selidiki tentang dua dasar keimanan kristen yakni masalah Trinitas dan masalah Yesus hanya untuk Israel saja dalam Alkitab.

    1. Masalah trinitas.

    Trinitas merupakan masalah yang paling pokok dalam iman Kristen. Tapi dalam injil tidak ditemukan ayat yang mendukung trinitas tersebut. Hal ini diakui oleh para Ahli Alkitab yang telah dengan sangat menguasai Alkitab tersebut. Sebagai contoh kita ambil pendapat dua orang Ahli Alkitab yang pemikirannya selalu diikuti oleh para penginjil didunia termasuk para penginjil di Indonesia sbb:

    DR G.C. VAN NIFTRIK DAN D.S.B.J BOLAND : Didalam Alkitab tidak diketemukan suatu istilah yang dapat diterjemahkan dengan kata TRITUNGGAL ataupun ayat-ayat tertentu yang mengandung dogma tersebut, mungkin dalam 1 Yahya 5 : 6-8. (Dogmatika masa kini, BPK Jakarta, 1967 hal 418).

    Beliau mengungkapkan bahwa mungkin ayat injil yang mendukung konsep trinitas itu adalah di

    1 Yahya 5:6-8:

    Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena roh adalah kebenaran.

    Sebab tiga yang memberi kesaksian (di dalam surga Bapa, Firman dan Roh kudus dan ketiganya adalah satu.

    Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi) Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

    Tapi setelah kedua pakar alkitab itu mengemukakan ayat ini kemudian keduanya berkomentar:

    “Tetapi sebagian besar dari ayat itu agaknya belum tertera dalam naskah aslinya. Bagian itu setidak-tidaknya harus diberi kurung. (Dogmatika masa kini, BPK Jakarta, 1967 hal 418).

    Dengan kata lain, kedua pakar Alkitab ini berkomentar bahwa sebagian besar ayat diatas adalah palsu, karena tidak terdapat dalam naskah aslinya. Jadi menurut pakar alkitab tersebut tidak ada ayat yang mendukung konsep trinitas, mungkin di 1 yahya 5:6-8 dan itupun ayat palsu. Dalam injil yang berbahasa Inggris New International Version (NIV) berbunyi sbb:

    This is the one who come by water and blood- jesus christ. He did not come by water only, but by water and blood. And it is the spirit who tetifies, because the spirit is truth.

    for there are three that tetify

    the spirit, the water, and blood. And three are in agreements

    Jadi menurut NIV, yang notabene Alkitab paling dipergunakan dalam rujukan kristen ternyata tidak mendukung konsep trinitas tersebut. Lalu bagaimana hal itu sampai terjadi? Kenapa para penyalin Alkitab dulu berani menambah firman Tuhan? Hal ini diuraikan pakar Alkitab lainnya:

    Drs. M E Duyverman : Menurut salinan tertua jalannya kalimatnya adalah begini : KARENA TIGA MENJADI SAKSI, YAITU ROH AIR DAN DARAH… rupanya TAMBAHAN mulai terbubuh sebagai keterangan pinggir KALIMAT; PENYALIN KEMUDIAN MEMASUKAN KE DALAM BUNYI NAS karena berpikir ini adalah perbaikan penyalin lama. SAMPAI KINI HAL ITU MASIH TERJADI. (Pembimbing ke dalam perjanjian baru, BPK Jakarta 1966 hal 145).

    Jadi ayat yang menyatakan konsep trinitas dalam 1 yahya 5:6-8 diatas adalah palsu dan hanya tambahan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Tapi bagaimana pun ayat tersebut masih diakui sebagai firman Tuhan di sebagian besar umat kristen yang tidak tahu bahwa ayat tersebut adalah Palsu. Bahkan ada tokoh di Amerika yang begitu keras menentang pemalsuan ayat ini :

    Jerry Falwell. Tokoh kristen RADIKAL Amerika Serikat ini mengompetari pemalsuan ayat-ayat itu sebagai berikut : The rest of verse 7 and fist nine words of verse 8 are not original, and are not tobe considered as apart of the words of God. (Jerry Falwell, Liberty Bible Commentary, thomas Nelson Publisher, Nashville, Camden New York 1983 halaman 2638). Artinya sebagian kalimat pada ayat 7 dan sembilan kata pertama di ayat 8 adalah tidak asli dan tidak bisa dianggap sebagai firman Tuhan.

