Menjawab Dr. Zakir Naik- Part 2 (Sunat)

Pada point ke lima didalam debat Dr. Zakir Naik, dikatakan bahwa jika memang orang kristen adalah pengikut Yesus, mestinya kita akan mengikuti semua teladan yang dilakukannya. Salah satu nya ialah SUNAT. Yesus disunat pada hari ke 8 sesuai adat dan ajaran torah, orang kristen sekarang tidak mewajibkan sunat seperti umat muslim mewajibkan sunat.

Bagi yang belu tau sunat itu apa??

Menurut om wiki Sunat atau khitan atau sirkumsisi (Inggris: circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis (sorry rada BB++). Tradisi sunat ini diyakini awalnya berasal dari Abraham, ketika Tuhan menjanjikan kepada Abraham bahwa Ia akan memiliki banyak keturunan. Walau ada juga yang berpendapat tradisi ini ada sebelum Abaraham.

Kejadian  17

17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

Perlu diketahui penis terdiri dari : kulup dan kepala penis.. nah kulup ini lah yang dibuang supaya menjaga penis tetap bersih. Karena didalam rongga kulup dan kepala penis ini berpotensi untu terkumpulnya kotoran semisal ketika kencing, pergantiang kulit, pengeluaran smegma oleh kelenjar etc sehingga memang rawan bersarangnya bakteri dan kuman penyakit yang jika tidak sering dibersihkan maka dapat menyebabkan beberapa penyakit macam kanker penis.

Didalam hukum Torah, laki-laki harus disunat pada umur 8 hari.. wiat the minute? kenapa saat masih 8 hari?? kejam banget kan masih bayi.. oke

Menurut beberapa penelitian bayi pada usia hari ke-8 memiliki kadar vit K bayi meningkat menjadi 100 % dari kadar normal dan kemudian kembali ke keadaan normalnya. Kalo pernah belajar biologi tentu tau kan vit “K” adalah vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah pendarahan pada bayi. Salah seorang ilmuan professor H. Dam pada tahun 1935 mengemukakan hasil penelitiannya (silahkan baca : http://en.wikipedia.org/wiki/Vitamin_K). Kekurangan Vit “k” akan menyebabkan kekurangan prothrombin yang berfungsi untuk pembekuan darah (Dr. Richard tolong koreksi jika salah). Ketika bayi dari hari 1 sampai hari ke 7 jumlah vit K didalam tubuhnya sangat sedikit (makanya jika bayi hendak dioperasi menunggu bayi tersebut sudah mencapai usia 8 hari).

Well disini kita melihat begitu lebarnya hikmat Tuhan. Jauh sebelum penelitian ada, Tuhan sudah tau.

Nahh back ke topik kita? Apakah kristen tidak mewajibkan sunat??

Untuk memahami ini kita perlu melihat konteks budaya Yahudi pada jaman itu. Salah satu tanda ke”Yahudian” atau yang membedakan antara “goyim” dan bukan ialah sunat. Maka dari itu jika kita membaca teks perjanjian lama kita melihat bahwa kaum tidak bersunat = goyim = kafir.

I Samuel  17

17:26 Lalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri di dekatnya: “Apakah yang akan dilakukan kepada orang yang mengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh dari Israel? Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini, sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang hidup?”

Yesaya  52

52:1 Terjagalah, terjagalah! Kenakanlah kekuatanmu seperti pakaian, hai Sion! Kenakanlah pakaian kehormatanmu, hai Yerusalem, kota yang kudus! Sebab tidak seorang pun yang tak bersunat atau yang najis akan masuk lagi ke dalammu.

Orang Yahudi meletakan dasar keimanan pada tanda lahiriah. Memang betul itu adalah perintah YHWH kepada Abraham sebagai ketetapan perjanjian. Bahkan ketetapan ini bersifat mengikat dan eksklusif kepada kaum Yahudi

Kej 17:14 Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku.

Wow.. kok nampaknya kejam betul… Konteksnya saat itu anugerah Tuhan memang hanya diberikan kepada kaum Israel perjanjian sunat eksklusive bagi orang Yahudi dan keturunan Abraham secara daging. Sehingga benar-benart terpisah antara kaum bersunat dan tidak bersunat. Jika kita melihat cerita Petrus di Galatia

2:11 Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.

2:12 Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat.

Jadi sentral utamanya ialah anugerah Tuhan bergantung pada apakah anda bersunat atau tidak? Baca KPR

15:1 Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: “Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan.”

15:5 Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: “Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa.

Lalu pertanyaan nya mengapa Yesus bersunat??

Perlu diingat Yesus adalah seorang Yahudi, orang tua Yesus adalah Yahudi sejati. Jadi mereka menjalankan perintah dan tradisi yang diberikan kepada orang Israel. Nah inilah yang menjadi polemik di jemaat mula-mula bagaimana dengan kaum ‘goyim’ kaum kafir yang tidak bersunat?

Karena perintah sunat seperti yang saya jelaskan tadi sebelumnya adalah perintah eksklusive bagi orang Yahudi baik dia Yahudi secara keturunan dan Yahudi karena masuk agama Yahudi, bahkan bergaul dengan orang tidak bersunat seperti suatu hal yang najis.

KPR 11:1 Rasul-rasul dan saudara-saudara di Yudea mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima firman Allah.

11:2 Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat berselisih pendapat dengan dia.

11:3 Kata mereka: “Engkau telah masuk ke rumah orang-orang yang tidak bersunat dan makan bersama-sama dengan mereka.

Lalu bagaimana dengan petobat-petobat baru yang tidak memilik perjanjian ekslusive tadi karena bukan keturunan Abraham secara daging dan bukan pula Yahudi. Pandangan inilah yang dijungkirbalikan oleh Tuhan, jika kita membaca di KPR ketika Petrus mendapat penglihatan:

KPR 11:4 Tetapi Petrus menjelaskan segala sesuatu berturut-turut, katanya:

11:5 “Aku sedang berdoa di kota Yope, tiba-tiba rohku diliputi kuasa ilahi dan aku melihat suatu penglihatan: suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya diturunkan dari langit sampai di depanku.

11:6 Aku menatapnya dan di dalamnya aku lihat segala jenis binatang berkaki empat dan binatang liar dan binatang menjalar dan burung-burung.

11:7 Lalu aku mendengar suara berkata kepadaku: Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!

11:8 Tetapi aku berkata: Tidak, Tuhan, tidak, sebab belum pernah sesuatu yang haram dan yang tidak tahir masuk ke dalam mulutku.

11:9 Akan tetapi untuk kedua kalinya suara dari sorga berkata kepadaku: Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram!

11:10 Hal itu terjadi sampai tiga kali, lalu semuanya ditarik kembali ke langit.

Ketika dalam penglihatan Tuhan menyuruh Petrus untuk menyembelih makanan haram dan memakannya, Ia tidak mau karena itu bertentangan dengan nilai yang dianut dan dijalani oleh Petrus selama hidupnya. Itulah tempelakan Tuhan bagi Petrus, karena selama ini Petrus berfikir bahwa keselamtan eksklusive bagi orang yang mengikuti tradisi Yahudi, bukan karena kasih dan anugerah Allah melalui pengorbana Kristus. Keselamatan merupakan fungsi dari tanda-tanda lahiriah.. ini lah yang hendak di jungkirbalikan oleh Tuhan.

Karena sunat adalah perintah khusus bagi orang Israel menjadi suatu produk budaya dan adat, sama jika kita membandingkan tradisi lompat batu di nias, sesorang dianggap lelaki dan dewasa ketika Ia bisa melompati batu, padahal kedewasaan tidak ditentukan karena bisa atau tidak melompati batu. Atau dalam budaya beberapa suku indian, seseorang dianggap lelaki dewasa jika ia mampu bertahan dari sengatan semut api. Nah mari  kita membaca:

Keluaran  12

12:48 Tetapi apabila seorang asing telah menetap padamu dan mau merayakan Paskah bagi TUHAN, maka setiap laki-laki yang bersama-sama dengan dia, wajiblah disunat; barulah ia boleh mendekat untuk merayakannya; ia akan dianggap sebagai orang asli. Tetapi tidak seorang pun yang tidak bersunat boleh memakannya.

Jadi sunat menjadi produk tradisi/budaya Yahudi untuk menunjukan keYahudiannya. Sama jika anda bukan oarng nias asli, apakah untuk mendapat status laki dewasa harus bisa melompati batu?? Tidak bukan!! Jadi kelaki-lakian dan kedewasaan anda sebagai BUKAN orang nias bukan ditentukan oleh lompat batu. Nah sama saja dengan keselamatan kita tidak ditentukan oleh apakah anda bersunat atau tidak

Yesus sendiri mengatakan:

Yohanes  7

7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat — sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita — dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!

Pertanyaan mendasar kita? Apalah kristen tidak wajib sunat? Jawabannya tidak.. Bagi kita sunat yang utama ialah sunat hati..

Roma  2

2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Yang dimaksud sunat hati ialah menanggalkan hidup lama, hidup baru dan mentaati setiap perintah Allah.

Galatia  6

6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Roma  2

2:25 Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.

Galatia  6

6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Dan Tuhan menegaskan bahwa keselamatan bukan lah karena hal-hal yang lahirian tetapi karena iman percaya dan anugerah Allah

Galatia  5

5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.

Filipi  3

3:3 karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.

Kolose  2

2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa,

Kolose  3

3:11 dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu.

Lalu apakah boleh orang kristen bersunat??

Ya boleh banget.. tetapi tidak lagi didasari karena “agama” tetapi karena kesehatan.. lalu bagaimana dengan teman-teman yang tidak bersunat.. sesuai kitab kejadian diatas “MARI KITA LENYAPKAN” Hahaha hanya bercanda!!

Asal bisa menjaga kebersihan penis maka tidak akan menjadi persoalan, orang bersunat karena kepala penisnya terbuka maka gampang untuk membersihkannya. Bagi yang tidak bersunat maka rajin2lah membesrihkannya itu saja haha, misal setiap habis pipis yo di cuci, baik ‘itu’ dan tangannya, mandi yang bersih… jadi jangan khawatir..!

Untuk merawat penis yang tidak bersunat menurut The American Academy of Pediatrics (AAP), bukan bermaksud porno tetapi sebagai pengetahuan kesehatan (silahkan cek http://www.rush.edu/rumc/page-1098987327500.html):

1. Perlahan-lahan, jangan secara kasar/dipaksa. Tarik kulup jauh dari ujung penis

2. Bilas ujung penis dan bagian dalam kulit khatan dengan sabun dan air.

3. Tutup kembali kulup ke ujung penis

44 thoughts on “Menjawab Dr. Zakir Naik- Part 2 (Sunat)

    • Pengetahuan yang kita miliki sekarang hanyalah kebenaran yang samar-samar, Firman Tuhan diterima sebagai kebenaran bukan karena ia dicocok-cocokan dnegan pengetahuan modern saat ini.. maka jika demikian ketika 10 tahun mendatang ada penelitian terbaru dan mengatakan sesuatu yang berbeda dengan apa yang tertulis dalam kitab suci maka akan membatalkan keagungan Fiman Tuhan???.. maka jika anda menunggu penelitian terbaru, tidaklah perlu meyakini kitab suci tunggu saja buku2 para peneliti modern. itulah yang membedakan kitab suci dan buku pengetahuan modern. ambil contoh berapa ratus tahun tentang hukum mekanika dasar. Yang dianggap paling benar dan masuk akal adlaah Hukum gerak Newton, dimana menurut Newtown setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. Maka munculah Eintein dengan teori relativitasnya, yang pada awalnya ditertawakan oleh para ilmuan oleh karena itu dalam ilmu pengetahuan tidak ada kebenaran absolut semua hanyalah pendekatan dan bersifat progressive.. Siapa kita bisa memahami Tuhan yang Maha Besar dengan otak kita yang segede bakpao ini.. hehe

  1. Pingback: Meluruskan salah faham antara Kristen dan Islam « littleflocks

  2. 1. Gak ada kata 8 hari terbentuk vitamin K di wikipedia.

