Akhir Zaman– Dooms Day

Melihat akhir2 ini eskalasi bencana alam yang meningkat dan juga semakin marak tanda-tanda peperangan, membuat kita bertanya apakah ini tanda bahwa kita sedang berada di penghujung zaman??? Bagaimana kita memandang akhir zaman sebagai org percaya??Beberapa theolog meyakini dunia ini terbagi atas 3 zaman, yaitu:

1. Zaman Adonai YHWH

2. Zaman Yeshua Ho’Masiach

3. Zaman Ruach ha’Qodesh

Zaman Adonai YHWH berlangsung dari semenjak Adam sampai Yeshua Ho’Masiach dating kedunia. Zaman Yesua Ho’Masiach berakhir sampai Ia naik Kesorga, nah setelah Yeshua naik kesorga sampai hr ini kita berada di zaman Ruach h’Qodesh atau zaman anugerah. Zaman anugerah ini kita beroleh pengampuan secara Cuma-Cuma oleh Korban Kristus dan kita memiliki direct access kepada Adonai. Tidak seperti pada zaman yg pertama diman tidak sembarangan orang dapat berjumpa dengan Adonai bahkan hanya Imam Besar yg boleh masuk ke Ruang Maha Kudus Kenisha. Ada beberap pendapat tentang akhir zaman. Namun saya membedakan terminology “Akhir zaman” dan “Kiamat”. Yang sedang akan kita hadapi setelah masa anugerah ialah akhir zaman. Dimana berkahirnya masa anugerah itu. Mengingat sifat Adonai yang panjang sabar, maka dari pada itu kesabaran Adonai akan berakhir. Disinilah akhir dari anugerah itu atau akhir zaman. Sedangkan kimat ialah kesudahan bumi dan segala isinya.Alkitab sudah memberikan petunjuk tentang tanda-tanda akhir zaman. Tanda-tanda ini diberikan bukan untuk membuat kita paranoid atau takut tetapi membuat kita cerdas dan mawas diri membaca zaman. Walaupun tanda-tanda ini memang harus terjadi tetapi ini tidak boleh menghentikan semangat kita untuk menciptakan dunia yang penuh kedamaian.

Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?

1. Ini merupakan keyakinan secara universal

YUDAISME

Talmud, dalam risalat Avodah Zarah, menyatakan bahwa dunia ini seperti yang kita kenal hanya akan ada selama enam ribu tahun Menurut tradisi Yahudi, mereka yang hidup pada akhir zaman akan menyaksikan: Dikumpulkannya orang-orang Yahudi di pembuangan ke Israel yang ada secara geografis,

Dikalahkannya semua musuh Israel

Pembangunan (atau penempatan oleh Allah) kenisah di Yerusalem dan dipulihkannya kembali persembahan kurban dan ibadah di Kenisah,

Kebangkitan orang mati (techiat hameitim), atau Kebangkitan,

Pada suatu saat, Mesias Yahudi akan menjadi Raja Israel. Ia akan memisah-misahkan orang-orang Yahudi di Israel menurut bagian-bagian wilayah sukunya yang asli di negeri Israel. Pada masa ini, Gog, raja Magog, akan menyerang Israel. Setelah tahun 6000 (dalam kalender Yahudi), milenium ketujuh adalah masa kesucian, ketenangan, kehidupan rohani, dan perdamaian di seluruh dunia, yang disebut sebagai Olam Haba (“Dunia Masa Depan”), di mana semua orang akan mengenal Allah secara langsung.”

Jadi, tahun 2009 sama dengan 5769 tahun sejak penciptaan manusia dalam kalender Yahudi yang sekarang. Menurut perhitungan ini, akhir zaman akan terjadi pada atau sebelum tahun 2240 (tahun 6000 dalam kalender Ibrani)

ISLAM 

¢“Tidak ada seorang nabi pun antara aku dan Isa dan sesungguhnya ia benar-benar akan turun (dari langit), apabila kamu telah melihatnya, maka ketahuilah; bahwa ia adalah seorang laki-laki berperawakan tubuh sedang, berkulit putih kemerah-merahan. Ia akan turun dengan memakai dua lapis pakaian yang dicelup dengan warna merah, kepalanya seakan-akan meneteskan air waulupun ia tidak basah”. (HR Abu Dawud)

¢An Nisaa’ 159. Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya[380]. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.

¢“Az Zukhruf 61. Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.

BUDHISME

Pendiri Buddhisme ini meramalkan bahwa ajaran-ajarannya akan lenyap setelah 500 tahun. Menurut Sutta Pitaka, “sepuluh perilaku moral ” akan lenyap dan bangsa-bangsa akan mengikuti sepuluh konsep yang tidak beramoral yaitu mencuri, kekerasan, membunuh, berbohong, mengucapkan hal-hal yang jahat, perzinahan, kata-kata yang kotor dan ngawur, kecemburuan dan kehendak yang buruk, keserakahan yang berlebih-lebihan, dan nafsu yang menyimpang.Sebagai bagian dari eskatologi Buddhis, ada keyakinan bahwa zaman menjelang kedatangan Buddha Maitreya yang akan datang akan dicirikan oleh kemurtadan, kelemahan fisik, kekurangan kepuasan seksual, dan kehancuran masyarakat pada umumnya

.

INDIAN MAYA

Kelompok Maya kuno dan modern percaya bahwa jagad raya pernah diperbarui empat kali sebelumnya. Namun upaya pertama menghasilkan binatang; upaya kedua menghasilkan manusia yang diciptakan dari tanah liat yang pada akhirnya akan menjadi serangga-serangga tertentu (misalnya semut dan lebah); upaya ketiga menghasilkan kera; dan yang keempat menghasilkan kita: “manusia sejati.” Masing-masing upaya sebelumnya untuk menciptakan manusia dihancurkan oleh berbagai bencana yang melenyapkan jagad raya. Cerita-cerita ini berbeda-beda dalam berbagai kelompok Maya: binatang-binatang hampir seluruhnya dimusnahkan oleh banjir, manusia dari tanah liat hampir dimusnahkan oleh banjir dan kemudian oleh badai api di seluruh bumi, manusia kera diserang oleh milik mereka dan binatang-binatang mereka sendiri.Dsb…. Cari sendiri heheh

2. Alasan kedua ialah Alkitab yang menyatakannya.

Tanda-tanda akan akhir zaman dapat kita lihat pada Matius 24. Beberapa tanda2 akhir zaman adalah:

a. Terbentuknya Negara Israel

Terbentuknya negara Israel pada tahun 1948 untuk pertama kalinya sejak 70 A.D.Pada tanggal 14 Mei 1948 Bangsa Yahudi memproklamasikan kemerdekaan mereka (tiga tahun setelah kemerdekaan Indonesia) menjadi Negara Israel. Seperti yang dikatakan Nabi Yehezkiel diatas. Kita tahu bahwa setelah Salomo Israel terpecah menjadi Kerajaan Israel dan Yehuda. Yehezkiel juga mengatakan (Yeh 37:22) bahwa Israel nanti tidak terbagi menjadi dua kerajaan lagi tetapi menjadi satu bangsa.

37:22 Aku akan menjadikan mereka satu bangsa di tanah mereka, di atas gunung-gunung Israel, dan satu raja memerintah mereka seluruhnya; mereka tidak lagi menjadi dua bangsa dan tidak lagi terbagi menjadi dua kerajaan

b. Munculnya Mesia-mesias palsu

Dewasa ini kita banyak menjumpai org2 yang mengkui dirinya nabi bahkan Mesias, sebut saja Lia Eden, Sai Baba, dsb. Bahkan masing bisa melakukan mujizat. Bahkan banyak fenomena didalam gereja Kharismatik pendeta2 yg bisa melakukan mijizat kesembuhan, dsb namun isi pengajarannya tidak membangun dan menyesatkan sebut saja:

• Pengajaran mengenai Theologi kemakmuran: anda akan sering mendengar didalam gereja2 tertentu diajarkan ikut Yesus tidak bakal sakit, susah, tidak bakal celaka. Dalil penajaran seperti ini tidak berdsar dan biblical.Pernah saya disuatu ibadah gereja terbesar di Jakarta. Gemabal Sidangnya berkata “ Saya Bersumpah , saya sudah bertemu Yesus dan mecium kakiNya dan saya diberi roh martir. Dan saya memiliki kuasa yg besar” Perhatikan yg ditonjolkan ialah “saya”, bahkan diajarkan “kita jadi anak Tuhan tidak perlu lagi bekerja keras” padahal alkitab mengajarkan barang siapa tidak bekerja sebaiknya ia jangan makan.

• Bidah2 yang berkembang dari abad ke 3, sebut saja Saksi Yehuwa, Mormonisme, Satanic Church etc.Pelajaran kita di point ini, jangan hany akita terpana dengan mukjizat atau karunia2.. tetapi hendakny akita kuat didalam pengajaran.

