Satanic Church / Gereja Setan

Ketika mendengar kata setan tentunya semua orang baik dari latar belakang agama dan budaya yang berbeda akan berfikir sebagai suatu yang bersifat jahat, menakutkan.. dan jelas bukan untuk disembah.. menarik ketika mendengar ada kelompok pemuja Setan atau dikenal sebagai gereka setan .. Mungkin tidak asing bagi kita jika orang meminta pertolongan kepada jin, roh2 halus tetapi tidak menyembahnya sebagai tuhan.. apa sebenarnya gereja Setan?? dan apakah ada gerakan tersebut di Indonesia? dan bagaiamana reaksi kita??

Gerakan gereja setan tentunya tidak bisa kita lepaskan dari sejarah kebudayaan pagan jaman dulu.. Satanisme adalah bentuk neopaganisme yang lebih kental dipengaruhi kepercayaan Wicca dan Gnostik. Gereja setan pertama kali didirikan pada tahun 1966 oleh Anton Zandor Lavey tetapi pada tahun 1948 ada suatu kelompok yg bernama Ophite Cultus Satanas didirikan di Ohio oleh Herbert Arthur Sloane, mereka menyembah Setan dalam bentuk “kambing bertanduk” dan Ophite sebagai mesias (Ophite dari bahasa Yunani artinya ular, Ular yang dimaksud adalah ular dalam kitab kejadian yang menggoda Adam dan Hawa. Ulara ini adalah perlambangan Gnosis atau spiritual enlightenment.

Wicca adalah bentuk baru dari sihir, gerekan ini berkembang di Inggris pada pertengahan abad ke20. Wicca adalah bentuk duotesime menyembah duah tuhan, satu dewi (Triple godess) dan datu dewa (kambing bertanduk). Menurut saya ini mungkin penagruh dari kebudayaan di timur tenagh, dimana pada jaman pra-islam orang mengenal allah memiliki tiga putri yaitu dewi bulan (Al’latta, Al Uzza, dan Manat) dengan dewa yang dilambangkan sebagai kambing bertanduk ini juga kepercayaan tentang jin.

Jin berasal dari kata ( שעיר – SA’IYR, Ibrani), artinya ‘yang berbulu’, ‘kambing jantan’. Bentuk jamak ibrani ” שעירים – SE’IRIM” seperti diterjemahkan dalam ayat-ayat berikut :

* Imamat 17:7LAI TB, Janganlah mereka mempersembahkan lagi korban mereka kepada jin-jin, sebab menyembah jin-jin itu adalah zinah. Itulah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi mereka turun-temurun.

וְ

לֹא־יִזְבְּחוּ עֹוד אֶת־זִבְחֵיהֶם לַשְּׂעִירִם אֲשֶׁר הֵם זֹנִים אַחֲרֵיהֶם חֻקַּת עֹולָם תִּֽהְיֶה־זֹּאת לָהֶם לְדֹרֹתָֽם׃Translit, VELO-YIZBEKHU OD ET-ZIVKHEIHEM LASIRIM ASYER HEM ZONIM AKHAREIHEM KHUKAT OLAM TIHYE-ZOT LAHEM LEDOROTAM

Berbeda dengan kepercayaan lain, Yudaisme/Kekristenan tidak mempunyai kepercayaan adanya Jin Mukmin dan ada Jin Kafir. ” שעירים – SE’IRIM” dalam kepercayaan semitis-kuno adalah dewa-dewa yang mempunyai rupa kambing-jantan. Korban-korban dipersembahkan bagi mereka di tempat-tempat yang tinggi, di gunung2/bukit2, dengan imam-imam yang khusus melayani upacara keagamaan itu (2 Tawarikh 11:15).

SATYR, menurut kamus :

From THE DEVIL’S DICTIONARY ((C)1911 Released April 15 1993) :

SATYR, n. One of the few characters of the Grecian mythology accorded recognition in the Hebrew. (Leviticus, xvii, 7.) The satyr was at first a member of the dissolute community acknowledging a loose allegiance with Dionysius, but underwent many transformations and improvements. Not infrequently he is confounded with the faun, a later and decenter creation of the Romans, who was less like a man and more like a goat.