    2. Tidak mungkin ada ilmuwan yang bisa meneliti sampai PRESISI hari kapan terbentuknya vitamin. Jangan suka maksain ayat!

    3. Setiap orang beda-beda jam biologisnya.
    Menstruasi bisa ada yang pada umur 11, ada yang umur 12, atau 13. Tumbuhnya bulu beda-beda waktunya setiap orang, kapan adanya jakun, semua beda-beda. Regenerasi sel, pembentukan vitamin dalam tubuh, jumlah HB darah, dan lain sebagainya orangnya lain, maka lain pula waktunya. Tidak bisa tumpek blek semua orang bisa sama jam biologisnya.
    Coba gugel kata chronobiology.

    Semoga mengerti dan belajar biologi lebih dalam lagi.

    • Mas kok yo reverensi cuman dari wikipedia tho…didalam buku McMillen, S.I. (1984), None of These Diseases (Old Tappan, NJ: Revell). ada hasil penelitian yang menunjukan pada hari ke-8 produksi prothombrin bayi itu meningkat dengan drastis Prothombrin

      • saya sudah baca link pertama.. well itu saya menghargai argumen si penulis.. tetapi banyak juga literatur yang mengatakan kematian akibat penyunatan di hari ke-8 sangat rendah.. :
        .1 Menurut American Urology Association – Nevertheless, when performed on healthy newborn infants as an elective procedure, the incidence of serious complications is extremely low.
        2. Menurut American Academy of Pediatrics (2012) – “most commonly involve bleeding, infection, or an imperfect amount of tissue removed,” and that “significant acute complications are rare,” occurring in about 1 in 500 newborn procedures in the United States; severe to catastrophic complications were so rare that they were only reported as case reports.
        3. American Academy of Family Physicians (2207) – death is rare, and cites an estimated death rate of 1 infant in 500,000 from circumcision
        4. A review of literature worldwide found circumcisions performed by medical providers to have a median complication rate of 1.5% for newborns and 6% for older children, with few severe complications. – http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2835667/

        Dan maaf samapi hari ini orang Yahudi masih mempraktekan penyunatan pada hari ke-8.. menurut studi (Laumann EO et al. Circumcision in the United States. JAMA 1997;277:1052-7.) di Amerika ada 37% penyunatan bayi sejak tahun 1987 – 1996..

      • Littleflock,

        1. Di link kedua itu saya berikan daftar kematian akibat sunat terlalu dini. Memang kasusnya extremely rendah dalam hal jumlah, tapi ini membuktikan bahwa metabolisme tubuh manusia berbeda. Lebih aman bila melakukan sunat di usia sehabis 6 bulan.

        2. Betul masih ada beberapa Yahudi ultra-orthodoks yang melakukan praktek ini, tapi dokter di seluruh dunia sudah tidak melakukan ritual ini lagi. Hal ini dikarenakan sunat di usia sedini itu bertentangan aspek moral dan aspek kesehatan.

        3. Ritual sunat-menyunat ini merupakan bagian dari ritual primitif yang diharuskan oleh tuhan/dewa Israel bernama Yahweh, dan entah apakah ada tujuannya untuk segi kebaikan manusia. Saya melihatnya ini hanya sebagai pemuasan ego Yahweh semata dan mustahil diberlakukan secara universal.

        Bila saya berandai-andai si Yahweh adalah pencipta manusia, maka pertanyaannya:
        kulit itu benar-benar mesti dipotong, kenapa kulit itu diciptakan sedari awalnya?
        Juga kenyataannya, zaman sekarang orang yang tidak disunat pun sama sehatnya dan tidak ada dampak apa-apa.

      • Mas emulio,
        1. Didalam beberapa penelitian bahkan resiko komplikasi cukup besar terjadi pada anak yang diatas 6 bulan (sekitar 6%) – dan dari data yang saya sampaikan sebelumnya misal American Academy of Family Physicians (2207) – death is rare, and cites an estimated death rate of 1 infant in 500,000 from circumcision .. masak dengan perbandingan seperti ini anda sudah membuat statement “membuktikan”?? — hmmm 1:500000??????????????? hehe
        2. Ahh kasih data dong.. kalau diseluruh dunia.. ini sudah tidak ada dokter yang melakukan sunat diusia dini.. sampai hari ini masih umum apalagi di US.. menurut data di US saja tiap tahunnya ada 1 juta orang melakukan sunat dan 37% diantarannya adalah bayi pada usia 8 hari.. jadi ada 370000 bayi tiap tahunnya..
        3. Yupp itu pandangan anda… bahwa itu adalah ego Tuhan.. hmm sunat memiliki banyak kegunaan.. sekalipun saya bukan mazhab yang mewajibakan sunat.. Tidak adak perintah di alkitab bahwa sunat harus berlaku secara universal seperti statement anda (kalau ada ayatnya monggo dicantumkan) .. ini hanyalah tanda perjanjian antara Yahweh dengan keturunan Abraham secara daging.. jadi saya bukan keturunan Abraham secara daging ya tidak wajib..

      • 1. Saya baca 1:500 tadi.

        “Menurut American Academy of Pediatrics (2012) – “most commonly involve bleeding, infection, or an imperfect amount of tissue removed,” and that “significant acute complications are rare,” occurring in about 1 in 500 newborn procedures in the United States; severe to catastrophic complications were so rare that they were only reported as case reports.”

        Lagian di link kedua itu yang meninggal malah yang di bawah 6 bulan. Ada juga yang masih 8 hari meninggal karena pendarahan pas disunat.

        2. Darimana data itu?
        Juga google aja apakah dokter sekarang masih melakukan ritual ini. Lihat dari Yahoo Answers misalnya. Kamu sendiri saya yakin juga tidak melakukan ritual ini.

        3. Jadi sunat tidak berlaku universal? Tapi katanya semua di Hukum Taurat berlaku universal? Sesuai kata Nabi Yesaya, bunga boleh layu, namun perkataan Yahweh tetap selama-lamanya.

        Sekedar info,
        Hukum Taurat di PL terdiri dari 10 Perintah Allah dan 631 aturan-aturan, contohnya:
        orang sakit lepra mesti melakukan ritual, menanam tanaman tidak boleh 2 jenis di lahan yang sama, sunat mesti hari ke-8, menjahit tidak boleh dari 2 jenis benang, perbudakan diizinkan, etc). Juga ada cerita di Kitab Bilangan dimana orang yang mencari kayu bakar di Hari Sabat dirajam sampai mati atas perintah Yahweh.

      • 1. Kata kuncinya mas.. severe to catastrophic complications were so rare that they were only reported as case reports.
        2.Ahh Yahoo answer dijadikan sumber.. hehe ntar kita bikin skripsi datanya dari Yahoo answer juga dong yang paling valid..
        3. Jika anda membaca artikel saya..

        Karena sunat adalah perintah khusus bagi orang Israel menjadi suatu produk budaya dan adat, sama jika kita membandingkan tradisi lompat batu di nias, sesorang dianggap lelaki dan dewasa ketika Ia bisa melompati batu, padahal kedewasaan tidak ditentukan karena bisa atau tidak melompati batu. Atau dalam budaya beberapa suku indian, seseorang dianggap lelaki dewasa jika ia mampu bertahan dari sengatan semut api. Nah mari kita membaca:

        Keluaran 12

        12:48 Tetapi apabila seorang asing telah menetap padamu dan mau merayakan Paskah bagi TUHAN, maka setiap laki-laki yang bersama-sama dengan dia, wajiblah disunat; barulah ia boleh mendekat untuk merayakannya; ia akan dianggap sebagai orang asli. Tetapi tidak seorang pun yang tidak bersunat boleh memakannya.

        Jadi sunat menjadi produk tradisi/budaya Yahudi untuk menunjukan keYahudiannya. Sama jika anda bukan oarng nias asli, apakah untuk mendapat status laki dewasa harus bisa melompati batu?? Tidak bukan!! Jadi kelaki-lakian dan kedewasaan anda sebagai BUKAN orang nias bukan ditentukan oleh lompat batu. Nah sama saja dengan keselamatan kita tidak ditentukan oleh apakah anda bersunat atau tidak

        Yesus sendiri mengatakan:

        Yohanes 7

        7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat – sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita — dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!

        benar Firman Tuhan tidak akab berlalu.. tapi perlu diingat perintah itu ada perintah yang berlaku universal ada yang berlaku eksklusive.. dan sunat adalah perintah khusus bagi Abraham dan keturunannya..

      • 1. Oke, berarti case reportsnya sepertinya cukup banyak ya, bukan 1:500.000. Di link yang saya kasih ada puluhan kasus kematian dan komplikasi akibat sunat pada usia yang terlalu dini. Sudah dibaca linknya btw?

        2. Kalau alasan kenapa para dokter sudah tidak melakukan sunat di hari ke -8 lagi adalah karena alasan moral dan kesehatan.
        http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110115155717AASfHxq
        ___________________________________________________________________________

        3. Hukum tuhan ada yang berlaku ekslusif dan universal bagaimana membedakannya?
        Contohnya, apakah hukum “kuduskanlah hari sabat” itu berlaku universal?

        Kalau mencari kayu bakar di hari sabat ddilempari batu sampai mati saya jadi berpikir Yahweh kejam sekali ya. Juga ada kejadian anak Musa tidak disunat, Yahweh ingin membunuh Musa ckck.
        Coba ditelaah tanpa pikiran para dombers yang sudah terindoktrinasi (tercuci otak) akut.

  3. Mungkin sebaiknya kamu baca link kedua itu dulu. Ini sekali lagi saya kasih linknya. http://www.cirp.org/library/death/

    Saya copas sedikit saja:

    – Julius Katzenstein: 8-days-old, bled to death after circumcision, 14 December 1856, New York, NY, USA.
    – Myer Jacob Levy: 8-days-old, bled to death after circumcision, 18 April 1858, New York, NY, USA.
    – Amitai Moshe, age 8 days, went into cardiac arrest after a ritual circumcision at Golder’s Green Synagogue, London. He was taken from the synagogue directly to hospital and died eight days later

    Masih banyak sekali daftar kematian lainnya akibat sunat terlalu dini, coba dicek.

      • 1. Oke, berarti case reportsnya sepertinya cukup banyak ya, bukan 1:500.000. Di link yang saya kasih ada puluhan kasus kematian dan komplikasi akibat sunat pada usia yang terlalu dini. Sudah dibaca linknya btw?

        2. Kalau alasan kenapa para dokter sudah tidak melakukan sunat di hari ke -8 lagi adalah karena alasan moral dan kesehatan.
        http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110115155717AASfHxq
        ___________________________________________________________________________

        3. Hukum tuhan ada yang berlaku ekslusif dan universal bagaimana membedakannya?
        Contohnya, apakah hukum “kuduskanlah hari sabat” itu berlaku universal?

        Kalau mencari kayu bakar di hari sabat ddilempari batu sampai mati saya jadi berpikir Yahweh kejam sekali ya. Juga ada kejadian anak Musa tidak disunat, Yahweh ingin membunuh Musa ckck.
        Coba ditelaah tanpa pikiran para dombers yang sudah terindoktrinasi (tercuci otak) akut.