Mat24:4 Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang

c. Deru Perang

Baru2 ini anda pasti melihat ekalasi perah yang mengarah ke pada perang dunia ke III:

• Ketegangan yang memuncak antara Korea Utara dan Selatan. Jika sampai pecah perang Korea, maka ini akan menyulut peperangan yang lebih besar antara yang membecking. Korea Utara – China, Korea Selatan – Amerika. Dua kekuatan militer dan ekonomi yang terbesar saat ini. Bukan hanya itu ini juga bisa menyulut Negara yg bertetangga seperti Jepang, Russia dan negara2 Asia lainnya

• Ketegangan di timur tengah. Presiden Ahmad Dinejad pernah berkata, ia ingin mengahapus Israel dari peta dunia. Bahkan di dalam bocoran Wikilieaks disitu disebutkan juga keinginan Negara Arab Saudi agar Amerika menyerang Iran

• Russia – jepang masalah perebutan pulau. Russia – Georgia

• Indonesia – Malaysia. Kita banya mendengar kata2 ganyang Malaysia.

• Dsb

Matius 24:6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.24:7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.24:8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

d. Kelaparan

Laporan-laporan Guardian pada tahun 2007 bahwa sekitar 40% dari lahan pertanian di dunia serius terdegradasi. Bila kecenderungan ini degradasi tanah terus di Afrika., Benua itu mungkin bisa makan hanya  bisa member makan 25% penduduknya pada tahun 2025, menurut UNU Institut Ghana berbasis Sumber Daya Alam di Afrika Pada akhir 2007, meningkatnya hasil pertanian yang digunakan dalam biofuel, bersama dengan harga minyak dunia sebesar hampir $ 100 per barrel,  telah mendorong harga gandum digunakan untuk pakan unggas dan susu sapi dan ternak lainnya, menyebabkan kenaikan harga gandum (naik 58%), kedelai (naik 32%), dan jagung (naik 11%) selama setahun. Pada tahun 2007 kerusuhan Makanan terjadi di banyak negara di seluruh dunia.

Tiap hari kurang-lebih 24.000 orang meninggal karena lapar atau hal-hal yang berkenaan dengan kelaparan. Angka ini telah menurun kalau dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu yang berkisar sekitar 35.000 dan 45.000 untuk duapuluh tahun yang lalu. Tiga perempat dari angka-angka kematian ini adalah anak-anak berumur dibawah lima tahun. Kini, 10% dari anak-anak di negara berkembang meninggal sebelum mereka berumur lima tahun. Diperkiran bahwa didunia ada kira-kira 800 juta penderita kelaparan dan malnutrisi, yaitu 100 kali lebih banyak dari yang meninggal karena kelaparan dan malnutrisi itu setiap tahunnya.

e. Gempa Bumi

Menurut British Association for the Advencement of Science. Data kegempaan didunia:

Abad pertama : 15 gempa bumi

Abad kedua    : 11 gempa bumi

Abad ketiga    : 18 gempa bumi

Abad ke-10    : 32 gempa bumi

Abad ke-13    : 115 gempa bumi

Abad ke-18    : 640 gempa bumi

Abad ke-19    : 2119 gempa bumi

Abad ke-20    : rata-rata 30.000 gempa bumi setiap tahun

f. Penyiksaan orang percaya

Banyak dilaporkan diseluruh dunia, banyak gereja diserang, dibakar, bahkan dibunuh dan disiksa. Bahkan di Indoenesia. Baru2 ini saja gereja HKBP di Bekasi, GKI Yasmin di Bogor, di Bandung. Bahkan di Cikarang tepat didepan perumahan taman sentosa dan poster yang terpampang dengan jelas, penolakan atas pembangunan gereja Katolik St.Maria. Data lebih lengkap nlihat

http://www.pdat.co.id/hg/political_pdat/2005/08/31/pol,20050831-01,id.html

Mat 24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membencig. Banyak orang akan murtadMenurut suatu sumber tingkat pertumbuhan org yang keluar Kristen 10-15%, walau ini juga belum sahih. Namun penulis menceramti memang trend org2 yg berada di daerah mayoritas Kristen beralih meninggalkan imannya. Namun beberapa daerah yang bukan basis Kristen malahan banyak yang akhirnya menjadi org percaya seperti yg pernah dilaporkan oleh TV Al-zajeera.

h. Kasih menjadi dingin

Coba anda bandingkan kehidupan di zaman dulu dengan sekarang, kasih antar sesam muali berkurang.

i. Injil diberitakan keseluruh dunia.

j. Pengetahuan bertambah Daniel 12

k. Adanya rekayasa genetika Mat 24:37

24:37 “Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia

Kok bisa rekayasa genetika?? Nah diayat itu kan dikatakan “seperti pada zaman Nuh”. Apa yg terjadi pada zaman Nuh selain air bah?

Kejadian6:1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan,6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.6:3 Berfirmanlah TUHAN: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.”6:4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,

Perhatikan adanya percampuran genetika antara “malaikat-malaikat” jatuh dengan manusia. Yang menghasilkan “Nefillim” atau LAI menterjemahkan “org2 gagah perkasa” kali ini saya tidak menjelaskan secara menditail ttg Nefillim krn kiat sedang membahas akhir zaman.

l. Kejahatan bertambah

Segala sesuatu akan tambah sukar dan mahaln. Muculnya gerakan antikristus (nanti saya akan memposting note mengenai antikristus/dajjal)

Lalu pertanyaannya apa yang terjadi setelah Akhir zaman dan apa tandanya akhri zaman telah terjadi. Tanda akhir zaman terajadi ialah dengan rapture atau pengangkatan org2 percaya ke sorga. Seperti yg dikatakan didalam :

1 Tesalonika 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Jadi akan terjadi peristiwa kebangkitan org percaya untuk diangkat ke Sorga dan org yg tgl di Dunia yang namanya tercata didalam kitab kehidupan akan terangkat hidup2. Lalu pertanyaannya apa yang akan terjadi setelah masa pengangkatan. Masa ini diekenal dengan masa tribulasi/ kesukaran besar. Silahkan baca di kitab wahyu ttg:

1. 7 Meterai

2. 7 Sangkakala

3. 7 Cawan Murka Adonai

Tribulasi adalah masa 7 tahun yang akan datang di mana Tuhan akan mengakhiri masa pendisiplinan terhadap Israel dan menyelesaikan penghakiman terhadap dunia yang tidak percaya. Gereja, yang terdiri dari semua orang yang telah percaya pada pribadi dan karya Tuhan Yesus yang menyelamatkan mereka dari hukuman dosa, tidak akan ada dalam dunia pada saat Tribulasi. Gereja akan diangkat dari dunia ini dalam peristiwa yang disebut Pengangkatan orang percaya (1 Tesalonika 4:13-18; 1 Korintus 15:51-53). Gereja dilepaskan dari murka yang akan datang (1 Tesalonika 5:9). Dalam Alkitab, Tribulasi disebut dengan berbagai nama, seperti misalnya:

1) Hari Tuhan (Yesaya 2:12; 13:6, 9; Yoel 1:15; 2:1, 11, 31, 3:14; 1 Tesalonika 5:2)

2) Kesusahan atau kesengsaraan (Ulangan 4:30; Zefanya 1:15)

3) Kesengsaraan besar yang menunjuk pada masa yang paling berat pada bagian akhir dari masa 7 tahun (Matius 24:21).

4) Hari atau waktu kesesakan (Daniel 12:1; Zefanya 1:15).

5) Waktu kesusahan bagi Yakub (Yeremia 30:7)

Untuk memahami tujuan dan waktu dari Tribulasi, kita perlu mengerti Daniel 9:24-27. Bagian dari kitab Daniel ini berbicara mengenai 70 minggu yang telah ditetapkan atas “bangsamu.” “Bangsa” Daniel adalah orang-orang Yahudi, bangsa Israel, dan yang dikatakan oleh Daniel 9:24 adalah masa yang Tuhan berikan untuk “melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.” Tuhan menetapkan “70 minggu” untuk menggenapi semua ini. Adalah penting untuk dimengerti bahwa ketika disebutkan “70 minggu” yang dimaksudkan bukan minggu sebagaimana kita ketahui (7 hari). Kata Bahasa Ibrani (heptad) yang diterjemahkan sebagai minggu dalam Daniel 9:24-27 secara harafiah berarti “7,” dan 70 minggu secara harafiah berarti 70 kali 7.