    Al kitab bilang Tuhan itu satu tiada yang lain. Tapi umat kristen bilang Tuhan itu tiga?

    Ulangan 4: 35

    “Maka kepadamu lah ia ditunjuk, supaya diketahui oleh-mu tuhan itulah Allah, tiada yang lain kecuali Dia”.

    Ulangan 4: 39

    “Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa TUHANlah Allah yang ada di langit diatas dan di bumi dibawah, tidak ada yang lain”.

    Yohanes 17: 3

    “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mereka mengenal Engkau, satu-satu nya Allah yang benar dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus”.

    Matius 4: 8 – 10

    “Maka berkatalah Yesus kepadanya (Iblis) : “Enyahlah Iblis! Sebab ada tertulis : Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti”

    Jadi menurut mereka Yesus adalah untuk segenap makluk. Tapi setelah diselidiki, ternyata ayat diatas adalah ayat Palsu.

    2. Yesus hanya untuk bani Israel.

    Injil dengan sangat tegas menyatakan bahwa Yesus disuruh Allah hanya untuk bangsa Israel saja.

    Matius 10: 5 – 6

    “Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria. ” “Melainkan pergilah kepada domba-domba yang hi-lang dari umat Israel (hanya kepada bangsa Yahudi).”

    Matius 15: 24 – 26

    “Jawab Yesus, ‘Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel’ (hanya kepada bangsa Yahudi). ”

    “Kemudian perempuan itu (perempuan Kanaan) men-dekat dan menyembah Dia sambil berkata, ‘Tuhan, tolong-lah aku’.

    “Tetapi Yesus menjawab, ‘Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.’(non Yahudi).”

    Tegas sekali! Yesus sendiri yang mengatakan bahwa dia diutus hanya untuk bangsa Israel. Lalu mengapa orang-orang diluar Israel mengikuti Yesus? Mereka mengemukakan alasan sebagai berikut:

    “Pergilah keseluruh dunia, beritakan injil kepada seluruh makluk” (Markus 16:15)

    Jadi menurut mereka Yesus adalah untuk segenap makluk. Tapi setelah diselidiki, ternyata ayat diatas adalah ayat Palsu. Markus 16 ternyata hanya sampai ayat 8, Markus 16: 9 – 20 adalah palsu. Alkitab kitab Markus pasal 16 yang diterbitkan Lembaga Biblika Indonesia yang dicetak oleh percetakan Arnoldus Ende 1986/1987, Pada catatan kakinya berbunnyi:

    “Dengan singkat. Bagian ayat ini hanya terdapat dalam beberapa naskah. Nampaknya baru dalam abad ke-2 Masehi ditambahkan dalam injil Markus. Bagian akhir injil Markus ayat 9 – 20 bercerita mengenai penampakan Yesus. Ini memang termasuk kitab suci, tetapi agaknya tidak termasuk injil Markus yang asli”.

    Pada The Christian Counselor’s New Testamen, markus 16 berakhir pada pasal 16 ayat 8. Kemana ayat 9 – 20? Pada akhir kalimat terdapat catatan kaki :

    “These verse are omitted by better MSS. An alternative shoter ending is found in same”.

    “Ayat-ayat ini dihapus oleh terjemahan MSS yang terbaik. Penutup lebih pendek seperti ini (Markus 16 berakhir pada ayat 8) bisa ditemukan pada beberapa versi lainnya.