      • 1. Maaf mas.. can I re-phrase again the sentence
        —-“death is rare, and cites an estimated death rate of 1 infant in 500,000 from circumcision” – Kematian jarang terjadi, diperkirakan kematian bayi akibat sunat adalah satu berbading 500000 – menurut American Academy of Family Physicians (2207)
        —- Menurut American Academy of Pediatrics (2012) – “most commonly involve bleeding, infection, or an imperfect amount of tissue removed,” and that “significant acute complications are rare,” occurring in about 1 in 500 newborn procedures in the United States; severe to catastrophic complications were so rare that they were only reported as case reports. — efek samping sunat yang paling umum terjadi adalah pendarahan, infeksi, tidak sempurnanya jumlah jaringan yang diambil dan JARANG TERJADI komplikasi akut. Didalam 1 banding 500 kasus sunat pada bayi di USA, komplikasi fatal SANGAT JARANG dan hanya dilaporkan sebagai KASUS.

        So.. hmm bagaimana anda langsung mengambil kesimpulan.. yg anda quote memang ada beberapa kasus komplikasi tetapi dari sekian ratus bahkan ratusan ribu kasus sunat, sangat kecil terjadi komplikasi.. ini adalah anomali.. banyak penyebabnya.. misal prosedur medis tidak diikuti, dsb.. Bukan suatu kesimpulan.. jika ada puluhan kasus dari ratusan ribu kasus.. jika trend kasusnya tinggi misal saja sesuai prisip Pareto.. dari 500000 kasus bayi disunat ada 20% kematian.. maka bisa diambil suatu hoptesis..

        2. Yang paling berat karena alasan apa Moral atau Kesehatan?? dan link yang anda kasih itu hanya hasil diskusi orang di Yahoo answer.. bersifat personal. kecuali ada lembaga yang melakukan penelitian yang valid bahwa memang tidak aman melakukan sunat pada bayi dan ada data statistik pendukung .. thats fare

        3. A text without context is pre text to proof the text.. kasus hari sabath itu berlaku universal.. walau sabath tidak hanya berarti hari sabtu.. kasus sunat.. itu adalah tanda keYahudian seseoarng karena ada perjanjian awal antara keturuanan Abraham dan Tuhan..
        Kasus yang anda ambil:

        — mengambil kayu dilempar batu.. itulah akibat penafsiran para rabi Yahudi yang keliru
        Yesus sendiri dalam beberapa kasus melanggar kebiasaan oran yahudi pada hari sabat.. misal menyembuhkan orang sakit dsb..

        Kasus Musa– ingat Musa itu keturanan Abaraham dan ia akan memimpin bangsa Israel/ bangsa perjanjian.. tetapi anaknya tidak memiliki tanda perjanjian…

        Terima kasih telah memanggil kami para dombers.. hehe memang seperti Yesus katakan.. murid tidak akan jauh dari gurunya.. sesuai nama blog ini littleflock (kawanan domba hehe) kita tidak tercuci otak.. buktinya banyak para pengkritisi alkitab baik itu dari dalam kekristenan maupun dari luar kekristenan.. dan kita tidak mempunyai reaksi yang berlebihan.. karena iman itu bersifat personal, pengalaman hidup.. dan itu tidak dapat dibeli oleh apa pun juga.. ada hal yang memang saya tidak dapat mengerti karena Tuhan itu bersifat transrasional.. tetapi ada hal yang memang dapat kita diskusikan.. maka thesis akan kita bahas juga dengan thesis, dalil dengan dalil.. Tuhan Yesus meberkati🙂

      • Iya, saya sudah bilang jarang, tapi case reportsnya banyak ya ternyata. Ini saya copy case reportsnya dari link yang saya kasih. Tapi yang mau saya beritahu adalah bahwa ada banyak kasus kematian sunat pada bayi ini karena bleeding dan infeksi, dan ini membuktikan bahwa metabolisme tubuh setiap manusia berbeda, bukan asal berspekulasi bahwa ada kesalahan di pihak dokter. Dokter zaman sekarang tidak mau menyunat terlalu dini karena faktor risiko kesehatan dan moral.

        Julius Katzenstein: 8-days-old, bled to death after circumcision, 14 December 1856, New York, NY, USA.
        Myer Jacob Levy: 8-days-old, bled to death after circumcision, 18 April 1858, New York, NY, USA.
        Aleck, Baby Boy: Died June 10, 1910, Island County, Washington, USA.
        Michael Julian Baldwin: infant boy, 4-days-old, hemorrhage after circumcision. 21 August 1927, Monroe County, Indiana, USA.
        Baby boy Lebeau, death by circumcision, April 1942, Quebec, Canada.
        Roland Albert McCarty: infant boy. Death by infection of circumcision wound. Died 1932, Jacksonville, Florida, USA.
        “J.B.”: Died December 1942, Evanston, Illinois, USA.
        Bruce Wechsler: infant boy, Staph infection following circumcision. 1957, Philadelphia, Pennsylvania, USA.
        Chino Burrell: 7-months-old, death by circumcision, 9 June 1974, Hospital for Sick Children, Toronto, Ontario, Canada.
        Christopher Dolezal: Died November 1982, Des Moines, IA, USA.
        Steven Christopher Chacon: Died November 1986, San Francisco, CA, USA.
        Boma Oruitemeka: Death by circumcision, severe hemorrhage. 1990, London, England, UK.
        Raju Miah: Death by circumcision. July 1991, Birmingham, England, United Kingdom.
        Allen A. Ervin: Died July 8, 1992, Spartanburg, SC
        Demetrius Manker: Died June 23, 1993, Carol City, Dade County, Florida, USA.17
        Jeremie Johnson: Died July 18, 1995, Houston, TX, USA.19
        Dustin Evans: Died October 1998, Cleveland, OH, USA.
        Ryleigh Roman Bryan McWillis: Died August 22, 2002, Vancouver, British Columbia, Canada35
        Zola Mjamba: Died November 19, 2002, Umtata, South Africa
        Sifiso Kobo: Died November 21, 2002, Umtata, South Africa
        Nui Jia Yuan, 4-years-old. Death by asphyxia following circumcision. March 26, 2003, Singapore.
        Callis Osaghae: Monday, August 18, 2003, Regional Hospital, Waterford, Ireland.26
        Bennett Ntazina, adolescent boy. Death by circumcision. December 2003, Jan Kempdorp, South Africa.
        Thamsanqa Mnyaka, 19, of Whittlesea, South Africa: Died Friday, 12 December 2003.
        Myolisi Mayekiso, 18, also of Whittlesea, South Africa: Died Friday, 12 December 2003.
        Andile Masabalala, 21, of Tsomo, South Africa: Died Monday, 15 December 2003.
        Sabelo Marotya, 17, at Mdantsane, South Africa: Died Sunday, July 4, 2004.
        Infant twin (by herpes virus, circumcised by Rabbi Yitzhok Fischer who had herpes and performed metziza by mouth [sucking the blood] on baby’s penis) New York, New York, USA, October, 2004.
        Dontsa Lwane, 19 (by suicide after botched circumcision of Dec 11, 2004) Gqebenya, Lady Frere, South Africa, January 8, 2005.
        Wandile Lwane, 21 (Dontsa’s brother, by suicide after learning of Dontasa’s death) Ezibeleni, Queenstown, South Africa, January 9, 2005
        Muyoddin Khan, 5, Indrapur, Nepal, February 10, 2005.
        Abou Quir, infant boy, Alexandria, Egypt, February 15, 2005.
        Jacob Christian Holliday. Circumcision damaged already-defective heart, requiring heart transplant at age two. Death resulted from cancer caused by immuno-suppresant drugs and resultant cancer at age 4, 20 October 2005, Orlando, Florida, USA.
        Patrick Hoho, 58 (hacked to death by Hoho’s circumcision victim), Port Elizabeth, South Africa, July 3, 2006.
        Sello Ntsie, 18 (beaten to death at a circumcision “initiation school” before he could be circumcised), Zuurbekom, near Westonaria, South Africa, July 5, 2006.
        Siyabonga Radebe, 14 (beaten to death at a circumcision “initiation school” before he could be circumcised), Zuurbekom, near Westonaria, South Africa, July 5, 2006.
        Nkhiphitheni Nehelula, 9, Guyuni-Dzumbama village near Mutale, Limpopo, South Africa, July 8 or 9, 2006.
        Xola Mbuqe, 18, Nelson Mandela Academic Hospital, Mthatha, Eastern Cape, South Africa, November 26, 2006.
        Lunga Nocanda, 18, Paarl, Western Cape, South Africa, December 18, 2006.
        Infant boy. Death by bleeding following circumcision in Creswell, Oregon,February 2007, Sacred Heart Hospital, Eugene, Oregon, USA.
        Amitai Moshe, 2 weeks, after a ritual circumcision at Golders Green Synagogue, London. February 9, 2007.
        Celian Noumbiwe, boy, nine weeks, death by circumcision, bled to death, 22 February 2007, Wexham Park Hospital, Slough, Berkshire, United Kingdom.
        Kulideep Kumar Vishnubhai Patel, 10-year-old boy, death by circumcision, 18 November 2007, Unjha, Gujarat, India,
        Infant boy, 18-days-old, death by circumcision, 18 November 2007, Pilar District, Tarragona, Nigeria.
        18-year-old male, death by circumcision, November 2007, Gxulu Village, Umtata, South Africa.
        Obosee Prince Aseh, boy, 2-months, death by circumcision, haemorrhage, 5 June 2008, Treviso, Italy.
        Gino Erojo, 11-years-old. Death by infection following circumcision, 3 August 2008, Panciao, Manjyod, Negroes Oriental, Philippines.
        Beasley Allen Terrebonne, age 48, death by suicide after botched circumcision and resulting depression. 23 December 2008, Thibodaux, Louisiana, USA.
        Eric Keefe, 6-week-old infant boy, death by blood loss following circumcision, 14 July 2008, Indian Health Service Hospital, Rosebud, South Dakota, USA.
        Yogama Boya, 18-year-old male, death by circumcision, July 2008, Qumbu area of Transkei, South Africa.
        Johnson Killed. Age 2 years and 7 months. death by circumcision. 22 July 2008, Bari, Italy.
        Bradley Dorcius, boy, 7-months-old. Death by circumcision, October 2009, SUNY Downstate Hospital. Brooklyn, New York, USA.
        Kaan Otuk, boy, one-month-old. Death by circumcision anaesthesia overdose, 31 October 2009, Çukurova State Hospital, Adana, Turkey.
        Sonke Foca, male, 19-years-old. Death by dehydration following circumcision, 11 November 2009, Butterworth, Transkei, Eastern Cape Province, South Africa.
        Goodluck Caubergs, Baby. Bled to death after circumcision. Oldham, England, April 17, 2010.
        Saijad Hossain Mimu, 6-years-old. Death by lidocaine anaesthetic overdose, 25 September 2010, Safapur, Amirbad Union,Sonagazi Upazila, Feni District in the Division of Chittagong, Bangladesh.
        Joshua Haskins, 7-weeks old. Died 19 hours after having circumcision followed by prolonged bleeding, despite having congenital heart defect and being in intensive care. October 6, 2010, Indianapolis, Indiana, USA.
        Jaamal Coleson, Jr., toddler, of Brooklyn, New York. Died at Beth Israel Medical Center, Manhattan, New York City after a circumcision on Tuesday, May 3, 2011.50
        James Connor, infant, seven pounds eight ounces, 21 inches long. Born at Pittsburgh, Friday, November 25, 2011. Died Saturday night, November 26, 2011. Death by bleeding after circucision.
        Anonymous Jewish infant, two weeks old. Death from Herpes infection, Maimonides Hospital, Brookyn, New York, September 28, 2011.51
        Two boys, Arif, age 4 and Azhar, age 3,in Rakasipet, Bodhan, Andhra Pradesh India. The boys died on Monday, April 30, 2012 after a circumcision a few days before by a rural medical practitioner at Masjid Colony in the Rakasipet area due to uncontrolled “overbleeding”.
        Infant boy, age two-weeks. Circumcised Sunday, 6 May 2012 in a doctor’s office on the east side of Oslo, Norway. Died of complications Tuesday, 8 May 2012.