Masa yang Tuhan bicarakan ini sebenarnya adalah 70 kali 7 tahun atau 490 tahun. Ini dikonfirmasikan oleh ayat lain dalam kitab Daniel. Dalam ayat 25 dan 26 Daniel diberitahukan bahwa sang Mesias akan disingkirkan selama 7 minggu dan 62 minggu (total 69 minggu) mulai dari perintah untuk membangun kembali Yerusalem. Dengan kata lain 69 x 7 tahun (483 tahun) setelah perintah untuk mendirikan Yerusalem Mesias akan disingkirkan. Sejarahwan Alkitab mengkonfirmasikan bahwa 483 tahun telah berlalu sejak dari saat perintah untuk mendirikan Yerusalem sampai saat Yesus disalibkan. Kebanyakan sarjana Kristen, apapun pandangan eskatologis (masa-masa/peristiwa-peristiwa yang akan datang) mereka, memahami 70 minggu dalam kitab Daniel dengan pengertian yang sama dengan yang telah diuraikan di atas.

Dengan berlalunya 483 tahun dari perintah untuk mendirikan Yerusalem sampai pada penyingkiran Mesias, maka hanya tinggal 1 minggu (7 tahun) dari Daniel 9:24 yang masih harus digenapi “untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.” Masa 7 tahun yang terakhir ini dikenal sebagai masa Tribulasi – masa di mana Tuhan akan mengakhiri penghakiman atas Israel karena dosa-dosa mereka.

Daniel 9:27 memberi beberapa pokok-pokok penting dalam masa 7 tahun Tribulasi. Daniel 9:27 mengatakan “Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu.” Pribadi yang dibicarakan dalam ayat ini adalah yang disebutkan oleh Yesus sebagai “Pembinasa keji” (Matius 24:15) dan disebut binatang dalam Wahyu 13. Daniel 9:27 mengatakan bahwa binatang itu akan menempatkan patung dirinya di tempat suci dan menuntut dunia untuk menyembah dia. Wahyu 13:5 menjelaskan bahwa ini akan terjadi selama 42 bulan, yaitu 3½ tahun. Karena Daniel 9:27 mengatakan bahwa ini akan terjadi pada tengah minggu, dan Wahyu 13:5 mengatakan bahwa binatang ini akan melakukan hal ini untuk masa 42 bulan, adalah mudah untuk melihat bahwa total lamanya adalah 84 bulan atau 7 tahun. Lihat pula Daniel 7:25 di mana “satu masa, dua masa dan setengah masa” (satu masa = 1 tahun; dua masa = 2 tahun; setengah masa = ½ tahun; keseluruhannya 3½ tahun) juga merujuk pada Kesengsaraan Besar, bagian terakhir dari 7 tahun Tribulasi ketika “kekejian yang menyebabkan kebinasaan” (binatang) akan berkuasa.

Untuk referensi lebih lanjut mengenai Tribulasi, lihat Wahyu 11:2-3 yang berbicara mengenai 1,260 hari dan 42 bulan, dan Daniel 12:11-12 yang berbicara mengenai 1, 290 hari dan 1,335 hari yang kesemuanya menunjuk pada pertengahan Tribulasi. Hari-hari selebihnya dalam Daniel 12 mungkin termasuk masa pada akhir dari penghakiman terhadap bangsa-bangsa (Matius 25:31-46) dan masa untuk mendirikan Kerajaan Seribu Tahun milik Kristus (Wahyu 20:4-6).

Detail tentang Kerajaan Seribu Tahun, Tribulasi, dan Pengadilan Tahta Putih akan dibahas lain waktu.. cape nulisnya hehehe silahkan menonton video ini:

photo.php?v=1542709121608

13 thoughts on “Akhir Zaman– Dooms Day

  1. tulisan yg bagus,
    yah cuma ingin menanggapinya secara positif n dr sudut pandang pribadi aja.

    Sebelum sy menanggapi ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?’
    Tlebih dulu sy akan mberikan tanggapan sy mngenai statement sebleumnya.

    1. Ini merupakan keyakinan secara universal,
    yup, statement yg benar karena sifatnya massal – kebenaran krn majority rules.
    krn ada bbrp ajaran agama/kepercayaan (minority) yg tidak mengenal konsep kiamat, cth: shinto. (koreksi kl sy salah).
    Sebagian besar manusia di muka bumi percaya dgn konsep ini
    (sy sebut konsep krn smp saat ini blm bisa dibuktikan, baru sebatas let say: berdasar kan ajaran/ kitab trtentu/ krn dikemukakan oleh pemuka agamanya/dll).
    Jujur, diluar konsep yg bersifat kepercayaan, sy pribadi percaya akan hal tjdnya kiamat.
    Bukannya men-judge apa yg ada dlm kitab2 tertentu itu tidak benar, bukan.
    mungkin yg dijabarkan dlm kitab2 trtentu ada benarnya, cm gaya bahasanya mjd spt dongeng (krn gaya bahasa penulisan org jaman bahula brbeda dgn jaman skg, dulu lbh dgn bahasa2 kiasan & mgkn byk bumbu2 absurd yg mbuat penulisannya mjd menarik).
    Setiap org pny penafsirannya trsendiri, tgantung midset, lingkungan dll yg mbentuk org tsb.

    Mnrt sy bumi hnya akn kiamat krn:
    1. Manusia yg merusak bumi nya sendiri – manusia yg mbuat kiamatnya sendiri.
    2. Bencana alam massive (nonton aja film Hollywood):
    – dr bumi sendiri – mungkin explode, ada bbrp kejadian dimana sebuah planet/bintang meledak.
    – ‘Energy’ dlm bumi habis – tidak ada sumber daya lgi, smua yg bernaung diatas bumi yah tdak survive, kecuali migrasi massal ke planet lain.
    – Tabrakan dgn benda langit
    – Matahari tidak brfungsi sesuai yg dibutuhkan kehidupan di bumi saat ini (lebih panas/ mati/ dll)
    – Dll.
    kedua point diatas somday pst tjd, tnpa perlu diramalkan – cek logika utk peluang trjadinya.

    2. Alasan kedua ialah Alkitab yang menyatakannya,
    yah utk yg ini sy tidak akan banyak menanggapi, krn ini brsifat kepercayaan….
    selain itu belum ada yg bs benar2 membuktikan/ meyakinkan 1 sama lain bahwa keyakinannya lah yg paling benar.
    So prinsip sy never judging n give respect.
    dunia akan lbh indah dgn keberagaman yg positif.
    Spt statement sy yg pertama, Setiap org pny penafsirannya trsendiri, hak asasi setiap manusia.

    Tanpa mengurangi rasa hormat, ini adl versi sy,

    Terbentuknya Negara Israel,
    Politik & konflik yg tbentuk sejak dulu kala
    (kebetulan sj Israel berhubungan erat dgn sejarah dlm alkitab)
    Coba bayangkan bila agama shinto sebesar agama kristen
    & memiliki cerita yg mirip, pst penyebab tjdnya kiamat adalah krn terbentuknya
    Negara jepang…….(fyi, sy bukan Shinto – he3)
    Make sense.
    Overall, scr politik masih make sense, krn konflik tsb memicu idealism2 kuat
    yg juga memicu negara2 lain utk mbentuk kubu.
    Idealisme itu bulletproof….ga bs dibunuh, & bs mengakar lbh erat dr nyawa.
    Munculnya Mesia-mesias palsu,
    Sejak dulu, bahkan sblm kepercayaan umat kristiani’ sudah bermunculan
    versi2 dr ‘mesias’ tsb.
    – bukan berarti bisa dijadikan indikasi yg riil.
    Deru Perang,
    Sejak dulu, perang sudah tjd bahkan sejak zaman purba,
    hanya sj skalanya semakin massive…
    manusia makin banyak n pergerakan semakin global & mudah. – make sense.
    Kelaparan,
    konsep sebab akaibat,
    krn konflik brkepanjangan akibatnya pst kelaparan (salah satunya).
    namun bukan indikasi yg rill.
    Gempa Bumi,
    Mungkin lbh tepatnya bencana alam, cek statement sy pd point 1 diatas.
    Penyiksaan orang percaya,
    Siapa yg percaya siapa yg tidak percaya? Versi siapa yg disebut percaya? Absurd….
    Spt yg diulas sblmnya, dlm agama lain juga tertera demikian, mis: dlm budha,
    salah satu tanda2nya adlh saat ajaran budha sudah punah,
    it means akan muncul org2dgn versinya sendiri2 yg tidak jelas.
    Spt statement sblmnya:
    Idealisme itu bulletproof….ga bs dibunuh,
    & bs mengakar lbh erat dr nyawa (sendir ataupun nyawa org lain)

    Kasih menjadi dingin,
    bukan indikasi yg rill.
    Injil diberitakan keseluruh dunia,
    bukan indikasi yg rill.
    bukannya klo diberitakan akan memberikan kesejukan n kedamaian!?kok sebaliknya jd indicator kiamat…..
    klo gitu kita cegah dong kiamatnya dgn cara sebaliknya dr statement diatas.
    makanya diatas sy sbt bukan indikasi yg riil
    ato sy salah pengertian mngenai ‘Injil diberitakan keseluruh dunia’.
    Pengetahuan bertambah Daniel 12,
    Idem spt statement sblmnya,
    Apakah bertambahnya pengetahuan positif juga jd indicator!? Harusnya sih engga ya…..
    Sy tidak begitu paham mngenai isi alkitab (jarang baca…he3)
    Adanya rekayasa genetika Mat 24:37,
    Idem spt statement sblmnya,
    Sometimes rekayasa genetic bermanfaat bagi kemanusiaan,
    Spt pisau, klo dimanfaatkan scr benar, pst bermanfaat, tgantung yg memakainya.
    Tanpa pisau, manusia juga akan kesulitan utk brtahan hidup.
    Kejahatan bertambah,
    Cek statement pd point 1, manusia yg mbuat kiamatnya sendiri.

    ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?’
    Tanggapan sy,
    Buat apa kita harus meyakini ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?’
    Utk apa kita pcy….
    Kiamat dr versi kepercayaan/ versi science pst akan tjd…
    Tidak perlu dikait2n dgn kepercayaan,
    Tidak perlu diperdebatkan versi spa yg benar ato salah,
    Tidak perlu dicari penyebabnya, krn akibatnya sudah pst akan kita rasakan.
    Yg perlu adlh mjalani khidupan normal kita sbg manusia scra positif,
    Klo bs mberikan kepositifan tsb ke sekitar kita tnp judging & forcing.

    mengutip quote dr mark zuckerberg:
    A squirrel dying in front of your house may be more relevant to your interests right now than people dying in Africa.
    Bukan brti kita ga tanggap pd kejadian yg tjd jauh dsana,
    Sblm pd yg jauh disana, refeksikan di yg dekat dgn kita,
    Dlm hal ini, persiapkan inner kita dulu, krn penyebab kiamat ya ga jauh2….dr dalam hati-pikiran manusia itu sendiri.

    Menurut sy sih don’t only simply believe,
    Jgn begitu sj percaya atas apa ditulis dlm kitab/krn adat istiadat turun tmurun/ krn diceritakan oleh pemuka agama/ ato krn dikatakan benar oleh sumber trpercaya/dll.
    Bukan bermaksud utk mhasut/mengurangi rasa percaya thdp yg diyakini,
    tetapi utk bs lebih meningkatkan rasa percaya dgn membuktikannya sendiri.
    punya keyakinan yg positif itu bagus tp jgn setengah2 (pengetahuannya) krn pst akan menimbulkan byk konflik.
    Never judge & force anything sblm kita bs mbuktikannya sendiri scra menyeluruh.
    Jujur sy juga ga bs membuktikan statement sy benar/ salah….

    Otak manusia masi tlu dangkal utk brspekulasi mngenai doomsday versi Tuhan,
    So lbh baik dekatkan diri ke Tuhan saja.
    Somday klo kiamat tjd, kapan pun juga, appun versi kita,
    At least kita sudah berusaha mjd manusia yg positif.
    Just make doomsday as our warning to keep positive when we negatives before the D-day.

    Just for sharing,
    Tidak ada maksud apapun, senang bs sharing.
    Mohon masukannya.

    Thx.

  2. Wow great.. long post.. haha oke akan saya coba tanggapi yah mas/pak:
    1. yes tidak semua kepercayaan mengenal apa itu end of days.. contoh lain kepercayaan “kaharingan” di kalimantan atau parbegu di tanah batak.. semua tidak mengenal konsep eskatologi. But semua agama Semawi mangamini hal tersebut… Yang namanya eskatologi adalah jelas sesuatu yang belum terjadi tetapi didalam ranah iman maka itu pasti terjadi.

    2. Atas anugerah Tuhan saya menjadi seoarang kristiani, maka tentu saya mengkaji informasi dari sumber yang saya yakini. Disamping itu teks2 kitab Yahudi dan Kristiani merupakan teks2 tertua dimana kanonisasi kitab2 Yahudi sudah ada beberap ribu tahu sebelum masehi dan teks-teks Perjanjian Baru pada abad-abad pertama masehi yang (bisa saya katakan) pertama kali memuat kisah atau nubuatan tentang adanya akhir zaman. Dan informasi seperti tentu tidak akan saya temukan dalam teks2 “Panuturan” – Kitab orang kaharingan, atau Shinto dimana memang Shinto tidak memiliki teks/kitab sucinya. Dimana didalam teks Yudaisme dan Kristiani memuat tanda-tanda akan kedatangan Yesus yang kedua kalinya. Bahkan pertanyaan ini pertama kali dilontarkan oleh murid Yesus sendiri:

    Matius 24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?”

    Keingitahuan kita tentang sesuatu yang akan datang/ eskatologi itu memang lah hal yang wajar karena, keterbatasan kita secara manusia untuk mengetahui how is the future… Yesus menjabarkan tanda-tanda apa yang akan terjadi sebelum kesudahan zaman, dimana dalam beberap bullet point saya jabarkan..

    3. Terbentuknya Negara Israel,
    Politik & konflik yg tbentuk sejak dulu kala
    (kebetulan sj Israel berhubungan erat dgn sejarah dlm alkitab)
    Coba bayangkan bila agama shinto sebesar agama kristen
    & memiliki cerita yg mirip, pst penyebab tjdnya kiamat adalah krn terbentuknya
    Negara jepang…….(fyi, sy bukan Shinto – he3)
    Make sense.
    Overall, scr politik masih make sense, krn konflik tsb memicu idealism2 kuat
    yg juga memicu negara2 lain utk mbentuk kubu.
    Idealisme itu bulletproof….ga bs dibunuh, & bs mengakar lbh erat dr nyawa.
    Munculnya Mesia-mesias palsu,
    Sejak dulu, bahkan sblm kepercayaan umat kristiani’ sudah bermunculan
    versi2 dr ‘mesias’ tsb.
    – bukan berarti bisa dijadikan indikasi yg riil.

    Oke untuk memahami ini kita perlu mengetahui sejarah bangsa Israel. bangsa Israel bukanlah bangsa yang baru ada kemaren sore, bangsa ini sudah berusia ribuan tahun. Dan secara historikal dan biblikal perlu dikaji, Kerajaan ini awalnya berdiri pada tahun 1200 – 950 SM ini didukung oleh artifak/prasasti dari kerajaan Mesir “Merneptah Stele” yang ditulis pada masa Firaun Merneptah (1212-1203 SM) Sebelum masa kerajaan bangsa israel sudah ada tetapi bukan dalam bentuk kerajaan tetapi “theokrasi”. raja pertama Israel ialah Saul, dan kemudian digantikan oleh Daud, lalu sampai kepada anaknya Salomo/ Sulaiman.. menurut catatan alkitab akibat ketidaktaatan Salomo maka Israel akan terpecah menjadi dua kerajaan :

    ! Raja-raja
    11:11 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Salomo: “Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu

    Dan benar saja pada sekitar tahun 1200 – 576 SM, kerajaan Israel terbagi menjadi dua, Kerajaan Yehuda dan Israel. Namun dilanjutkan kepada ketidaktaatan sehingga dalam sejarah bangsa Israel mereka terus dijajah, dari mulai banga babilonia, Mado Persia, Yunani, Romawi, Tentara Islam.. semenjak itu negara/kerajaan Israel telah terhapus dari peta dunia

    Namun ada janji pemulihan bagi bangsa ini dalam kitab yeh 37:22 Aku akan menjadikan mereka satu bangsa di tanah mereka, di atas gunung-gunung Israel, dan satu raja memerintah mereka seluruhnya; mereka tidak lagi menjadi dua bangsa dan tidak lagi terbagi menjadi dua kerajaan

    Dan pada tahun 1948 lah terjadi penggenapan atas nubuatan ini.. jika kita melihat bangsa2 kuno seperti indian maya, kerajaan persia, atau bahkan kerajaan Majapahit sendirpun sudah hilang namun tidak ada yang seperti bangsa ini semua yang terjadi dan akan terjadi telah dinubuatkan secara tepat bahkan bisa ada lagi bukan dalam hitungan tahun tetapi hari.. silahkan menacri ketika terjadi perang Yom Kippur. To be continued…… cape ngetiknya haha

    • setiap kepercayaan (diluar agama abrahamik) juga punya nubuatnya sendiri, yg bila dikaitkan dgn relevansi skg jg sgt tepat.
      mulai dr kelahiran pemuka ajarannya – doomsday….
      mis: Sidahrta Gotama (pemuka agama budha) – kelahirannya sudah diramalkan jau sebelumnya – brti sblmnya oleh pemuka Hindu dlm Srimad Bhagavatam sekitar 2500 tahun sebelumnya- yg mana dikatakan bahwa Gotama adl avatar dr Visnu/ Krishna,
      doomsday sendiri sudah dijabarkan scr spesifik kondisi2 yg mjd indikatornya oleh Sidartha Gotama, juga mengenai budha (gelar) yg akan datang sebelum doomsday. (cek sendiri males nulis he3).