Dari Kambing ke Setan adalah perubahan yang mudah terjadi dalam kepercayaan semitis. Jin-Jin ( ” שעירים – SE’IRIM” ), rupanya makhluk demonik, yang melompat-lompat diatas reruntuhan Babel :

* Yesaya 13:21 LAI TB, tetapi yang akan berbaring di sana ialah binatang gurun, dan rumah-rumah mereka akan penuh dengan burung hantu; burung-burung unta akan diam di sana, dan jin-jin akan melompat-lompat;KJV, But wild beasts of the desert shall lie there; and their houses shall be full of doleful creatures; and owls shall dwell there, and satyrs shall dance thereNASB, But desert creatures will lie down there, And their houses will be full of owls; Ostriches also will live there, and shaggy goats will frolic there.Hebrew, וְרָבְצוּ־שָׁם צִיִּים וּמָלְאוּ בָתֵּיהֶם אֹחִים וְשָׁכְנוּ שָׁם בְּנֹות יַֽעֲנָה וּשְׂעִירִים יְרַקְּדוּ־שָֽׁם׃Translit, VERAVTSU-SYAM TSIYIM UMALU VATEIHEM OKHIM VESHAKHNU SYAM BENOT YA’ANAH USE’IRIM YERAKDU-SYAM

Dan digambarkan juga dalam lukisan penghancuran Edom, dimana jin-jin itu juga disebut

* Yesaya 34:14LAI TB, Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian.KJV, The wild beasts of the desert shall also meet with the wild beasts of the island, and the satyr shall cry to his fellow; the screech owl also shall rest there, and find for herself a place of rest.NASB, The desert creatures will meet with the wolves, The hairy goat also will cry to its kind; Yes, the night monster will settle there And will find herself a resting place. Hebrew, וּפָגְשׁוּ צִיִּים אֶת־אִיִּים וְשָׂעִיר עַל־רֵעֵהוּ יִקְרָא אַךְ־שָׁם הִרְגִּיעָה לִּילִית וּמָצְאָה לָהּ מָנֹֽוחַ׃Translit, UFAGSYU TSIYIM ET-IYIM VESA’IR AL-REEHU YIKRA AKH-SYAM HIRGIA LILIT UMATSAH LA MANO’AKH

Satanisme ada dua jenis:

1. Theistic Satanisme: Menyembah setan sebagai tuhan

2. Atheistic satanisme: mengaku sebagai atheists, agnostics, or apatheists dah menganggap setan dalah sifat alamiah manusia.

THEISTIC SATANISME

Ada tiga aliran :

1. Luciferanisme, menyembah lucifer sebagai tuhan (ttg lucifer juga tidak aku bahas karena tidak semua penafsir alkitab setuju ttg malaikat jatuh bernama Lucifer)

2. Palladianis ini berhubungan dengan freemason tapi aku tidak bahas disini

3. Ophite Cultus Satanas (sudah dibhas diatas)

ATHEISTIC SATANISME

1. Laveyan Satanisme

2. Simbolic Satanisme : mempraktekan filospi satanisme dan ritual2nya namun tidak menyembah setan sebagai tuhan

3. Pseudo satanisme: ini cuman ikut2an pake lambang2 setan, cumanbuat jadi trend

Anton Zandor Lavey

(April 11, 1930 – October 29, 1997) nama aslinya Howard Stanton Levey. Menarik dari Lavey adalah sebelum dia menjadi seorang Imam tertinggi dalam gerej setan. Lavey adalah seorang pemusik dan pemain organ di gereja, memang ia sudah memiliki bakat dlam kegiatan paranormal. kemudian ia mendirikan order of trapezoid atau “Magic Circle” yang kemudian menjadi cikal bakal pendirian gereja setan anggota awalnya “The Baroness” Carin de Plessen, Dr. Cecil Nixon, Kenneth Anger, City Assessor Russell Wolden, Donald Werby, and Michael Harner. Other LaVey associates from this time period include noted Science Fiction and Horror writers Anthony Boucher, August Derleth, Robert Barbour Johnson, Reginald Bretnor, Emil Petaja, Stuart Palmer, Clark Ashton Smith, Forrest J. Ackerman, and Fritz Leiber Jr.

