Kuyang vs. palasik

Apa itu kuyang?? 
Kuyang adalah siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi. Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam.
Pada siang hari, seorang kuyang akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa. Pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya. Orang biasanya melihat dia terbang dengan mengeluarkan cahaya.

Palasik???
Pelesit (bahasa Minangkabau: Palasik) menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau dan Melayu adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau pelesit bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Pelesit sangat ditakuti oleh ibu-ibu di Minangkabau yang memiliki balita karena makanan pelesit adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis pelesit tersebut.

Ilmu pelesit dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang pelesit maka anaknya pun akan jadi pelesit.

Pada umumnya pelesit bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badannya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepalanya yang melayang-layang mencari makan.

nah bedanya klo palasik g cuman kepala, badan juga bisa berjalan lain hal dengan kuyang yang hanya kepala saja dan isi-isi perutnya…

Saya sendiri belum pernah memiliki pengalaman melihat kutang ehh.. maksudku kuyang haha.. tetapi konon beberapa keluarga saya pernah melihat penampakan kuyang ini. Salah satunya menurut om ku pernah terjadi pada suatu pagi dibelakang rumahnya terdengar suara seorang wanita meminta tolong, tak dinyana ternyata yang meminta tolong ialah seonggok kepala lengkap dengan isi perutnya, dan dia meminta untuk diantarkan pulang kerumah (konon katanya pada saat matahari terbit para kuyang tidak dapat terbang).

Orang-orang yang terikat dengan ilmu ini biasanya saat menghadapi kematian akan dalam keadaan yang tersiksa atau bahkan susah matinya sebelum ilmu itu diteruskan kepada keturunannya. So bagi anda yang memiliki teman atau saudara yang terikat ilmu ini, secepatnyalah untuk mendapat pertolongan untuk segera didoakan pelepasan.

Jadi tidak perlu takut lantas bagaimana menghadapinya… huhuh cukup buat tulisan “kuyang dan Palasik dilarang masuk” Krn ada Darah Yesus hehehe, just joking. Jika anda dalam perlindungan darah Yesus anda tidak perlu kuatir.

4 thoughts on “Kuyang vs. palasik

  1. Pingback: Legenda Vampire | littleflocks

  2. Pingback: FILOSOFI DAYAK DAN KERJA KERAS | dayakcommunity

  3. I almost never leave a response, but i did some searching and wound up here Kuyang vs.
    palasik | littleflocks. And I do have 2 questions for you if it’s allright.
    Could it be simply me or does it give the impression like a few of
    the comments look like they are coming from brain dead folks?😛 And, if you are writing on additional online sites, I’d like to keep up with anything new you have to post.
    Would you make a list of every one of your social sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s