      jgnkan dlm konteks agamais,
      nostradamus pun memiliki kumpulan syair yg diyakini sbg ramalan krn isinya semua tepat, bahkan disebutkan smp nama hitler pun trtulis (perang dunia 2).
      saking tepatnya bahkan buku nostradamus dijadikan bahan penelitian.

      satu2nya yg mbuat bangsa israel ttp exist mnrt sy krn mrk org2 dgn genetika inteliginsi yg lbh tinggi drpd manusia pd umumnya.

      bila dikaitkan dgn bangsa yg punya sejarah ribuan tahun, bangsa china juga memiliki sejarah yg mungkin lbh panjang dibanding bangsa israel.
      sejarah nya memiliki byk perpecahan dr byk dinastinya.
      & sudah tentu byk masing2 dinasti memiliki nubuatnya sendiri2 yg mgkin sudah tjd.
      bukan berarti bisa sy yakini sbg kebenaran yg hakiki kan….
      bukan brarti juga yg meyakininya salah…..
      bukan brarti mrk juga benar….

      di indo sendiri, terkenal dgn ramalan jayabaya nya….yg cukup trkenal, & klo dilihat byk yg sudah tjd….walaupun global, namun sudah tjd.
      sama spt statemen sblmnya: byk kelaparan, kasih mjd dingin, dll sejenis.

      tp scr overall, inti yg diramalkan semuanya sama.
      indikatornya adl kemerosotan moral dll yg bsifat negative.

      btw ramalan tsb buat apa ya?
      sbg bukti utk org menjadi percaya?
      ato bukti kemampuan yg diluar manusia pd umumnya?
      krn byk hal, nubuat2/ramalan yg ada justru memecah belah & menimbulkan konflik……
      kenapa dibuat ramalan/ nubuat?

      • setiap kepercayaan (diluar agama abrahamik) juga punya nubuatnya sendiri, yg bila dikaitkan dgn relevansi skg jg sgt tepat.
        mulai dr kelahiran pemuka ajarannya – doomsday….
        mis: Sidahrta Gotama (pemuka agama budha) – kelahirannya sudah diramalkan jau sebelumnya – brti sblmnya oleh pemuka Hindu dlm Srimad Bhagavatam sekitar 2500 tahun sebelumnya- yg mana dikatakan bahwa Gotama adl avatar dr Visnu/ Krishna,
        doomsday sendiri sudah dijabarkan scr spesifik kondisi2 yg mjd indikatornya oleh Sidartha Gotama, juga mengenai budha (gelar) yg akan datang sebelum doomsday. (cek sendiri males nulis he3).

        Well yes.. dalam salah satu sabda budha sebelum beliau wafat tentang kedatangan Orang Suci yang tertulis dalam kitab suci Budha di Kamboja silahkan cek http://bibleprobe.com/buddhatoldofjesus.htm ciri-ciri yang dijabarkan memiliki kesamaan dengan Kristus.

        jgnkan dlm konteks agamais,
        nostradamus pun memiliki kumpulan syair yg diyakini sbg ramalan krn isinya semua tepat, bahkan disebutkan smp nama hitler pun trtulis (perang dunia 2).
        saking tepatnya bahkan buku nostradamus dijadikan bahan penelitian.

        Secara pribadi saya belum pernah secara jelas membaca ramalan2 Nostradamun.. tetapi Nostrdamus lahir dari keluarga yang beragama Yahudi dimana sebelumnya awahnya telah convert menjadi seorang katolik .. bisa jadi apa yang dituliskan oleh nostradamus memang terpengaruh oleh tulisan2 yudaisme dan kristiani.

        satu2nya yg mbuat bangsa israel ttp exist mnrt sy krn mrk org2 dgn genetika inteliginsi yg lbh tinggi drpd manusia pd umumnya.

        Lantas apa yang membuat intelegensi mereka tinggi?? tentu tidak lepas bukan dari apa yang sudah dikatakan terlebih dahulu oleh Kitab Suci..

        Kej Kejadian22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.”

        bila dikaitkan dgn bangsa yg punya sejarah ribuan tahun, bangsa china juga memiliki sejarah yg mungkin lbh panjang dibanding bangsa israel.
        sejarah nya memiliki byk perpecahan dr byk dinastinya.
        & sudah tentu byk masing2 dinasti memiliki nubuatnya sendiri2 yg mgkin sudah tjd.
        bukan berarti bisa sy yakini sbg kebenaran yg hakiki kan….
        bukan brarti juga yg meyakininya salah…..

        tetapi adakah nubuatan tentang bangsa china? adakah nubuatan2 itu digenapi dan terus digenapi??

        btw ramalan tsb buat apa ya?
        sbg bukti utk org menjadi percaya?
        ato bukti kemampuan yg diluar manusia pd umumnya?
        krn byk hal, nubuat2/ramalan yg ada justru memecah belah & menimbulkan konflik……
        kenapa dibuat ramalan/ nubuat?

        Yang membuat orang terpecah bukan masalah ramalan/nubuatan.. tetapi kepicikan manusia itu sendiri kok.. sperti kitab suci katakan didalam
        Yakobus 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
        1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut

  3. Kelanjutan…..
    4. Munculnya Mesia-mesias palsu,
    Sejak dulu, bahkan sblm kepercayaan umat kristiani’ sudah bermunculan
    versi2 dr ‘mesias’ tsb.
    – bukan berarti bisa dijadikan indikasi yg riil.

    Oke kalo bisa tolong sebutkan era sebelum Yesus telah ada orang yang menyebut dirinya Mesias??

    5. Kelaparan,
    konsep sebab akaibat,
    krn konflik brkepanjangan akibatnya pst kelaparan (salah satunya).
    namun bukan indikasi yg rill.

    Ini bukan hanya masalah konflik yang berkepanjangan, di Indonesia saja tidak ada konflik peperangan tetapi kasus kelaparan saja bisa terjadi.. jadi kasus kelaparan ini lebih bersifat massive lintas benua tidak hanya karena ada konflik so its just one of indication

    6. Gempa Bumi
    Oleh karena itu saya menyajikan hasil penelitian British Association for the Advencement of Science. Data kegempaan didunia:

    Abad pertama : 15 gempa bumi

    Abad kedua : 11 gempa bumi

    Abad ketiga : 18 gempa bumi

    Abad ke-10 : 32 gempa bumi

    Abad ke-13 : 115 gempa bumi

    Abad ke-18 : 640 gempa bumi

    Abad ke-19 : 2119 gempa bumi

    Abad ke-20 : rata-rata 30.000 gempa bumi setiap tahun

    Jadi ini bukan hanya bencan alam yang biasa tetapi ada eskalasi peningkatan..

    7. Penyiksaan orang percaya,
    Siapa yg percaya siapa yg tidak percaya? Versi siapa yg disebut percaya? Absurd….
    Spt yg diulas sblmnya, dlm agama lain juga tertera demikian, mis: dlm budha,
    salah satu tanda2nya adlh saat ajaran budha sudah punah,
    it means akan muncul org2dgn versinya sendiri2 yg tidak jelas.
    Spt statement sblmnya:
    Idealisme itu bulletproof….ga bs dibunuh,
    & bs mengakar lbh erat dr nyawa (sendir ataupun nyawa org lain)

    Oke orang percaya yang dimaksud adalah jelas orang yang percaya kepada Yesus. Sebab perkataan ini pun telah disampaikan oleh Yesus sendiri:

    Matius 24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku

    Dan penyiksaan ini sudah massive diseluruh dunia silahkan cek, dan ini bahkan sudah rahasia umum.. bahkan dinegara2 bebas seperti di US, tidak segampang yang kita bayangkan untuk menunjukan keimanan kristiani didepan umum..

    http://en.wikipedia.org/wiki/Persecution_of_Christians

    • Well yes.. dalam salah satu sabda budha sebelum beliau wafat tentang kedatangan Orang Suci yang tertulis dalam kitab suci Budha di Kamboja silahkan cek http://bibleprobe.com/buddhatoldofjesus.htm ciri-ciri yang dijabarkan memiliki kesamaan dengan Kristus.

      tp dlm versi lain ada juga yg berwujud agak gempal(maaf, hanya mencoba mdeskripsikan scr fisik yg sy lihat di internet)-apakah itu Yesus yg akan datang…atau apakah itu Budha yg akan datang?
      di internet juga byk yg mengasosiasiknnya sbg muhammad.
      dont care la ya…dont know either.
      fyi cek ciri fisik seorang budha, memiliki 32 ciri fisik.
      but cek this nice statement:

      “Subhuti, bagaimana pendapatmu? Dapatkah seorang merenungkan athagatha dari ke 32 ciri fisik-Nya?”
      Subhuti berkata, “Demikianlah, Yang Dijunjungi, seseorang dapat merenungkan Tathagatha dari ke-32 ciri fisikNya.”
      Hyang Buddha berkata, “Subhuti, jika Tathagatha dapat direnungkan dari ke-32 ciri fisik-Nya, maka seorang maharaja pemutar Dharma juga dapat menjadi seorang Tathagatha.”
      Subhuti berkata kepada Hyang Buddha, “Yang Dijunjungi, seperti apa yang kami pahami dari ucapan Hyang Buddha, seseorang tidak seharusnya merenungkan Tathagatha dari ke-32 ciri fisik-Nya.”
      Pada saat itu Yang Dijunjungi mengucapkan suatu gatha yang berbunyi :
      Barang siapa melihat-Ku dalam wujud, Barang siapa mencari-Ku dalam suara, Dia mempraktekkan jalan menyimpang, Dan tidak dapat melihat Hyang Tathagatha.
      (tathagata adl julukan lain bagi seorang budha.)

      Secara pribadi saya belum pernah secara jelas membaca ramalan2 Nostradamun.. tetapi Nostrdamus lahir dari keluarga yang beragama Yahudi dimana sebelumnya awahnya telah convert menjadi seorang katolik .. bisa jadi apa yang dituliskan oleh nostradamus memang terpengaruh oleh tulisan2 yudaisme dan kristiani.

      yg jadi poin sy bukan si nostra/ another terinfluence oleh teks2 yudaisme/kristiani, ttpi lebih ke comparison ramalan yg yg telah tjd & smp saat ini masi dikategorikan akurat….maksudnya….what the special dr ramalan versi kristiani krn nostra/ another juga punya.
      mnrt sy yg mbuat nostra tidak special, adl krn nostra lbh fokus ke ramalannya drpd ajaran agamaisnya…..he3….

      Lantas apa yang membuat intelegensi mereka tinggi?? tentu tidak lepas bukan dari apa yang sudah dikatakan terlebih dahulu oleh Kitab Suci..

      apa yg tidak lepas dari apa yang sudah dikatakan terlebih dahulu oleh Kitab Suci mngenai inteligensia mrk yg tinggi?

      tetapi adakah nubuatan tentang bangsa china? adakah nubuatan2 itu digenapi dan terus digenapi??

      nubuat ttg bangsa china mmg tidak ada dlm alkitab krn area yg difokuskan adl israel & sekitarnya.
      yg ada, dlm islam (masih 1 histori dgn ajaran kristiani) hanya belajarlah smp ke negeri china (maaf tidak ada maksud trtentu – murni diskusi, koreksi bila ada kesalahan)
      sama spt dlm tao ataupun konghucu (notabene kepercayaan asli bangsa china),
      coba cek apkh ada mengenai nubuat area israel & sekitarnya (walau dulu mgkn israel blm dlm bentuk negara).
      begitu juga dlm hindu-budhisme (india), tidak ada juga nubuat mngenai area israel & sekitarnya kok..he3..
      masing2 dr mrk (dr india/china/ dr manapun juga) memiliki nubuatnya masing2 yg juga dpt dibukikan dgn versi mereka yg juga scr terus menerus digenapi.

      Yang membuat orang terpecah bukan masalah ramalan/nubuatan.. tetapi kepicikan manusia itu sendiri kok.. sperti kitab suci katakan didalam
      Yakobus 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
      1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut

      setuju sekali.
      so sudah tau manusia itu byk yg picik, knp msh dibuat ramalan, bukannya lb baik hidup tnp ada ramalan saja…he3….krn rata2 pst akan berfokus pd hal tsb…apalagi tidak disertai penjelasan yg mudah dicerna didalamnya.
      semula utk aware bagi manusia – akhirnya mejadi bumerang.
      jd org tidak akan fokus
      nice statement fyi:
      Bagaimana pendapat agama Buddha mengenai jimat dan ramalan nasib? … Beliau menamakan hal-hal di atas sebagai “Seni Rendah”.
      walaupun dlm budhisme ada ramalan senada (dlm konteks ini mengenai doomsday),
      ttp dianggp sbg seni rendah yg tidak byk manfaatnya bgi pengembangan inner seseorang, kita ‘dipikat’ & ‘diseret’ olehnya…
      begitu juga dlm islam, ramal meramal tsb disebut2 sbg mencobai/ mendua kn Tuhan (koreksi bila ada kesalahan…maklum hanya brdasarkan apa yg prnh sy baca sj – itupun sy lupa sumbernya…mlas cari lg…he3).

      Oke kalo bisa tolong sebutkan era sebelum Yesus telah ada orang yang menyebut dirinya Mesias??

      pd teks sy sebelumnya, sy menulis mesias dgn kutip diatas: ‘mesias’.
      pengertian mesias:
      Mesias dalam arti umum, adalah gelar yang diberikan kepada raja-raja Israel, juga kepada para imam-imam. Kata “Sang Mesias” (Ibrani, המשיח – HAMASYIAKH, dialek Asykenazik ‘HAMOSYIAKH’) adalah HAMOSHIA’ (Sang Penyelamat) atau “MOSYA’AH” (keselamatan)
      Bahkan gelar itu juga diberikan kepada Koresh, Raja Persia. (perjanjian lama sblm era yesus/perjanjian baru).

      Sebutan mesias berakar dari pengertian Yahudi mengenai seorang tokoh pada masa depan yang akan datang sebagai wakil Allah untuk membawa keselamatan bagi umat Yahudi.
      pd konteks sblm yesus relevansi kontemporer,
      kata kuncinya dlm teks meisas yg cb sy bongkar adlh tokoh masa depan, wakil Allah & membawa keselamatan.
      lupakan teks yahudi, krn pengertiannya skg lebih global, bukan hanya pd org yahudi saja (iya kan..!?)…
      cb sy cari teks demikian dlm sejarah dunia sblm kristiani:
      – devadata
      jawab sang buddha: ini bukan pertama kali ia berbuat demikian.pada khidupannya yg lampau ia berusaha meniru-Ku, tetapi tdk dpt melakukanny.(dhammapada atthakatha).

      mesias memang identik dgn kristus, begitu juga buddha identik dgn sidartha gotama,
      namun artiannya & misi yg trkandung dlm keduanya adlah senada hanya beda artian dlm kebudayaan asalnya…
      sama sama tokoh masa depan (dlm ramalan masa lalu), wakil Allah (beda konsep keTuhanan krn beda kbudayaan msyarakatnya) & membawa keselamatan (persis sama).

      arti nya scr general mgkn adlh sang penyelamat yg telah dinubuatkan….
      hey arti kata mesias itu sendiri sudah memiliki makna yg generalis loh…
      pelebaran arti kata mesias sendiri sudah keluar dr ranah israel & skitarnya…
      bahkan digunakan dlm industri hiburan pop art…tonton matrix, mesiasnya adl si neo….mengindikasikan pelebaran makna mesias dewasa ini.

      Ini bukan hanya masalah konflik yang berkepanjangan, di Indonesia saja tidak ada konflik peperangan tetapi kasus kelaparan saja bisa terjadi.. jadi kasus kelaparan ini lebih bersifat massive lintas benua tidak hanya karena ada konflik so its just one of indication

      brbicara soal massive tidaknya,
      klo begitu indikasinya, knp ga disebut jumlah emisi krn kendaraan brmotor,dsb tlh menyebabkan kerusakan ozon yg akibatnya bs menyebabkan efek yg berbahaya bagi makhluk hdp di bumi…
      sma2 tidak ada konflik juga kok….
      & skalanya juga sm2 massive…
      efeknya malah lbh besar…es kutub mcair, ekosistem brubah…bencana alam skala massive.
      spt halnya kelaparan, apakah ozon bolong akibat emisi juga dpt dijadikan indikasinya?
      krn klo dilihat, kemungkinan ozon bolong lbh mengindikasikan doomsday,yg juga bisa mnyebabkan kelaparan krn tidak ada pangan.
      klo kelaparan….terlalu general, tidak hanya karena ada konflik saja bisa tjadinya…
      itu sih mnrt pndpt sy….
      ga usah tlu jauh, yg deket2 sj, di gunung kidul sj kelaparan sudah tjd turun temurun kok….sejak zaman dulu..he3.