        Dan ada banyak lagi di link ujukan mereka, tapi gak muat dicopas di sini.
        Yahoo Answers memang pendapat personal, tapi yang menjawab kadang menyertakan link ke sumber yang kredibel.

      • Yahoo Answers memang pendapat personal, tapi yang menjawab kadang menyertakan link ke sumber yang kredibel.

        Oke.. kalo begitu nanti mahasiwa kalo mo bikin thesis atau desertasi bisa mengambil literatur dari Yahoo answer di daftar pustakannya hehe.. yups kasus yang anda tulis iti dari tahun 1856 – 2012 kalo tidak salah ada 70 kasus maka kita hitung matematik neh:
        2012 – 1856 = 156
        70/156 = 0.448 kasus per tahun dan jika anda baca baik2 link anda kasus kematian sunat bayi diusia 8 hari hanya ada dua kasus.. sisanya umurnya paling tua 48 tahun… goshnn maka 2/156 = 0.0128 kasus per tahun.. hmmmm

  4. Jadi yang hari sabat itu salah tafsir, bagaimana seharusnya? Memangnya sabat bukan hari sabtu/minggu saja? Kayanya ini penafsiran maksa sih menurut saya.

    Kalau dari kacamata saya, Yahweh sebagai dewa teritori mengharuskan umatnya, Israel agar mematuhi dia. Jadi beberapa kasus seperti tidak disunat, mencari kayu bakar di hari sabat, menyembah tuhan lain, etc, harus dihukum mati. Ini juga alasan bangsa kanaan yang lagi adem ayem tinggal di tanah mereka ditumpas oleh Yahweh, karena Yahweh takut umat Israel gak menyembah dia lagi, dan menyembah tuhan kanaan.

    Kedaulatan boleh-boleh saja, tapi kalau sedikit-sedikit menghukum mati, ini namanya keblinger sama kekuasaan. Pun juga itu melanggar hukumnya sendiri yaitu jangan membunuh.

    _____________________________________________________________________________
    Iya, maaf juga karena sudah bilang tercuci otak, karena saya sebenarnya juga sudah pernah di posisi apologetik juga sebelumnya.Internet yang membuat saya sadar ada begitu banyak kelemahan di Kristen. Agama memang jodoh di kehidupan ini, jadi bila kamu merasa itu sesuai pengalamanmu, ya silakan imani. Tapi bila kamu tertarik, saya ada pdf rujukan tentang kelemahan Kristen.

    • Jadi yang hari sabat itu salah tafsir, bagaimana seharusnya? Memangnya sabat bukan hari sabtu/minggu saja? Kayanya ini penafsiran maksa sih menurut saya.

      Sabath itu memiliki arti hari perhentian… ia tidak terbatas pada hari sabtu.. dimana kita memiliki satu hari khusus sebagai hari perhentian kita untuk mencari Tuhan itu adalah sabath..Matius 12:8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.” yang utama Ialah Dia bukan harinya dan lihat kata Yesus juag didalam Markus 2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat. Hari sabat itu diadakan untuk manusia sebagai hari peristirahatan hari perhentian.. bukan manusia yang diikat dengan peraturan2 sabath atau kapan harinya. dan didalam Kolose 2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;

      Kalau dari kacamata saya,

      Mungkin kacamatanya perlu dilepas dulu mas heheh… Yesus pernah bertanya kepada murid2Nya “Menurutmu siapakah Aku ini?” mereka menjawab. kata orang Engkau Elia, Engkau Yohanes dsb… lalu Yesus tanya lagi.. tapi bagaimana menurut kamu? dan tampilah Petrus menjawab Engkaulah Mesias Anak Allah.. dan saya yakin pertanyaan yang sama juga ditanyakan kekita masing.. jika pandangan anda bahwa Dia adalah Tuhan yang kejam dan jahat maka saya tidak bisa menyalahkan.. wong itulah yang anda alami.. tetapi apa yang aku alami Dia adalah Tuhan yang baik.. Baruch Adonai Yeschua Ha’masiachh…

      Tuhan bukannya takut tidak ada yang menyembah Dia.. Dia tetaplah Tuhan ada atau tidak yang menyembah Dia.. yang Tuhan cari ialah hubungan.. relationship yang putus antara manusia dan Tuhan akibat dosa… Dan memang sudah hukumnya upah dosa ialah maut.. sama seperti hukum kekekalan energi atau hukum gravitasi… hukum2 itu mengikat.. dan hukum dosa ini harus dijalankan.. anugerah di PL ketika manusia yang berdosa maka binatang lah yang harus menjadi korbannya.. tetapi bukan korban yang sempurna karena manusia yang berdosa.. dan justru karena Besar Kasih Allah.. hukuman yang anda sebut tadi ditimpakan kepadanya agar tuntutan hukum dosa dibayar lunas…

      karena saya sebenarnya juga sudah pernah di posisi apologetik juga sebelumnya.

      Saya mungkin terbalik.. saya memulai dengan mempertanyakan Tuhan.. bahkan pada umur 10 tahun saya sudah berani untuk menyumpah Yesus.. sampai pada akhirnya Dia menemukan saya.. saya pernah mencoba memahami agama2 lain bahkan agnostik dan atheisme.. tetapi apa yang saya alami membuat saya tidak bisa mempertanyakanNya lagi.. Saya sudah sering membaca dan berdiskusi juga dengan para pengkritisi iman kristen baik itu dari luar kekristenan atau dari dalam kekristenan.. namun tidak ada satupun yang benar2 dapat membuktikan bahwa cerita alkitab hanyalah bohong semata.. cerita2 alkitab didukung oleh sumber2 sekuler dan arkeologi.. walau kisah ini ditulis oleh puluhan orang yang tidak saling kenal satu sama lain.. beberapa distorsi cerita mungkin terjadi tetapi kemenerusan cerita dan konsitensinya tidak berubah

      • Waduh, sampe diitungin. Di dalam lin itu ada link rujukan lagi kan, nah itu di dalamnya banyak kasus kematian sunat bayi.
        Juga kadar protrombin atau Vitamin K setiap bayi berbeda. Dalam literatur medis di link paling pertama yang saya kasih, dikatakan bahwa protrombin baru mencapai tahap dewasa ketika umur bayi di atas 6 bulan. Tidak dikatakan sampai presisi hari.

        Yahoo Answers tidak semuanya tidak kredibel. Ada topik-topik yang jawabannya cukup baik, salah satunya topik tentang mengapa para dokter tidak menyunat lagi untuk bayi yang masih terlalu kecil.
        ___________________________________________________________________________
        Oke, berarti yang cari kayu bakar di hari sabat dihukum mati cuma misunderstanding saja antara manusia dengan Yahweh. Si manusia pikirnya pasti sama kaya kamu, bahwa sabat ga mesti hari sabtu saja.

        Juga karena sabat tidak universal, apakah itu harus dipatuhi atau tidak di zaman sekarang? Dan jangan lupa, selain sabat, ada perintah yahweh nomor 1 sampai 3 yang berhubungan sama menyembah Yahweh. Mustahil dilakukan di Bali yang menyembah Wisnu, atau umat Islam yang menyembah Allah SWT, masa mereka harus berdosa hanya karena Yahweh kurang komunikatif sama hukumnya.

        ___________________________________________________________________________

        Hmm…cocoklogi nubuatan ya.
        Coba mau dengar apa aja sih nubuatan yang udah terjadi :p
        Wong kelahiran yesus aja ga jelas di zaman kaisar augustus atau herodes.

        Kalau arkeologi itu bukti historis dan alkitab ada beberapa yang benar, karena memang negara-negara di alkitab itu ada.
        Namun apakah kisah-kisah di alkitab bisa dipercaya, itu soal lain.
        Hal ini sama dengan misalnya kisah si pitung, apakah benar terjadi atau tidak, kita tidak tahu, tapi jelas ada tempat yang namanya betawi.

        FYI, kisah penciptaan sama nabi nuh aja sudah gagal. Gimana kisah lainnya bisa benar?

      • Waduh, sampe diitungin. Di dalam lin itu ada link rujukan lagi kan, nah itu di dalamnya banyak kasus kematian sunat bayi.

        ———————–

        Ya setiap argumen dan statement kita harus bisa kita pertanggungjawabkan… saya hanya menganalisa data yang anda sajikan.. dari tahun 1856 sampai 2012 ada 70 kasus kematian akibat sunat.. dan dalam kurun waktu 156 tahubn hanya 2 kasus kematian pada bayi yang disunat pada usia 8 hari sisanya diatas 8 tahun bahkan ada yang berusia 48 tahun… topik kita disini adalah perintah Tuhan tentang penyunatan bayi pada hari ke-8. Dan dengan data yang sangat minim ini anda membuat suatu kesimpulan bahwa perintah ini sangat tidak logis dan berbahaya.. dan data yang saya sajikan dari sumber sekuler (bukan kristen) bahwa 1:500000 terjadi kasus kematian pada bayi yang disunat pada hari ke-8… bukan berdasarkan cucokologi🙂
        kecuali jika anda bisa menujukan data valid bahwa 20% kasus penyunatan bayi pada hari ke-8 akan mengakibatkan kematian maka itu masih fare.. karena mengikuti prinsip Pareto..

        Yahoo Answers tidak semuanya tidak kredibel.

        ———————–

        Anda sendiri yang mengatakan bahwa sumber Yahoo answer tidak semua kredible.. lantas yang kredible adalah yang sesuai dengan pendapat anda.. hehe People believe what they want to believe…. hehe

        Juga karena sabat tidak universal, apakah itu harus dipatuhi atau tidak di zaman sekarang?

        ——————-
        Yes itu harus dilakukan bagi setiap pengikut Kristus untuk memiliki hari perhentian.. mari kita kesampingkan masalah agama atau dogma.. bayangkan tidak ada perintah sabat.. maka manusia tidak akan mengenal apa itu weekend… kebiasaan libur atau weekend karena perintah sabat ini..

        Dan jangan lupa, selain sabat, ada perintah yahweh nomor 1 sampai 3 yang berhubungan sama menyembah Yahweh. Mustahil dilakukan di Bali yang menyembah Wisnu, atau umat Islam yang menyembah Allah SWT, .

        ————————–

        yes stuju itu mustahil dilakukan.. karena tidak semua orang harus jadi Kristen.. semua itu pilhan.. perintah itu awalnya ditujukan bagi orang Yahudi.. dan sekarang juga berlaku bagi orang Kristen.. hanya Dialah satu2nya Tuhan.. tidak ada yang lain…

        masa mereka harus berdosa hanya karena Yahweh kurang komunikatif sama hukumnya

        Setuju mereka berdosa.. sama halnya dengan saya juga berdosa sama halnya dengan semua orang kristen didunia ini semua berdosa dan bahkan layaknya masuk neraka.. kita berdosa bukan karena Tuhan kurang komunikatif.. kita ini berdosa karena kita melenceng dari tujuan awal kita diciptakan.. karena manusia telah kehilangan kemuliaan Allah.. dan tidak ada satupun yang benar.. itulah mengapa Yesus datang.. bukan orang sehat yang butuh dokter tetapu orang sakit.. dan Saya.. bahkan anda adalah ornag sakit yang butuh dokter..

        Hmm…cocoklogi nubuatan ya.
        Coba mau dengar apa aja sih nubuatan yang udah terjadi :p
        Wong kelahiran yesus aja ga jelas di zaman kaisar augustus atau herodes.

        ———————-

        Saya tidak akan bahas disini karena akan membuat diskusi kita tida fokus.. ada artikel disini mengenai natal.. silahkan comment disana saja hehe…

        Kalau arkeologi itu bukti historis dan alkitab ada beberapa yang benar, karena memang negara-negara di alkitab itu ada.
        Namun apakah kisah-kisah di alkitab bisa dipercaya, itu soal lain.