Pada tahun pertama pembentukannya, Anton LaVey dan Gereja Setan mendapatkan perhatian media yang besar dengan secara publik melakukan upacara pernikahan Setan antara Judith Case dengan wartawan radikal John Raymond. Upacara pernikahan ini difoto oleh Joe Rosenthal, yang terkenal oleh fotonya Raising the Flag on Iwo Jima selama Perang Dunia II. Acara lainnya yang juga menarik perhatian adalah upacara pemakaman anggota Gereja Setan, Edward Olson yang juga merupakan perwira Angkatan Laut oleh permintaan istrinya.

Pada tahun 1980-an dan 1990-an, Gereja Setan dan para anggotanya sangat aktif dalam memproduksi film-film, musik, dan majalah-majalah yang berhubungan dengan Setanisme.

Setelah kematian Anton Szandor LaVey, posisinya sebagai kepala Gereja Setan diteruskan oleh istrinya, Blanche Barton. Barton tetap terlibat dalam aktivitas Gereja ini; namun pada tahun 2001 ia menyerahkan posisinya kepada Peter H. Gilmore dan Peggy Nadramia. Kantor pusat Gereja Setan juga dipindahkan dari San Fransisco ke New York City. Gereja Setan tidak mengakui organisasi-organisasi lainnya sebagai pemegang sah setanisme, namun mengakui bahwa seseorang tidaklah harus menjadi anggota Gereja Setan untuk menjadi seorang Satanis.

Pada Oktober 2004, Angkatan Laut Britania Raya secara resmi mengakui pendaftaran anggota angkatannya sebagai seorang Satanis.

RITUAL

Semua bentuk ritual didalam satanisme termuat dalam satanic bible yang ditulis lavey pada tahun 1969. Satanic bible terdiri dari:

1. Pembukaan

2. Kitab setan: Mengenalkan tentang setan

3. Kitab Lucifer : Berisi dogma2 gereja setan

4. Kitab Belial: Berisi tentang praktek2 sihir dan ritual2

5. Kitab Lewiatan; berisi mantra2

6. Yankee rose

Ritual yang paling dikenal ialah “Misa hitam”

Note: Kesaksian ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, tetapi dari viedo yang sudah kutonton ritual pujian dan pembacaannya ada.. ibdahnya lebih seperyi misa dalam katholik hanya banyak pemutar balikan dan tentunya penyembahan dan pujiannya diberikan untuk setan.

Seorang mantan jemaat GS bersaksi dan bercerita bagaimana proses kegiatan dan penyembahan mereka.

Praise & Worship : tapi lagu2nya yang lagi disenengin anak muda, dan biasanya yang beraliran heavy metal/rock, termasuk juga lagunya Santana (Maria), Janet & Michael Jackson (scream), John Lennon (Imagine) atau lagunya Bon Jovi, terus Black Sabbath, dan aliran heavy metal lainnya.

Pembacaan firman : bukan pake bible yang biasa tetapi Satanic Bible

Perjamuan kudus : mereka makan organ tubuh bayi (hasil aborsi) dan minum darah bayi

perjamuan kasih : mereka boleh melakukan seks bebas dengan orang-orang yang hadir di situ, dan juga narkoba dibagikan secara free.

Keanggotaan based on Websitenya gereja setan

Gereja Setan memiliki dua jenis anggota: Terdaftar Anggota dan Anggota Aktif. Anggota Terdaftar hanyalah orang-orang yang telah dilantik sebagai anggota Gereja, dan tidak ada persyaratan khususi. Untuk menjadi dianggap Anggota Aktif, seseorang harus terlibat dengan Gereja dan anggota lokal. Keanggotaan aktif dibagi menjadi lima Derajat:

Anggota aktif mulai di Gelar Pertama. untuk mendapatkan keanggotaan Aktif,org tsb hrs menjawab serangkaian pertanyaan panjang. Seseorang tidak dapat mengajukan Derajat lebih tinggi, dan persyaratan untuk setiap derajat tidak terbuka untuk umum. Promosi ke tingkat yang lebih tinggi berdasarkan invitation. Anggota Ketiga melalui derajat Kelima merupakan Imamat dan mungkin ditujukan sebagai “Pendeta.” Anggota derajat Kelima mungkin juga dikenal sebagai “Doktor”, meskipun “The Doctor” biasanya mengacu pada LaVey.