    Pada The Holy Bible New International Version pada catatan kaki ayat 8 berbunyi :

    “The two most reliable early manuscripts do not have mark 16: 9 – 20″.

    “Dua manuskrip paling tua tidak memiliki Markus 16: 9 – 20″.

    “Serious doubts exists as to whether these verses belong to the Gospel of Mark. They are absent from important early manuscripts and display certain peculiarities of vocabulary, style and theological content that are unlike the rest of Mark. His Gospel probably ended at 16: 8, or its original ending has been lost. (From the NIV Bible Foot Notes, page 1528)”

    Jadi perintah Yesus untuk memberitakan injil kepada seluruh makluk adalah Ayat Bo’ongan alias ayat Palsu yang sengaja disisipkan oleh tangan-tangan jahil. Jadi dengan ini yang benar adalah Yesus hanya untuk bani Israel saja seperti yang Yesus katakan dengan tegas di Matius 10: 5 – 6 dan Matius 15: 24 – 26. Itulah ayat yang asli dan tidak palsu.

    Back to Top
    Back to Situasi Sesungguhnya Seputar Kristen dan Yahudi penuh dengan Kebencian
    Back to Main Menu

    • Dua ayat paling krusial dalam Iman kristen ternyata Palsu

      Yo kita selidiki bersama tentang kepalsuan ini?? hehe

      1. Masalah trinitas.

      Trinitas merupakan masalah yang paling pokok dalam iman Kristen. Tapi dalam injil tidak ditemukan ayat

      Saya setuju tidak ada ditemukan kata TRINITAS didalam alkitab tetapi konsep Trinitas ini sangat banyak didalam alkitab dari Perjanjian Lama hingga perjanjian baru

      Kata Trinitas tidak akan kita jumpai memang didalam alkitab, tertulianus lah (155-230) yang menggunakan istilah Trinitas untuk menjelaskan tentang Bapa, Putra dan Roh Kudus. Tertulianus adalah seorang pengacara dan dia lair dan besar di daerah Kartago sekarang Tunisia.

      Kata Trinitas ini sendiri berasal dari bahasa latin (ini memang karena semua karya tertulianus dituliskan dalam bahasa Latin. Mungkin karena latar belakangnya ialah seorang pengacara. Oleh sebab itu ia dijuluki “Bapak Gereja Latin”)

      Trinus = tiga masing-masing; tiga kali lipat

      Didalam PL, Tuhan selalu menyatakan DiriNya dengan kata Jamak mari kita mulai dari kitab kejadian:

      1. Kejadian 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kata asli “Allah” disana ialah ELOHIM. ELOHIM adalah bentuk jamak dari EL. Benar memang kata elohim juga digunakan untuk menujukan dewa asing. Tetapi didalam bahasa alkitab untuk menyebut Tuhan yang benar Tuhan selalu menggunakan kata persona jamak namun menggunakan kata kerja tunggal, berbeda dengan dewa-dewa menggunakan kata persona jamak dan juga kata kerja jamak. (semoga disini faham) soale bahasa Indonesia tidak seribet itu.

      2. Ketika Penciptaan, Tuhan menggunakan kata KITA

      1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

      3. Yesaya 6:8

      6:8 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!

      Didalam bahasa aslinya bukan menggunakan “Ku” tetapi Kami.. jadi mestinya ayat itu berbunyi Siapakah yang akan KAMI utus dan siapakah yang mau pergi untuk KAMI?