        ————-
        Ohh cerita alkitab sangat bisa dipegang… dan kredible..

        kisah penciptaan sama nabi nuh aja sudah gagal

        Masalah penciptaan.. siapa yang bisa mengatakan bahwa teori nebula, atau big bang atau apalah yang paling benar???? semua hanyalah teori dan pendekatan… kisah nuh.. saya tidak akan bahas panjang.. tapi saya kasih jawaban simple.. hampir semua kebudayaan didunia ini memiliki cerita yang mirip kisah nuh.. bahkan (karena saya orang dayak) – dalam salah satu sub suku dayak apo kayan.. ada juga legenda kisah seperti nuh ini.. dari mana?? jika tidak dahulunya memang kisah ini pernah terjadi pada nenek moyang manusia sebelum terjadinya persebaran penduduk manusia….

      • —–Sunat—–

        Huah, semua mesti pake konsep pareto toh. Saya cuma bisa kasih link medical tentang kadar protrombin terbanyak semua manusia bukan pas di hari ke-8 seperti yang diberikan oleh dokter apologet itu, tapi kadar protrombin mencapai usia dewasa pas umur seseorang di atas 6 bulan. Dan juga saya melihat di zaman sekarang, ga ada dokter yang mau sunat di hari ke-8. Itulah alasan-alasan kenapa saya komen di sini awalnya. Saya saja sudah lupa pernah komen sampai kamu bales.

        Yahoo: saya bilang: “tidak semuanya TIDAK kredibel.” Ada beberapa yang mencantumkan link yang medical dan sesuai sains. Dalam kasus ini, cobalah buka link yahoo yang sudah saya berikan dan nilai sendiri.
        _____________________________________________________________________________
        —Kisah Penciptaan dan Nabi Nuh—-

        Kita lihat dari segi otentitas ya. Kalo dari segi sains, kemustahilan carita-carita itu sudah jelas.

        a. Kisah penciptaan, setiap bangsa punya, contohnya kisah penciptaan alam semseta dari telur ala china.

        In the beginning (time), the heavens and earth were still one and all was chaos. The universe was like a big black egg, carrying Pan Gu inside itself. After 18 thousand years Pan Gu woke from a long sleep. He felt suffocated, so he took up a broadax and wielded it with all his might (power) to crack open the egg. The light, clear part of it floated up (motion) and formed the heavens (space), the cold, turbid matter stayed below to form earth (matter).

        b. Kalau kisah Nabi Nuh, google cerita Gilgamesh.

        ______________________________________________________________________________
        —–tentang sabat—–

        Oke, tanpa perintah hari sabat itu, manusia sekarang tidak tahu mesti ada hari perhentian.
        Juga tanpa perintah itu, orang yang mencari kayu bakar di hari sabat tidak akan mati.
        Dan tanpa perintah itu, maka hukum kuduskanlah hari sabat untuk menyembah yahweh juga tidak berefek dosa untuk orang buddhist dan hindu.
        ______________________________________________________________________________
        Tentang predestinasi dan original sin, ini adalah salah satu pertanyaan kunci untuk agama monotheis.

        Menurut Kristen, semua bayi sudah membawa original sin. Saya melihat ini tidak adil karena si bayi kan sebenarnya tidak tahu apa-apa. Terlebih juga misalnya dia lahir cacat dengan alasan demi kebesaran tuhan. Apa tuhan begitu pengen disembah sampai bayi itu harus lahir cacat?

        juga selain masalah itu, tidak semua manusia lahir di kebudayaan yang sama, dan amat sangat mustahil memaksa seseorang menyembah si yahweh dan menerima yesus.

        Bukan semata karena mereka tidak bermoral, tapi semata karena mereka pun sama merasa di luar agama dia orang itu tidak selamat. Jadi Islam, Kristen/Katolik, dan Yahudi masing-masing merasa dirinya terbenar.

      • Saya cuma bisa kasih link medical tentang kadar protrombin terbanyak semua manusia bukan pas di hari ke-8 seperti yang diberikan oleh dokter apologet itu, tapi kadar protrombin mencapai usia dewasa pas umur seseorang di atas 6 bulan.

        —————-
        Sumber saya anda bilang dokter apologet.. lalu sumber anda dianggap sumber yang paling sahih hehe.. again people belive what they want to believe.. masalah prinsip pareto ya biar ilmu statistiknya jalan aja dikit.. kan saya hanya menganalisa data yang anda sajikan sendiri.. so agar fare.. saya kasih data non kristen pun tetap dianggap tidak bener.. nanti dibilang cocokologi lagi heheheh

        Dan juga saya melihat di zaman sekarang, ga ada dokter yang mau sunat di hari ke-8. Itulah alasan-alasan kenapa saya komen di sini awalnya. Saya saja sudah lupa pernah komen sampai kamu bales.

        —————–
        Anda melihat sejauh radius mana bro? hehe harus jelas dan terukur.. kalu radius seputaran jakarta mah iyee.. itu juga lom tentu penglihatan anda seluuruh jakarta.. wahh saya baru sempet comment memang karena sibuk juga dengan kerjaan.. ini saja sudah lama ga nulis.. hehe..

        kemustahilan carita-carita itu sudah jelas.

        ———————–
        Dimananya mustahilnya?? hhehe

        Masalah predestinasi— tidak saya bahas disini soale akan tidak fokus…

        dan amat sangat mustahil memaksa seseorang menyembah si yahweh dan menerima yesus.

        ————–
        Oppss tidak ada yang memaksa untuk menyembah Yesus.. bahkan Tuhan pun tidak memaksa.. silahkan cari dialkitab kata2 pemaksaan.. jika tidak menyembah yesus maka kepalannya akan dipenggal.. yang ada kata2

        Wahyu 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

        Tuhan Yesus itu adalah Tuhan yang tau diri dan tata krama.. itu pintu diketok ga dipaksa apa lagi digedor2 hehehe

        Bukan semata karena mereka tidak bermoral, tapi semata karena mereka pun sama merasa di luar agama dia orang itu tidak selamat. Jadi Islam, Kristen/Katolik, dan Yahudi masing-masing merasa dirinya terbenar.

        —————-

        Agama itu tidak menyelamatkan manusia.. Yesus datang tidak mendirikan agama.. masalah paling benar???.. pertanyaan ini pernah juga diajukan oleh Pilatus sebelum menyalibkan Yesus.. “Apakah kebenaran itu??”

        Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

        Keselamtan jiwa adalah hak prerogative Tuhan.. bukan saya atau anda.. Tuhan Yesus memberkati

      • Oke, jadi tidak tahu ya sumber mana yang paling pas. Tapi intinya adalah kadar pertumbuhan manusia berbeda.juga di dalam link Bible Science Debunked yang saya kasih itu ada link medis yang bentuknya buku tentang protrombin. Makanya dari situlah saya mengomentari ini.

        Kalau yang disunat hari ke-8, coba bawakan saya persentasenya di Indonesia. Yang saya lihat memang tidak ada. Saya tanya dokter juga mereka tidak mau menyunat ketika bayi masih umur segitu.

        Oya, kalau kulit ini emang tidak ada gunanya buat manusia (jadinya dipotong), napa tu diciptain sih awalnya? Jadi debat deh mesti potong atau enga.

        ______________________________________________________________________________
        Saya ga masalahin maksa. Saya tanya keadilan aja.
        Untuk para dombers mungkin mudah menerima yesus karena bergaul di lingkungan kresten.
        Tapi bagaimana bila dia dipasung di agama islam misalnya. Agama islam itu umatnya jauh lebih saklek dari kristen. berarti ini tidak adil karena si yahweh tidak menunjukkan dirinya kepada mereka dan mereka percaya tuhan yang salah sehingga masuk neraka. Atau bagaimana dengan umat hindu di Bali, selama yahweh tidak mau menunjukkan dia tuhan terbenar, maka tidak bisa disalahkan umat Bali menyembah Wisnu.

        Bila itu hak prerogatif tuhan, berarti kita punya tuhan yang semena-mena dan tidak adil di sini.

        ______________________________________________________________________________

        Nabi Nuh tidak mustahil secara sains? Oke, for starters, bagaimana cara ratusan ribu spesies hewan itu bisa masuk ke dalam bahtera yang notabene ukurannya seperempat titanic itu?

        Nanti bikin aja post tentang Nuh ini (atau boleh tentang penciptaan), saya balas di situ saja. Karena postingan kamu memang bagus, jadi saya mau berkomentar.

      • Oke, jadi tidak tahu ya sumber mana yang paling pas.

        ——————-
        Sumber yang pas adalah sumber yang netral… anda mengambil sumber anti kristen ‘bible debunk’, saya sudah mencoba menyajika data2 dari lembaga2 sekuler..

        Kalau yang disunat hari ke-8, coba bawakan saya persentasenya di Indonesia. Yang saya lihat memang tidak ada. Saya tanya dokter juga mereka tidak mau menyunat ketika bayi masih umur segitu.

        ————————
        Ya iayalah ga ada.. secara di Indonesia majority muslim dan tidak mengenal aturan sunat pada hari ke-8.. yang mempraktekan ini adalah negara dengan populasi Yahudi.. misal US atau Israel.. dan saya sudah memaparkan data2 dari lembaga kredibel di US tentang kasus sunat.. bahkan dari data yang anda sajikan sendiri dalam kurun waktu 156 tahun… again 156 tahun.. hanya 2 kasus kematian sunat pada bayi umur 8 hari… am I right???

        Untuk para dombers mungkin mudah menerima yesus karena bergaul di lingkungan kresten.
        Tapi bagaimana bila dia dipasung di agama islam misalnya. Agama islam itu umatnya jauh lebih saklek dari kristen. berarti ini tidak adil karena si yahweh tidak menunjukkan dirinya kepada mereka dan mereka percaya tuhan yang salah sehingga masuk neraka. Atau bagaimana dengan umat hindu di Bali, selama yahweh tidak mau menunjukkan dia tuhan terbenar, maka tidak bisa disalahkan umat Bali menyembah Wisnu.

        ———————–
        Tida semua orang kristen akan selamat.. keselamatan bukan masalah agama.. tidak ada janji di Alkitab yang mengatakan yang di KTP nya tertulis beragama kristen akan masuk surga.. kata kristen pun awalnya hanyalah ejekan dari orang2 efesus.. Jika anda memang memiliki latar belakang kristen tentu anda tahu bahwa tujuan Kristus datang bukan membawa agama.. tidak seperti Islam misal yang memiliki keyakinan bahwa agama yang paling diridhoi adalah islam… didalam dogma kekristenan tidak ada seperti itu.. Tujuan Kristus datang untuk mengembalikan hubungan manusia yang terputus dengan Allah akibat dosa..
        Karena semua orang berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.. Jika anda berkata bahwa Tuhan itu egois dan tidak menyatakan DiriNya. maka silahkan baca alkitab bahwa Dia sendir dtaang kedunia mengambil rupa sebagai hamba untukmati bagi dosa manusia.. silahkan anda cari konsep diagama manapun dimana Tuhan mau datang kedunia dan mencari manusia dan bahkan mau mati bagi dosa dan kesalahannya.. justru Allah didalam Alkitab adalah kasih.. bukan yang katanya Maha Kasih dan Penyayang tetapi hanya bisa menghukum manusia tanpa memberikan solusi bagi masalah mendasar manusia sejak jaman adam yaitu dosa…

        Nabi Nuh tidak mustahil secara sains? Oke, for starters, bagaimana cara ratusan ribu spesies hewan itu bisa masuk ke dalam bahtera yang notabene ukurannya seperempat titanic itu?