      Jadi ini bukan hanya bencan alam yang biasa tetapi ada eskalasi peningkatan..

      sama halnya spt jumlah negara yg melakukan uji coba dgn nuklir smakin bertambah juga kok….
      dulu sebatas amrik – uni soviet, skg..kore utara, iran, jepang, china, dll…

      bencana alam itu ada yg natural & krn prbuatan manusia, ttpi dewasa ini byk yg disebabkan oleh manusia nya sendiri….ozon bolong mnyebabkan byk prbhn iklim dll pd alam…akhirnya bencana.
      jumlah bencana lainnya juga tidak kalah meningkat kok….bukan hanya gempa bumi semata.
      knp hanya gempa bumi yg mjd indikasi nya?
      krn tidak akan tjd lg dlm bentuk banjir bandang?

      Oke orang percaya yang dimaksud adalah jelas orang yang percaya kepada Yesus. Sebab perkataan ini pun telah disampaikan oleh Yesus sendiri:
      Matius 24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku
      Dan penyiksaan ini sudah massive diseluruh dunia silahkan cek, dan ini bahkan sudah rahasia umum.. bahkan dinegara2 bebas seperti di US, tidak segampang yang kita bayangkan untuk menunjukan keimanan kristiani didepan umum…

      no offense, dlm nama pemuka agama yg lain juga banyak umat yg brsangkutan yg disiksa/ mderita krn nama pemuka agamanya/ nama ajarannya…

      kapan lanjut lagi….nice…
      mo tidur….huahauhauahuahuahau….

      • tp dlm versi lain ada juga yg berwujud agak gempal(maaf, hanya mencoba mdeskripsikan scr fisik yg sy lihat di internet)-apakah itu Yesus yg akan datang…atau apakah itu Budha yg akan datang?
        di internet juga byk yg mengasosiasiknnya sbg muhammad.
        dont care la ya…dont know either.
        fyi cek ciri fisik seorang budha, memiliki 32 ciri fisik.

        Aku rasa diskusi kita jadi melebarrrr kesana kemari.. what ever the version is.. ini menjelaskan bahwa akan ada datang nanti The Holy One.. which is dalam konteks Yudaisme pun memiliki harapan yang sama akan datang The Holy one. Kita bisa berdebat atau berdiskusi panjang lebar tentang interpretasi ramalan.. but it just a waste… karena namanya interpretasi..

        yg jadi poin sy bukan si nostra/ another terinfluence oleh teks2 yudaisme/kristiani, ttpi lebih ke comparison ramalan yg yg telah tjd & smp saat ini masi dikategorikan akurat….maksudnya….what the special dr ramalan versi kristiani krn nostra/ another juga punya.
        mnrt sy yg mbuat nostra tidak special, adl krn nostra lbh fokus ke ramalannya

        I dont say he is not special.. but I juts cant get what is your point.. because its somehow dualistsi.. semua agama, bahkan ramalan nostradamus pun mengakui tentang adanya end of time.. so my point is what ever you resource all confirm about the end of time.. whether you want to buy or not.. Simple right?

        nubuat ttg bangsa china mmg tidak ada dlm alkitab krn area yg difokuskan adl israel & sekitarnya.yg ada, dlm islam (masih 1 histori dgn ajaran kristiani) hanya belajarlah smp ke negeri china (maaf tidak ada maksud trtentu – murni diskusi, koreksi bila ada kesalahan)
        —-> But this is not a prophecy.. hehe ini hanya pepatah.. so Out Of Context

        sama spt dlm tao ataupun konghucu (notabene kepercayaan asli bangsa china),
        coba cek apkh ada mengenai nubuat area israel & sekitarnya (walau dulu mgkn israel blm dlm bentuk negara).begitu juga dlm hindu-budhisme (india), tidak ada juga nubuat mngenai area israel & sekitarnya kok..he3..masing2 dr mrk (dr india/china/ dr manapun juga) memiliki nubuatnya masing2
        —–> Dude of course they don’t have it?? should I explain it to you??? and revise Kunghucu tidak mengenal istilah nubuatan..

        Mesias dalam arti umum, adalah gelar yang diberikan kepada raja-raja Israel, juga kepada para imam-imam. Kata “Sang Mesias” (Ibrani, המשיח – HAMASYIAKH, dialek Asykenazik ‘HAMOSYIAKH’) adalah HAMOSHIA’ (Sang Penyelamat) atau “MOSYA’AH” (keselamatan)
        Bahkan gelar itu juga diberikan kepada Koresh, Raja Persia. (perjan sblm era yesus/perjanjian baru).
        yg juga dpt dibukikan dgn versi mereka yg juga scr terus menerus digenapi.

        —–> Again this is out of context.. sejak kapan Koresh diberi gelar Mesias? sorry dude.. its fail.. hehe

  4. ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?’
    Tanggapan sy,
    Buat apa kita harus meyakini ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?’
    Utk apa kita pcy….
    Kiamat dr versi kepercayaan/ versi science pst akan tjd…
    Tidak perlu dikait2n dgn kepercayaan,
    Tidak perlu diperdebatkan versi spa yg benar ato salah,
    Tidak perlu dicari penyebabnya, krn akibatnya sudah pst akan kita rasakan.
    Yg perlu adlh mjalani khidupan normal kita sbg manusia scra positif,
    Klo bs mberikan kepositifan tsb ke sekitar kita tnp judging & forcing.

    Pernyataan anda sendiri kontradiktive, dualistis, axiomalistis (hhaha)..
    Pernyataan 1 : Buat apa kita harus meyakini ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?’Utk apa kita pcy….
    Lalu pernyataan ke2: Kiamat dr versi kepercayaan/ versi science pst akan tjd…

    Disatu sisi anda bilang buat apa kita percaya disisi lain anda bilang INI PASTI TERJADI.. hehe secara tidak langsung anda percaya bukan?? hehe for what ever your reason is….

    Tidak perlu dikait2n dgn kepercayaan,

    Aneh.. karena pernyataan tentang akhir zaman bukan berasal dari Einstein, atau Charles Darwin tetapi pertama kali tertulis dalam kitab suci.. hehe so jelas harus dikaitkan dengan pernyataan kitab suci bukan? masak iya dikaitkan dengan hal yang tidak membahas tentang itu

    Tidak perlu diperdebatkan versi spa yg benar ato salah,

    Dan didalam note ini tidak ada memperdebatkan tentang salah dan benar?? hmm confuse haha

    Tidak perlu dicari penyebabnya, krn akibatnya sudah pst akan kita rasakan.

    Again tidak ada yang mencari penyebabnya, apa yang saya bahas dalam note ini ialah tentang signs of dooms day.. hehe

    Yg perlu adlh mjalani khidupan normal kita sbg manusia scra positif,
    Klo bs mberikan kepositifan tsb ke sekitar kita tnp judging & forcing.

    apakah dengan kita percaya akan ada akhri zaman bikin hidup kita tidak normal?? hehe.. coba jika anda tahu bahwa besok anda akan mati pada pukul 12:00 WIB apa yang akan anda lakukan??? jelas anda akan memberikan hal yang terbaik bagi anak istri anda, bahkan kalau anda belum pernah minta maaf saya yakin anda akan bisa meminta maaf.. jika kita tahu bahwa hidup ini sementara dan akan ada kesudahan hidup ini akan kita gunakan untuk kebaikan bukan???

  5. Menurut sy sih don’t only simply believe,
    Jgn begitu sj percaya atas apa ditulis dlm kitab/krn adat istiadat turun tmurun/ krn diceritakan oleh pemuka agama/ ato krn dikatakan benar oleh sumber trpercaya/dll.
    Bukan bermaksud utk mhasut/mengurangi rasa percaya thdp yg diyakini,
    tetapi utk bs lebih meningkatkan rasa percaya dgn membuktikannya sendiri.
    punya keyakinan yg positif itu bagus tp jgn setengah2 (pengetahuannya) krn pst akan menimbulkan byk konflik.
    Never judge & force anything sblm kita bs mbuktikannya sendiri scra menyeluruh.
    Jujur sy juga ga bs membuktikan statement sy benar/ salah….

    I dont simply believe.. But what I believe is not self proclaim.. it’s been proven by times and history of human kinds..
    and by this note I am not judging other and force you to believe me? hehe and even God can not force you to believe Him.. You believe because you experiencing God… and no one can buy it from you….

    Otak manusia masi tlu dangkal utk brspekulasi mngenai doomsday versi Tuhan,
    So lbh baik dekatkan diri ke Tuhan saja.
    Somday klo kiamat tjd, kapan pun juga, appun versi kita,
    At least kita sudah berusaha mjd manusia yg positif.
    Just make doomsday as our warning to keep positive when we negatives before the D-day.