      4. Bahkan ayat “SYEMA” tadi Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. “Syema Yitzrael, Adonai, Elohenu, Adonai ECHAD“. ECHAD memang berarti esa/satu tetapi bukan satu yang tunggal. Karena untuk menyebut satu/tunggal bahasa aslinya ialah Yachid atau bahasa arabanya Wahid. Sedangkan ECHAD satu tetapi terdiri dari berbagai bagian. kita bisa lihat penggunaan echad ini di Kejadian

      2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

      Kata satu disana menggunakan kata ECHAD, satu tetapi terdiri dari adam dan Hawa. Didalam alkitab Tuhan tidak pernah menggunakan kata Yachid tetapi ECHAD ini konsisten PL sampai PB. Jika didalam PB digunakan kata HEN (Bhs Yunani yg memiliki arti sama dengan ECHAD) dan Monos untuk menyebut 1 absolut. Kata hen kita temukan misal ketika Yesus berkata AKU dan Bapa adalah Satu (Hen).

      Analoginya mas:

      1. Manusia terdiri dari roh jiwa dan tubuh. Roh tidak sama dengan jiwa, jiwa tidak sama dengan tubu, tubuh juga tidak sama dengan roh tetapi hakikatnya adalah satu yaitu “manusia”

      2. Air memiliki rumus kimianya H2O= air memiliki 3 bentuk padat, cair dan gas. es tidak sama dengan air, air tidak sama dengan embun, embun tidak sama dengan es tetapi hakikatnya sama adalah H2O

      “Tetapi sebagian besar dari ayat itu agaknya belum tertera dalam naskah aslinya. Bagian itu setidak-tidaknya harus diberi kurung. (Dogmatika masa kini, BPK Jakarta, 1967 hal 418).Dengan kata lain, kedua pakar Alkitab ini berkomentar bahwa sebagian besar ayat diatas adalah palsu,

      Tanda kurung dalam terjemahan LAI disebabkan karena tidak dijumpai dalam naskah Westcott & Hort (WH) namun dijumpai dalam naskah Textus Receptus (TR).

      Ini terjadi karena salinan naskah tulis tangan (manuskrip) Perjanjian Baru bukan hanya satu. Dan saat itu belum ada fotokopi atau percetakan, naskah Perjanjian Baru ditulis dengan tangan. Jika memerlukan salinan, maka seseorang harus menyalin kembali dengan tangan. Maka terkadang terjadi perbedaan-perbedaan.

      Alkitab masa kini umumnya didasarkan atas 2 naskah yang paling terkenal ini. Dan sebenarnya juga ada banyak sekali salinan-salinan naskah bahasa Asli dalam bermacam-macam codex.

      Naskah WH menulis naskah yang “lebih pendek” ketimbang naskah TR. Dan bisa kita lihat terjemahan bahasa Inggris KJV, Alkitab Melayu kuno Klinkert 1870, menterjemahkan Alkitab PB menurut naskah TR sedangkan NIV dan terjemahan Alkitab Kabar Baik menurut naskah WH.

      Alkitab LAI Terjemahan Baru (LAI TB) memilih menterjemahkan ke-2nya yaitu TR dan WH sekaligus. Alkitab LAI TB membubuhkan tanda kurung atas terjemahan ayat dari naskah tulis tangan TR tetapi tidak terdapat dalam naskah tulis tangan (manuskrip) WH, untuk membedakannya.

      Mengapa sampai ada perbedaan salinan naskah bahasa Asli?
      Salinan naskah Alkitab Asli tulis tangan (manuskrip) Perjanjian Baru bukan hanya satu. Jika memerlukan salinan, maka seseorang harus menyalin kembali dengan tangan. Akibat salin-menyalin ini dan kodrat manusia, maka terjadi perbedaan penyalinan. Karena saat itu belum ada fotokopi atau percetakan yang bisa menyalin huruf-huruf sama persis, dan naskah Perjanjian Baru ditulis dengan tangan. Nah, kodrat manusia itu lemah, tidak selamanya salinan dari salinan ini persis, terkadang muncul perbedaan-perbedaan.

      Dalam Alkitab terjemahan bahasa Indonesia TB-LAI, teks tersebut ada dalam kurung. Dengan maksud untuk menunjukkan bahwa teks tersebut ada dalam naskah TR dan tidak ada dalam naskah WH. Sementara itu banyak Sekolah Theologi di Indonesia mengajarkan bahwa ayat-ayat yang dikurung dalam Alkitab bahasa Indonesia tidak ada dalam ‘teks aslinya’.