        Oke saya tidak akan jawab disini.. but kata kuncinya a text without context is ONLY a pre text to proof the text…

        ____________________________________________________________________________________________________________________________________________

        Now mari kita balik ke permasalahan utama.. karena saya pikir ini sudah meluas kesana kemari, artikel ini saya tulis sebagai bentuk pertanggungjawaban iman saya akan tuduhan yang dilakukan Dr. zakir Naik.. dan apa yang awalnya anda permasalahakan:

        1. Gak ada kata 8 hari terbentuk vitamin K di wikipedia.

        2. Tidak mungkin ada ilmuwan yang bisa meneliti sampai PRESISI hari kapan terbentuknya vitamin. Jangan suka maksain ayat!

        Oke saya pikir saya sudah menjawab pertanyaan itu dengan mengquote buku McMillen, S.I. (1984), None of These Diseases (Old Tappan, NJ: Revell).

        kemudian anda beranjak dengan pernyataan “kematian akibat sunat terlalu dini”

        Saya pikir saya juga sudah menjawabnya dengan memberi data2 penelitian dari sumber2 NON KRISTEN dan kredibel

        .1 Menurut American Urology Association – Nevertheless, when performed on healthy newborn infants as an elective procedure, the incidence of serious complications is extremely low.
        2. Menurut American Academy of Pediatrics (2012) – “most commonly involve bleeding, infection, or an imperfect amount of tissue removed,” and that “significant acute complications are rare,” occurring in about 1 in 500 newborn procedures in the United States; severe to catastrophic complications were so rare that they were only reported as case reports.
        3. American Academy of Family Physicians (2207) – death is rare, and cites an estimated death rate of 1 infant in 500,000 from circumcision
        4. A review of literature worldwide found circumcisions performed by medical providers to have a median complication rate of 1.5% for newborns and 6% for older children, with few severe complications. – http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2835667/

        Memang anda menyajikan data2 kasus kematian akibat sunat.. tapi silahkan analisa sendiri data anda.. dari tahun 1856 – 2012 = 156 tahun ada 70 kasus kematian akibat sunat.. dan hanya 2 sekali lagi hanya 2 kasus kematian pada bayi yang disunat pada hari ke delapan, itupun terjadi pada tahun 1856 & 1858, dimana prosedur medis tidak semaju sekarang…

        Julius Katzenstein: 8-days-old, bled to death after circumcision, 14 December 1856, New York, NY, USA.
        Myer Jacob Levy: 8-days-old, bled to death after circumcision, 18 April 1858, New York, NY, USA.

        Kemudian hal lain yang menyangkut tentang artikel ini anda permasalahkan bahwa didunia ini tidak ada lagi yang mempraktekan sunat di usia dini..

        saya pikir saya juga sudah menjawabnya… menurut data di US saja tiap tahunnya ada 1 juta orang melakukan sunat dan 37% diantarannya adalah bayi pada usia 8 hari.. jadi ada 370000 bayi tiap tahunnya..

        Oleh karean itu menurut saya, pertanyaan2 anda mengenai sunat sebenarnya sudah terjawab.. sisa pertanyaan yang anda ajukan tidak ada sangkut pautnya dengan artikel ini… Jika memang sesuai perkataan anda, bahwa dahulunya anda seorang apologist dan mungkin latar belakang kristen.. maka saya punya pertanyaan sederhana.. apa yang anda cari.. kebenaran? atau apa??.. karena kebenaran sejati itu akan memerdekakan manusia..

        Yohanes 8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

        Kebenaran itu akan memerdekakan manusia dari hukum dan kutuk dosa… alkitab tidak hanya membahas sunat.. alkitab memberi jawaban akan permaslahan dasar manusia dan bukti betapa besar kasih Tuhan yang ditunjukan dengan tindakan..

        Yohanes 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

        That’s the biggest love.. kasihNya tidak ditunjukan dengan ancaman/azhab/intimidasi.. tetapi kasih yang nyata.. now man.. what are you looking for? you answer it by yourself.. He’s waiting for you… He loves you! as He loves me

      • Blog kamu berubah formatnya?

        1. Oke, saya fokus di masalah protrombin dahulu, yang paling mudah kamu defend.

        Link rujukan di dalam link yang saya kasih itu juga dari sekuler. Jadi penjelasannya tentang kadar protrombin mencapai tahap

        dewasa di umur di ATAS 6 bulan, dan tidak ada literatur medis yang ngomong sampai presisi hari. Masalah lain dari segi

        kesehatan untuk sunat ini juga bukan cuma kematian, tapi infeksi penyakit di kemudian hari dan bentuk kulit yang berisiko

        cacat karena regenerasi sel belum sempurna.

        Juga, SATU kematian sebenarnya sudah cukup membuktikan dewa israel tidak maha tahu, karena di zaman sekarang terbukti bahwa

        siklus biologis setiap orang berbeda. 7 hari, 8 hari, 9 hari makes no difference sebenarnya karena di umur-umur segitu kadar

        protrombin ada yang sudah banyak, ada yang masih kurang, ada yang masih rata-rata. Semua ini menyangkut siklus tubuh.

        2. Di Amerika banyak sunat ya?

        Some 80 percent of American men are circumcised, one of the highest rates in the developed world. Yet even advocates of circumcision acknowledge that an aggressive circumcision drive in the United States would be unlikely to have a drastic impact on H.I.V. rates here, since the procedure does not seem to protect those at greatest risk, men who have sex with men.

        http://www.nytimes.com/2010/08/17/health/research/17circ.html?ref=health&_r=0

        In the United States 25 years ago, the vast majority of men were circumcised, but today a minority of infants are circumcised. Circumcision rates have been falling in the United States since the 1970s. In the 1980s, over 80% of newborn male infants were circumcised. According to data released by the US Center for Disease Control and Prevention (CDC), only 32.5% of male infants born in the United States were circumcised. This means, that of boys born today in the United States, far more are uncircumcised than circumcised.

        http://wiki.answers.com/Q/What_is_the_percentage_of_circumcised_men

        Kalau dunia

        The vast majority of men in the world are uncircumcised. In most of the world circumcision is extremely rarely practiced. For example in most of Europe, South America, Central America, Africa, and Asia, probably 98 out of 100 men would be uncircumcised. However, in some countries a small minority of the population is circumcised. For example in places like Canada and Australia, around 10% of newborn babies are circumcised.
        Circumcision is very common in Israel, where there is a large Jewish population. Circumcision is also practiced among some, but not all, Muslims.
        In the United States 25 years ago, the vast majority of men were circumcised, but today a minority of infants are circumcised. Circumcision rates have been falling in the United States since the 1970s. In the 1980s, over 80% of newborn male infants were circumcised. By 2007, when the most recent data from the American Academcy of Pediatrics was released, less than 40% of newborn male infants were circumcised, meaning that of boys born today in the United States, more are uncircumcised and circumcised.
        Circumcision rates vary widely by region in the United States. In the Midwest and southeast, circumcision rates remain as high as 65%, while in the western united states, circumcision rates are generally well below 25%.

        http://wiki.answers.com/Q/How_many_men_are_circumcised

        3. A text without context maksudnya apa? Biin aja blog tentang nuh, nanti saya gugurkan di sana.

        4. Yaph, kebenaran sejati akan memerdekakan manusia, dan kebenaran itu sayangnya BUKAN di kristen. Saya cukup lama bergumul untuk menerima kenyataan ini dan akhirnya saya berpindah kepercayaan.

        Saya mengomentari sunat karena kebetulan aja waktu itu lagi nyari-nyari info tentang ini dan ketemu blog kamu.
        Kalau mau membicarakan nubuatan-nubutan yang salah, proses yesus ditentukan sebagai tuhan oleh gereja, kekejaman dan aturan absurd yahweh, kontradiksi alkitab, ayat-ayat yang bertentangan denga sains etc, saya lakukan ke orang yang saya kenal aja. Kecuali kalau kamu tertarik lebih lanjut mengetahui alasan saya gak di kristen, saya akan berikan beberapa pdf rujukan untuk kamu.

      • Blog kamu berubah formatnya?

        —————-
        Yupss suanas natal soale..

        Oke, saya fokus di masalah protrombin dahulu, yang paling mudah kamu defend.

        ——————
        Tidak juga.. saya bukan orang medis.. jadi tidak mudah buat saya.. saya hanya bisa mengquote pendapat pakar medis..🙂

        dewasa di umur di ATAS 6 bulan, dan tidak ada literatur medis yang ngomong sampai presisi hari.

        ————–
        Kan sudah saya kasih ada buku yang memberikan grafik secara presisi perkembangan prothombrin.. saya kira ini sudah dijawab.. jangan ditnya berulang2 lagi heheh

        Masalah lain dari segi kesehatan untuk sunat ini juga bukan cuma kematian, tapi infeksi penyakit di kemudian hari dan bentuk kulit yang berisiko

        Hmmm saya sedang garuk2 kepala ini.. tema kita adalah penyunatan bayi di usia ke8 dan pengaruhnya.. again mas.. di data anda sebelumnya which is very obvious dalam kurun waktu seratus lima puluh enam tahun hanya terjadi 2 kasus kematian… dan jika sunat membawa efek samping kematian terlepas rentang usiannya maka negara2 muslim akan kehabisan stock manusianya.. karena habis disunat mati kenyataannya negara majority muslim memiliki populasi terbanyak.. hehe dan sambil melihat punya saya sendiri karean usia 10 tahun saya disunat sampai hari ini masih sehat bugar juga hhehehe

        SATU kematian sebenarnya sudah cukup membuktikan dewa israel tidak maha tahu,

        ——————–
        saya garuk2 kepala lagi… faktor kematian bayi atau anak atau orang setelah sunat ada banyak.. dari masalah prosedur medis, higienitas, penyakit bawaan.. dsb.. apapun yang saya hendak katakan tidak akan ada artinya karena anda sudah kadung menutup hati untuk mencari kebenaran… Kamu menemukan apa yang kamu cari.. kamu mencari hal yang negative maka sepositive apapun itu maka ia akan tetap negative..

        Di Amerika banyak sunat ya?

        ———————–
        Mas saya bantu terjemahin yah bahasa inggrisnya..

        Some 80 percent of American men are circumcised, one of the highest rates in the developed world. – Hampir 80% laki-laki di Amerika disunat, salah satu peringkat tertinggi di negara maju..

        in the United States 25 years ago, the vast majority of men were circumcised, but today a minority of infants are circumcised. Circumcision rates have been falling in the United States since the 1970s. In the 1980s, over 80% of newborn male infants were circumcised. According to data released by the US Center for Disease Control and Prevention (CDC), only 32.5% of male infants born in the United States were circumcised. — In USA 25 thn lalu, mayoritas pria melakukan sunat, tetapi saat ini hanya sedikit bayi yang disunat. Prosentase sunat telah turun di USA sejak tahun 1970an, pada tahun 1980 lebih dari 80 % bayi disunat di USA. Menurut data CDC sekarang hanya 32.5 % bayi yang disunat..

        Yokk kembali ke statement anda sebelumnya ..

        Dan juga saya melihat di zaman sekarang, ga ada dokter yang mau sunat di hari ke-8. Itulah alasan-alasan kenapa saya komen di sini awalnya.

        Baca link yang anda kasih say kembali garuk2 kepala.. ada 80 % pria masih melakukan sunat.. memang rate sunat pada bayi menurun menjadi 0% alias tidak ada?????? NO- sorry fail dude.. ada 32.5% sunat per tahunnya..
        Yo matematik lagi.. menurut data CDC rata2 kelahiran ada 3,999,386 buletin aja 4000000 di USA.. makan 32.5% nya = 1.300.000 bayi yang disunat man.. itu bukan angka yang kecill man……

        Biin aja blog tentang nuh, nanti saya gugurkan di sana.

        ————
        Wow.. oke saya tidak ingin mencari siapa yang menjadi pemenang dalam ajang debat.. disini saya hanya ingin mempertanggungjawabkan iman saya dan mengabarkan injil.. yah mungkin anda bisa menggugurkan argumen2 saya.. dan itu wajar saja… tetapi tidak bisa menggugurkan apa yang aku alami akan Tuhan.. He loves you man.. You just need to let yourself to embrace His Love…..