Individu mencari keanggotaan harus didefinisikan secara hukum sebagai orang dewasa di negara mereka tinggal. Pengecualian hanya dibuat adalah untuk anak-anak anggota yang menunjukkan pemahaman filosofi Gereja dan praktek yang ingin bergabung. Partisipasi mereka dibatasi sampai mereka mencapai dewasa hukum.

Gereja Setan tidak meminta keanggotaan. Mereka yang ingin afiliasi dapat menjadi Anggota Terdaftar biaya pendaftaran satu kali dua ratus dolar ($ 200) dalam mata uang Amerika Serikat. Afiliasi menerima kartu merah menyatakan mereka sebagai anggota Gereja Setan

Keanggotaan dapat diakhiri pada kebijaksanaan tubuh penguasa Gereja Setan yang terdiri dari Imam Tinggi, Pendeta Tinggi dan Dewan Sembilan. Setelah pengakhiran, penerbitan pengembalian dana akhirnya diserahkan kepada putusan Imam Besar, meskipun pada umumnya 50% dikembalikan ke anggota cast-out (50% sisanya digunakan untuk menutupi pengeluaran yang berkuasa).

Hari raya utama gereja setan ada 2:

1. Hallowen Setiap tanggal 31 Oktober, mereka merayakan hari raya. Pada hari itu mereka akan melakukan perayaan dengan berkumpul memakai topeng/kostum yang menyeramkan (tidak beda dengan yang dilakukan orang luar pada halloween). Mereka akan berkumpul di GS, bernyanyi dan menari-nari. Pada puncak acara mereka akan melakukan pelampiasan kepada Yesus Kristus dalam wujud gambarNya, yang diinjak2, sementara di bagian atas ruangan digantung simbol salib patah (broken cross).

2. Walpurgisnacht” Hari berdirinya gereja setan

Ritual2 lain:

Solstice

Hari raya ini mereka rayakan di bulan Desember seminggu sebelum Natal. Mereka menargetkan, sehari sebelum umat Kristiani merayakan Natal. Maka pada tanggal 24 Desember malamnya, lucifer akan meminta korban. Sehingga dengan begitu, umat Kristiani akan mengalami hari duka.

Equinox

Hari raya ini mereka rayakan setiap tanggal 13 Maret. Hari raya ini khusus diikuti oleh hanya 13 wanita dalam kelompok yang dinamakan Sisters of the Light, salah satu kelompok jabatan dalam struktur organisasi gereja setan. Sepertinya sisters of light adalah sekumpulan perempuan yang sudah menjadi istri lucifer.

GEREJA SETAN DI INDONESIA

Gereja setan (GS) diperkirakan masuk di Indonesia pada tahun 1990an dan mulai terdengar di masyarakat pada tahun 1995an. Menurut pengakuan orang2 yang pernah ikut dan sudah terlepas dari ikatan GS ini, jemaat GS di Indonesia sudah mencapai ribuan orang dan bertempat di kota-kota besar seperti Jakarta, Manado, Semarang, dll.

udahbanyak gereja setan di dunia .nah bebeityirapa ada di indonesia (13) :1 . SC (satan curch) Jakarta (ada 6) .2 . SC Manado (3)3 . SC Pontianak4 . SC Medan5 . SC Jogjakarta (2) Note: Ini menurt sumber yg tidak bisa dikonfirmasi kebenarannya

Tapi pengalaman pribadi saya ketika kuliah di jogja sekali saya bertemu dan berhadapan dengan seorang anggota gereja setan yang diutus ke kampus2..

Lalu bagaimana reksi kita?? tolong dicomment.. huhu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s