      Terjemahan NIV (The New International Version Study Bible), mengkomentari bahwa 1 Yohanes 5:7 tidak ditemukan dalam manuscript-manuscript Yunani ataupun dalam terjemahan-terjemahan P.B. sebelum abad ke-16. Dr. A.T. Robertson dalam commentary-nya, ‘”Word Pictures in New Testament” juga meragukan eksistensi ayat ini dan menjelaskan bahwa ayat tersebut hanya ada dalam terjemahan bahasa Latin Vulgate, yang kemudian diambil oleh Erasmus untuk melengkapi Textus Receptus (TR). Dan menurut Robertson teks tersebut tidak ditemukan dalam manuscript-manuscript Yunani. Dalam edisi pertama teks Erasmus ayat tersebut tidak ada hingga akhirnya ditambahkan dari Vulgate.

      Namun pendapat itu sama sekali tidak benar jika mereka mengatakan 1 Yohanes 5:7b-8a tidak ditemukan dalam semua manuscript Yunani dan terjemahan P.B. sebelum abad ke-16.
      Karena teks tersebut ditemukan dalam delapan manuscript Yunani yang sangat penting dan empat diantaranya tertanggal sebelum abad ke-16, yaitu, Greek Minuscules. 61 (XVI), 88(XII), 221(X), 918 (XVI).
      Selain itu banyak terjemahan-terjemahan Latin yang sangat mendukung eksistensi 1 Yohanes 5:7b-8a ini. Kurang lebih ada 8.000 manuscript Latin dan sebagian besar berisi 1 Yohanes 5:7b-8a.

      Yang terpenting adalah versi Old Latin yang dipergunakan oleh bapa-bapa gereja seperti Tertulianus (A.D. 155-220) dan Cyprian (A.D. 200-258 ), yang lebih tua dari codex Aleph & B yang dipakai dasar Critical Text (abad IV) berisi 1 Yohanes 5:7b-8a. Karena terjemahan-terjemahan Latin berdasarkan pada teks Yunani, maka kesimpulannya ialah dalam manuscript-manuscript Yunani kuno teks itu pasti ada.

      Alasan lain yang dapat dipakai dasar ialah bahwa terjemahan Alkitab Latin Vulgate oleh Jerome (340-420 A.D.), yang berisikan Johannine Comma diterjemahkan dari teks Yunani yang baik. Dalam “Prologe to the Canonical Epistles” , Jerome menulis :
      “Para penerjemah yang tidak bertanggung jawab menghapus kesaksian ini (1 Yohanes 5:7b-8a) dalam codex-codex Yunani.”

      Dan lagi frasa “Bapa, Firman dan Roh Kudus,” merefleksikan kepenulisan Rasul Yohanes yang khas. Pernyataan bahwa Yesus Kristus adalah “Sang Firman” atau “Ho Logos” merupakan ciri khas penekanan Rasul Yohanes (bandingkan dengan Yohanes 1:1,14).

      Yang pasti keberadaan Johannine Comma tidak menyerang doktrin fundamental kekristenan, seperti yang dilakukan oleh Westcott & Hort Texs/Critical text dan para sarjana liberal yang menolak bahwa Alkitab ditulis dengan inspirasi Roh Kudus. Dan tuduhan yang di-quote disini menggunakan acuan ini dalam usaha menyerang kebenaran Alkitab.

      • Wah…saya kagum dengan cara penjelasan anda kepada saudara-saudara muslim, meskipun “agak” jauh dr konteks ttg dr.naik pertanyaan dan pernyataan mereka,namun tetap anda layani pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan rendah hati. Dan tidak membalas hujatan yg diberikan. Menarik…! Tuhan Yesus memberkati kita semua All.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s