        Yaph, kebenaran sejati akan memerdekakan manusia, dan kebenaran itu sayangnya BUKAN di kristen. Saya cukup lama bergumul untuk menerima kenyataan ini dan akhirnya saya berpindah kepercayaan.

        —————————-
        Well good.. selamat anda menemukan apa yang anda yakini sekarang.. maka jalanilah apa yang anda yakini sekarang dengan baik… apapun itu.. dan pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula.. pertobatan akan menghasilkan buah pertobatan… iman akan menghasilakan buah2 iman…

        Saya mengomentari sunat karena kebetulan aja waktu itu lagi nyari-nyari info tentang ini dan ketemu blog kamu.
        Kalau mau membicarakan nubuatan-nubutan yang salah, proses yesus ditentukan sebagai tuhan oleh gereja, kekejaman dan aturan absurd yahweh, kontradiksi alkitab, ayat-ayat yang bertentangan denga sains etc, saya lakukan ke orang yang saya kenal aja. Kecuali kalau kamu tertarik lebih lanjut mengetahui alasan saya gak di kristen, saya akan berikan beberapa pdf rujukan untuk kamu.

        ——————–
        Ahh itu panjang ceritanya kalo diskusi disini… hehe.. ada jutaan kali mas pdf, video, apapun itu yang menyerang kekristenan, saya sudah banyak baca bahkan menonton.. dan itu bukan barang baru bahkan dari sejak jemaat mula2 sudah banyak mas.. hehe tetapi injil akan melakukan pembelaan terhadap DiriNya sendiri kok.. hehe kalau saya cuman mau kasih rujukan coba bacalah alkitab lagi dengan hati yang mau terbuka.. He loves you man..

      • Owwh, iya, bentar lagi ya hari pagan ini…eh natal. Keep up a good job in your blog.

        _____________________________________________________________________________________________
        1. Supaya clear Ini copas dari link pertama saya. Dan di tulisan “see here” itu di situsnya dia merujuk ke pdf kedokteran tentang protrombin.

        ;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
        Which is more likely? That God magically transmitted the message that baby boys should not be circumcised before eight days. Or, that it was learned the hard way that whacking off the ends of the penises of boys younger than eight days causes them to bleed to death. Again there is nothing here that a TSIBAGH could not have discovered by trial and error. Nonetheless, it is sobering to contemplate how many babies they must have had to kill before the eight-day time limit finally dawned on them, assuming the claim is true?

        Furthermore, assuming the claim is true, what about the fact that the blood-clotting systems in different newborns would be expected to mature at different rates? What about those newborns whose clotting factors had not reached the proper concentrations by day eight? Presumably they were just another accepted casualty of the penis trimming business.

        More to the point, I can find NO SUPPORT for this eight-day optimal prothrombin level in the medical literature. This claim ONLY appears on some apologetic websites and appears to originate from an apologetic book written by one apologetic doctor. According to a reliable medical source (See here.), “The newborn coagulation system matures to adult concentrations and functions over 6 months…” and “prothrombin levels lag behind adult concentrations by 20% into childhood…” If prothrombin concentration is such a big deal, why not wait until these babies had reached adulthood at which time the clotting system would be fully mature and they would have the added benefit of deciding for themselves whether they wanted their penis carved or not?

        ;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;

        Ini alasan saya waktu itu claim bahwa protrombin tidaklah optimal di hari ke-8. Protrombin optimal di usia lebih dari 6 bulan. Yang grafik bilang protrombin optimal di hari ke -8 itu berasal dari salah satu dokter apologetik.

        _______________________________________________________________
        2. Saya sudah bilang satu kematian akibat pendarahan itu sudah cukup membuktikan bahwa darah bayi tidak semuanya bisa membeku pada hari ke-8. Selain itu, bukan cuma kematian yang saya soroti. Infeksi atau bentuk kulit yang tidak baik karena regenerasi sel belum optimal juga menjadi isu.

        Dan ini penting, ingat, 2 kematian itu adalah bila kita membandingkan bayi yang disunat di UMUR 8 HARI, bukan bayi sampai batas balita atau batita. Ada berapa sih kira-kira orang yang melakukan sunat bayi di UMUR 8 HARI?

        Kalau sunatnya sendiri saya TIDAK menentang.
        Sepanjang komen saya, saya hanya menentang sunat kepada bayi, apalagi usia 8 hari. Saya bertanya ke dokter juga mereka tidak mau sunat bayi di hari segitu.

        Dan saya cek juga memang sekarang sunat bayi (balita dan batita) sudah makin jarang dilakukan. Di Amerika ada dropnya persentase sunat bayi sampai ke titik 30an persen. Alasan mereka adalah bahwa sunat ini adalah prosedur brutal kepada bayi yang belum bisa memilih. Dan alasan kesehatan seperti yang saya paparkan di atas.

        Jadi kalau di Amerika persentase sunatnya ada berapa?
        Saya ketik “how many percentage american get circumcised”, tapi banyak bertebaran data yang simpang siur, jadi saya ambil yang itu saja, yaitu 80%. Lalu saya ambil lagi dar sumber lain tentang persentase bayi disunat di Amerika, yang menjadi isu utama saya.
        Maaf jadi mungkin saya salah masukin data jadinya. Jadi kalau berbicara angka, sekarang ini ada 1 jutaan bayi yang disunat ya di Amerika.
        Dan bayi itu ukuran umurnya balita dan batita, dan bukan 8 hari.
        _______________________________________________________________

        3. Kalau Teori Penciptaan dan Nabi Nuh sih iya kamu sadar sendiri saja.
        Kedua cerita itu sih saya menganggapnya metafora.

        _______________________________________________________________
        4. Kalau kita ngomong tuhan cinta kita, sepertinya kita membohongi diri sendiri tanpa disadari. Contoh, ketika kita sakit, kita berdoa tapi tidak sembuh pendeta bilangnya tuhan ada maksud yang terbaik. Pun misalnya nanti kita sembuh, saya yakin juga si pendeta ngomong hal yang sama, bahwa itu mukjizat tuhan. Jadi, tuhan gak pernah salah apapun hasilnya.
        Tuhan mengasihi hanya perasaan yang INGIN kita percayai saja.

        Lagian juga buktinya di sepanjang Perjanjian Lama, bukti “kasih” tuhan adalah membunuh 2 juta orang dengan alasan-alasan seperti mencari kayu bakar di hari sabat, atau menumpas bangsa kanaan yang tinggal di negeri mereka, atau juga korban bakaran manusia yaitu anaknya Yefta sebagai nazar. Saya membaca itu jadi mempertanyakan apa benar tuhan maha kasih dan maha bijak seperti itu.

        Saya bukannya menyerang Yahweh, coba kamu baca sendiri Perjanjian Lama, atau baca Kitab Keluaran secara lengkap. Justru karena baca Alkitab dengan benar dan hati terbuka, maka orang itu bisa berubah kepercayaan dan bukan sebaliknya.
        _______________________________________________________________
        5. Pdf yang saya maksud itu Beyond Belief karya Silva. Ini salah satu pdf terbaik yang menyerang fundamental Kristen secara lugas. Di sana juga terdapat rujukan ke pdf tentang evolusi Yesus ditetapkan sebagai tuhan oleh gereja. Saya berharap kamu bisa baca Littleflock, Baca sampai tuntas, jangan setengah-setengah karena saya ingin kamu melihat Kristen dari sudut pandang non-apologetika. Saya jamin pdf ini worthed waktu kamu kok.

      • Hmmm saya mau tanya jika memang anda latar belakang kristen.. anda dahulu dari kristen mana? dan sekarang beralih keyakinan kemana??..

        ———————–
        1. Oke.. link yang saya kasih anda bilang dokter apologet.. sedangkan link yang anda kasih adalah link yang jelas2 menentang alkitab.. judulnya saja sudah “bible debunk” — haha gosh.. its not fare dude…
        Simple aja dijawab yah:
        Dan u bisa tanya kedokter deh.. minimal usia bayi bisa dioperasi pada usia berapa??
        Berapa kasus terjadi kematian akibat sunat bayi pada harik8? jika memang itu berbahaya
        Jika itu berbahaya maka hari ini kita tidak akan menemukan lagi orang Yahudi karena semua mati diusia muda.. hehe dan sampai hari ini orang Yahudi masih eksis dan memelihara tradisi itu..

        2. .. ahh anda ini muter2
        Man.. dalam kurun waktu 156 tahun hanya ada 2 kasus kematian sunat bayi pada hari ke8.. topik kita sunat bayi hari ke8.. jangan kesana kemari deh.. sampai detik ini anda tidak bisa menunjukan fakta medis dan statistik mengenai efek samping sunat bayi hari ke-8.

        Saya ketik “how many percentage american get circumcised”, tapi banyak bertebaran data yang simpang siur, jadi saya ambil yang itu saja, yaitu 80%. Lalu saya ambil lagi dar sumber lain tentang persentase bayi disunat di Amerika, yang menjadi isu utama saya.
        Maaf jadi mungkin saya salah masukin data jadinya. Jadi kalau berbicara angka, sekarang ini ada 1 jutaan bayi yang disunat ya di Amerika.

        See.. haha link yang bener itu adalah link yang sesuai pendapat anda.. jadi kalo tidak sesuai dengan argumen anda.. anda akan bilang itu link apologetm link yang salah.. People believe what they want to believe.. for me thats obvious..

        Kalau Teori Penciptaan dan Nabi Nuh sih iya kamu sadar sendiri saja.

        Maaf kalau saya bisa berpendapat.. ini ciri2 orang bertaqiya. karena umumnya diksusi yang tidak fokus. kesana kemari.. dari awal saya tidak membahas tentang nuh.. disini topik nya sunat… ketika saya beri jawaban.. anda muncul dengan pertanyaan baru yang berbeda dan menyimpang dengan topik.. Iam sorry this is OOT = Out Of Topic

        Lagian juga buktinya di sepanjang Perjanjian Lama, bukti “kasih” tuhan adalah membunuh 2 juta orang dengan alasan-alasan seperti mencari kayu bakar di hari sabat,

        Sekali lagi ini ciri2 bertaqqiya.. karena jika memang anda latar belakang kristen.. anda tidak akan menemukan ayat dimana Tuhan membunuh 2 juta orang karena mencari kayu bakar.. ini tuduhan yang tidak berdasar biblika ..

        Dan masalah Yefta.. Yefta tidak membakar dan menyembelih anaknya. hehe see anda kembali lagi mengalihkan topik hehe.. makanya seperti yang saya bilang A TEXT WITHOUT CONTEXT ID A PRE_TEXT TO PROOF THE TEXT

        ————
        Seperti saya bilang saya memulai mengimani Yesus bukan karena saya memulai dari sisi apolgetik.. malahan saya adalah orang yang membenciNya… Saya sudah cukup membaca buku dan video orang2 yang menyerang iman kekristenan.. baik itu dr luar kristen maun dr dalam kekristenan sendiri… sekarang yang saya mau baca ialah kebenaran.. dan kebenaran itu ialah Firman Tuhan..

  5. Saya dulu Kristen Methodist. Karena Internet, saya membanding-bandingkan beberapa agama besar di Indonesia dan dunia. Kalau kamu mengecek buku yang saya sarankan, kamu akan tahu apa kepercayaan saya. Saya berharap kamu mau membacanya karena saya merasa sudah cukup orang-orang kristen di brainwash oleh penguasa. Dan saya ingin kamu mengerti saja. Bila setelah membaca itu kamu masih memegang kristen, yasudah tidak apa-apa.

    Saya terpaksa terus membalas komen sebab ini sudah bukan soal sunat saja. Di apologetika ada puluhan nubuatan yang salah atau yang dicocok-cocokan dan puluhan data sains yang tidak valid namun dicocoklogi supaya terkesan
    alkitab itu divinely inspired.

    Data yang dipilih oleh kalangan penguasa gereja selalu yang half-truth saja dan dicherry-pick untuk membenarkan kristen. Para domba yang tidak awas akan selamanya tertidur dengan data-data palsu yang disuapi ke mulut mereka. Saya sudah pernah menjadi domba itu.

    _____________________
    Sunat hari ke-8 saja sedikit sekali yang melakukan, gimana bisa ada data kematian yang banyak. Dan ini daftar kematian yang terecord, yang tidak terecord kita tidak tahu.Yang infeksi atau bentuk kulitnya tidak baik juga tidak dibicarakan. 2 kematian itu sebabnya karena ada bayi yang tidak membeku darahnya.

    Link medis yang saya kasih bilang optimal setelah bulan ke-6, bukan hari ke-8.
    Dan kasus kematian memang hanya dua yang terecord tapi inti permasalahan di sini adalah kenapa hari ke-8 yang dipilih dan bukan setelah protrombin mencapai kadar dewasa saja sekalian di suia di atas 6 bulan. Dr zakir bilang kalau hari ke-8 hari terbaik untuk sunat karena protrombin sudah optimal, padahal kenyataannya bukan.

    Dan kamu coba tanya dokter apakah ada yang melakukan sunat di hari ke-8 sekarang. Bukan bayi ya, ini harus sunat hari ke-8. Juga google coba kapan hari terbaik sunat. Kalau Yahudi ultra-orthodoks iya sekarang masih melakukan sunat hari ke-8 itu, saya sudah cek.

    • Kalau kamu mengecek buku yang saya sarankan, kamu akan tahu apa kepercayaan saya.

      ————–
      Dan hanya karena satu buku ini anda meninggalkan Kristus..

      Saya berharap kamu mau membacanya karena saya merasa sudah cukup orang-orang kristen di brainwash oleh penguasa.

      —————-
      Apa yang anda ucapkan ibarat pedang bermata dua.. apakah anda yakin orang kristen yang di brainwash atau malahan andalah yang telah di brainwash oleh buku yang anda baca.. hehe
      Sampai hari ini saya tidak merasa di brainwash oleh “penguasa” – entah siapa yang anda maksudkan.. karena kalau penguasa itu yang anda maksud pemerintah.. di negeri ini jadi orang kristen ga gampang.. dimana2 gereja dibakar dan di tutup.. dan tidak gampang untuk menyatakan iman..

      Saya terpaksa terus membalas komen sebab ini sudah bukan soal sunat saja. Di apologetika ada puluhan nubuatan yang salah atau yang dicocok-cocokan dan puluhan data sains yang tidak valid namun dicocoklogi supaya terkesan
      alkitab itu divinely inspired.

      —————–
      Catatan ini saya buat untuk menjawab tuduhan Dr. Zakir Naik salah satu pakar kristologi islam yang getol menyerang iman kristiani… dan ini mengenai sunat.. dari awal saya mencoba terus stick in this point yaitu sunat.. but anda tetap mencoba mengalihkan topik kita.. dan dari awal saya tulis ini, tidak ada cocoklogi.. semua dengan data.. bahkan dengan data yang anda sajikan sendiri..

      Sunat hari ke-8 saja sedikit sekali yang melakukan, gimana bisa ada data kematian yang banyak. Dan ini daftar kematian yang terecord, yang tidak terecord kita tidak tahu

      Sedikit itu berapa 1-2 orang..????? hehe orang Yahudi masih memelihara tradisi ini, di USA, di Israel dan di berbaiagi tempat.. dan memang oarang Yahudi dibandingkan 7 miliar manusia ya ga seberapa.. tapi itu berapa juta penduduk man.. hehe

      dan kata2 yang saya bold.. semakin mempertegas.. bahwa data yang paling valid dan sahih kalau data itu mendukung pendapat itu.. kalau sudah tidak mendukung pendpaat anda maka pendapat itu adalah pendapat kaum apologet, dombers, penguasa dsb.. again people believe what they want to believe..

      Dan kasus kematian memang hanya dua yang terecord tapi inti permasalahan di sini adalah kenapa hari ke-8 yang dipilih dan bukan setelah protrombin mencapai kadar dewasa saja sekalian di suia di atas 6 bulan. Dr zakir bilang kalau hari ke-8 hari terbaik untuk sunat karena protrombin sudah optimal, padahal kenyataannya bukan.

      Kan sudah saya jelaskan kenapa. dan tidak ada data yang menunjukan efek samping terhadap sunat pada hari ke8.. dan apa yang saya bold.. mempertegas anda tidak membaca isi note saya.. Dr. Zakir Naik tidak pernah mengeluarkan statement begitu.. beliau adalah pendebat islam dari pakistan.. hehe makanya a text without context is a pre text to proof the text

      Dan kamu coba tanya dokter apakah ada yang melakukan sunat di hari ke-8 sekarang. Bukan bayi ya, ini harus sunat hari ke-8. Juga google coba kapan hari terbaik sunat. Kalau Yahudi ultra-orthodoks iya sekarang masih melakukan sunat hari ke-8 itu, saya sudah cek.

      ———
      Apa yang saya bold adalah jawaban anda sendiri atas pertanyaan pertama anda sendiri,

      Dan juga saya melihat di zaman sekarang, ga ada dokter yang mau sunat di hari ke-8. Itulah alasan-alasan kenapa saya komen di sini awalnya.

      Jadi jawab sendiri, zaman sekarang ada tidak yang mempraktekan sunat bayi pada hari ke-8??

  6. Saya sudah banyak baca buku kristen dan atheist dan kepercayaan lain. Jadi bukan satu dua buku saja. Beyond Belief karya Silva itu salah satu buku terbaik saja yang menceritakan tentang kristen. Baca saja, saya tidak pernah asal merujuk sesuatu bila tidak benar-benar bagus.

    Dr zakir naik ini islam kan? Di ajarannya juga ada sunat hari ke-8. Taqiya sama apologetika sebelas dua belas. Saya jadi curiga ada motif lain dia.
    Zaman sekarang ada yang sunat hari ke-8 yaitu yahudi ultra-orthodoks.
    ————————–

    Yang nabi nuh itu bukan mengalihkan topik, saya cuma nyerempet saja kok. Kalau kamu ada postingan tentang nabi nuh terus kamu bilang banjir global pernah terjadi, baru saya komen di sana.

    _________________

    Dua juta orang itu total orang yang ditumpas yahweh, mulai dari anak sulung mesir, bangsa kanaan, sodom dan gomora, bangsa ethiopia, etc. Sedangkan di Kitab Bilangan 15:32-36 memang ada cerita orang yang mencari kayu dlontari dengan batu atas perintah Yahweh.

    _________________
    Yefta tidak membakar dan menyembelih anaknya?? Saya sudah cek di bahasa asli Ibrani: kata ‘olah’ di bahsa ibrani itu artinya burnt-offering. Tulisan ini juga muncul ketika Abraham ingin mempersembahkan anaknya, Ishak. Bedanya anak abraham dicegah oleh tuhan untuk tidak dibunuh, tapi anak yefta tidak.

    • Sunat ini permasalahannya adalah bahwa apakah protrombin optimal di hari ke-8. Itu saja. Kenyataannya, data itu cuma muncul dari satu dokter apologetika. Protorombin tidak optimal di hari ke-8, tapi di atas bulan ke-6.

      Kalau saya melebar sampai ke jumlah kematian itu cuma saya mau kasih bukti saja. Dan maaf juga kalau melebar ke topik lain, soalnya terlalu mudah mencari kesalahan di alkitab, sehingga kadang yang terlintas di kepala saya masukan saja.

    • See anda mengalihkan topik lagi.. jawab dulu lah pertanyaan saya yang sederhana sebelumnya..? hehe

      Silahkan tanya ke ulama islam.. apa ada didalam syariah aturan menyunat di hari ke-8? hanya ada di alkitab.. :0

      Dari Nuh sekarang ke Yefta lagi.. hehe saya sih bisa2 saja menjawabnya.. but sorry its OOT – Out Of Topics..

      —————
      Ohh ya satu lagi saya lupa koreksi

      Dua juta orang itu total orang yang ditumpas yahweh, mulai dari anak sulung mesir, bangsa kanaan, sodom dan gomora, bangsa ethiopia, etc. Sedangkan di Kitab Bilangan 15:32-36 memang ada cerita orang yang mencari kayu dlontari dengan batu atas perintah Yahweh.

      Statement anda sebelumnya:

      Lagian juga buktinya di sepanjang Perjanjian Lama, bukti “kasih” tuhan adalah membunuh 2 juta orang dengan alasan-alasan seperti mencari kayu bakar di hari sabat

      Ahh tuduhan anda muter2.. sebelumnya bilang 2 juta orang dibunuh karena mencari kayu bakar.. hehe Saya tidak akan bahas cerita di Bilangan 15 disini.. karena OOT..

  7. Well then mas Endy Mulio.. dengan begitu this topic saya closed.. karena menurut saya semua sudah terjawab.. dan anda tidak bisa menyajikan bukti ataupun fakta mengenai tuduhan sodara… Tuhan Yesus memberkati..🙂

  8. Emulio kok norak banget ya ?
    Justru kutipan-kutipan dia malah membuktikan klo Emulio itu keliru.
    Dari info yg saya dapat, sunat 8 hari masih dilakukan oleh JUTAAN orang Yahudi sampai saat ini.
    Menurut tradisi Islam, nabi Muhammad sendiri menyunat cucunya saat cucunya umur 8 hari.

  9. mengapa perjanjian sunat abraham-ismail dengan Allah tercipta?
    Hal ini seolah-olah ciptaan Allah itu tidak sempurna, namun alasan logis lain adalah : karena semenjak adam diciptakan dan keturunannya terjadi banyak hal2 yang tidak diinginkan terutama penyakit, karena itu perjanjian sunat diadakan sebagai upaya Allah untuk menghindari agar ciptaannya aman dari segala macam penyakit, atau memang zda tujuan lain karena ismail dan turunannya terkenal suka banyak istri?

    • Perjanjian sunat hanya dikhususkan bagi Abraham dan keturunannya, memang bisa jadi itu memiliki dampak kesehatan.. tetapi sunat bukanlah sesuatu yang menjadi “syariah” atau kewajiban orang percaya yang diaman tanpa sunat tidak ada keselamatan.. ini yang hendak ditegaskan alkitab… alkitab tidak melarang orang bersunat.. dan sebenarnya pun tanpa disunat orang masih bisa menjaga kesehatannya asalkan memang rajin membersihkan bagian pribadinya.. kalau bersunat memang kepala penis akan selalu berada dalam keadaan terbuka dan gampang untuk dibersihkan..

  10. Copy paste dari admin:
    Lalu apakah boleh orang kristen bersunat??
    Ya boleh banget.. tetapi tidak lagi didasari karena “agama” tetapi karena kesehatan.

    Pertanyaan saya: Bagaimana dengan ayat di dalam 3 Yohanes 1:2, yang bunyinya, ” Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.”
    Bagaimana menurut admin, apakah sunat tidak lagi didasari karena perintah agama?
    Terima kasih.

    • Sunat bukan lagi suatu “syariah” – hukum yang mengikat, bukan pula yang menentukan keselamatan jiwa. Tanpa sunatpun orang masih bisa menjaga kesehatan alat vitalnya asalkan org tersebut rajin membersihkan kulupnya.. Perjanjian Allah dan manusia bukan lagi melalui hal lahiriah fisik.. Tetapi penumpahan darah Kristus dan dari fihak manusia bukan lagi sunat fisik tetapi sunat hati..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s