    Aku mengutip perkataan Yesus:

    24:32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.
    24:33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu

    Kita ini dieberi kecerdasan untuk menilai zaman.. Bukan untuk mnegrti Tuhan, karena otak kita hanya segeda bakpao ini tidak akan bisa memuat Dia yang adalah Ein Sof, yang Transrasional== melampaui segala akal… sorry jadi long posting heheh GBU

  6. Pernyataan anda sendiri kontradiktive, dualistis, axiomalistis (hhaha)..
    Pernyataan 1 : Buat apa kita harus meyakini ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman?’Utk apa kita pcy….
    Lalu pernyataan ke2: Kiamat dr versi kepercayaan/ versi science pst akan tjd…
    Disatu sisi anda bilang buat apa kita percaya disisi lain anda bilang INI PASTI TERJADI.. hehe secara tidak langsung anda percaya bukan?? hehe for what ever your reason is….

    Spt yg sudah sy tulis sblmnya, sy memang percaya mengenai akan tjd nya kiamat somday – banyak peluang yg memicu nya….bumi kita rentan sekali.
    Btw, akhir zaman / kiamat itu maksudnya bumi & semua isinya punah/ hanya manusia yg punah?
    Klo dr versi kepercayaan bbrp ya jujur agak skeptis krn yg diceritakan hanya blm masuk logika sy yg sgt amat sederhana sekali…he3….(its like a fairy tale) – mungkin krn gaya penulisannya yg agak romantic version.
    Buat apa kita harus meyakini ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman? –
    He3…Terlalu cepat copy paste, sorry jd miskom, intinya kenapa kita hrs meyakini diri kita sendiri ttg adanya akhir zaman/kiamat?
    Yg anda sebutkan tidak mjelaskan knp, hanya menjlskan indicator & krn telah dituliskan scr mayoritas…thts all.

    Aneh.. karena pernyataan tentang akhir zaman bukan berasal dari Einstein, atau Charles Darwin tetapi pertama kali tertulis dalam kitab suci.. hehe so jelas harus dikaitkan dengan pernyataan kitab suci bukan? masak iya dikaitkan dengan hal yang tidak membahas tentang itu

    Einstein:
    “Sains tanpa agama adalah lumpuh, agama tanpa sains adalah buta.”
    ia menyatakan bahwa: “Kata tuhan bagiku tidak berarti apa-apa selain ekpresi dan produk dari kelemahan manusia, dan Alkitab sebagai sekumpulan tulisan berharga, namun tetap saja primitif dan kekanak-kanakan. Tidak ada interpretasi secanggih apa pun dapat mengubah ini.
    … Orangtuanya bukanlah penganut agama taat namun ia sekolah di sekolah dasar Katolik dan pada saat yang sama diajar secara privat tentang agama Yahudi. Ini mengacu pada masa yang kemudian dinamakannya “surga agama anak-anak”, di saat ia mematuhi kewajiban agama seperti tidak makan babi. Ini tidak berlangsung lama dan pada usia 12 tahun ia mulai mempertanyakan keabsahan cerita-cerita di dalam Alkitab.”
    Bagiku agama Yahudi seperti halnya agama yang lain adalah perwujudan dari tahyul yang kekanak-kanakan.Selain itu aku tidak bisa melihat apa yang “terpilih” dari mereka.
    … Seperti para ilmuwan besar lainnya ia tidak bisa dikotak-kotakkan seperti yang diinginkan orang dalam polemik,” kata Brooke. “Jelas misalnya di mana ia memberikan penghormatan kepada nilai-nilai agama yang terdapat di dalam tradisi Yahudi dan Kristen… tetapi apa yang ia maksud dengan agama adalah sesuatu yang lebih mendalam daripada apa yang biasnya dimaksud dalam diskusi biasa.
    Meskipun penolakannya mutlak terhadap agama konvensional, Brooke mengatakan bahwa Einstein sempat marah sewaktu pendangannya dipakai para ateis fundamentalis. Ia marah oleh ketinggihatian mereka dan pernah menulis seperti ini, “Misteri abadi dari dunia ini adalah kesukarannya untuk dipahami.”
    Pernah terpikir bagaimana cara org zaman dulu sblm ada cara ilmiah yg disebut sains utk mcoba memecahkan misteri alam/ semesta?
    Mungkin dgn cara yg kita sbt ‘just ketakutan krn nature’ – animism dinamisme – ritual2 – kepercayaan – agama – sains….(urutan & penamaan jgn dpermasalhi ya..he3)
    Mnrt sy (pribadi) kepercayaan zaman dulu adl salah satu alat yg digunakan sbg pedoman manusia dlm alam semesta + guidance yg diturunkan turun temurun yg tidak dpt dpisahkan mjd adat istiadat.
    Utk menjawab yg mereka tidak ketahui n mbuat khidupan lbh baik: gabungan antara ‘ppkn, ips & ipa mungkin juga sastra….’ Hanya pendalamnanya tgantung focus jurusan agama tsb., pencarian ttg Tuhan, pedoman hidup benar dlm msyrkt, respect thdp pendahulu, menempa diri, dll.
    Dgn ilmuwannya yg disebut pendeta, dll.
    Mis: gereja menyatakan bumi itu datar….tnyata salah kan, bumi itu bulat.
    Pdhl statement tsb sudah dr turun temurun, n tlh ‘dibuktikan’ gereja zaman dulu by keyakinan, byk juga loh yg sudah mjd korban krn membantah statement yg gab nr tsb.
    Intinya, hanya sains & waktu yg akan mbuktikan bahwa yg dikatakan tsb benar aday/tdk.

    Dan didalam note ini tidak ada memperdebatkan tentang salah dan benar?? hmm confuse haha
    Again tidak ada yang mencari penyebabnya, apa yang saya bahas dalam note ini ialah tentang signs of dooms day.. hehe

    Cm nulis hal tsb sbg statement bukan berarti sy menjudge anda mendebatkan benar ato salah/dll kan…he3….dont be confuse lah.
    Ga ada yg salah/ benar sih…krn sm2 ga tau juga…just by keyakinan doang.

    apakah dengan kita percaya akan ada akhri zaman bikin hidup kita tidak normal?? hehe.. coba jika anda tahu bahwa besok anda akan mati pada pukul 12:00 WIB apa yang akan anda lakukan??? jelas anda akan memberikan hal yang terbaik bagi anak istri anda, bahkan kalau anda belum pernah minta maaf saya yakin anda akan bisa meminta maaf.. jika kita tahu bahwa hidup ini sementara dan akan ada kesudahan hidup ini akan kita gunakan untuk kebaikan bukan???

    He3….bagus klo smua org spt yg anda sbt diatas, bagaimana dgn org2/ kelompok yg salah pengertian n bunuh diri mhadapi isu tsb!? (kasusnya cek sndri he3)..
    Ato bgmn dgn org2 yg justru berbuat semaunya disaat terakhir yg diisukan!?
    He3….
    manusia menanggapi hal yg sama berbeda2 loh….relativity…

    I dont simply believe.. But what I believe is not self proclaim.. it’s been proven by times and history of human kinds..
    and by this note I am not judging other and force you to believe me? hehe and even God can not force you to believe Him.. You believe because you experiencing God… and no one can buy it from you….

    Nice if evrybody who read this don’t simply believe what we both wrote.
    Spt halnya dulu diklaim bumi itu datar, smp pada masanya trbukti juga kebenarannya. Pdhl sudah melewati byk waktu & melewati panjang sejarah manusia juga + diyakinkan oleh ‘iman’ saat itu juga.
    U don’t judging, so why would u insert the saibaba n others (I don’t know them either he3….) as a fake….he3….explicitly…
    Praduga tak bersalah sih….he3….even they looked fake..he3….but yeah still i dont know the truth yet….sy stay neutral d….he3
    Dulu kekristenan juga sempat dianggap negative krn krg sepaham dgn ajran yahudi,
    kan ada masanya juga di awal2 kristiani disebut adlh ajaran yg ‘masih hijau’ byk yg pro juga kontra (msh smp skg juga sih)- …sampe brkembang spt skg..
    Bahkan dlm 1 roots agama yg sama pun byk yg tdk sepaham…spa yg lebih benar jadinya…..he3…
    Sama2 been proven by times and history of human kinds..juga kok..cek d sm penganutnya.
    Yes, setuju tht u didn’t force me/ readers to believe wht u wrote.
    …and even God can not force you to believe Him,
    Sangat tidak setuju, u CANT, GOD CAN
    dont underestimate God….bukannya TIDAK bisa, tp kita tidak tahu yg direncanakan-NYA.
    .. You believe because you experiencing God… and no one can buy it from you….
    Nyerempet experiencing God mungkin….experiencing dlm artian full…ga mungkin…we just manusia fana…(mnrt sy sih)
    & experience tsb pastinya priceless…..sgt setuju.

    Kita ini dieberi kecerdasan untuk menilai zaman.. Bukan untuk mnegrti Tuhan, karena otak kita hanya segeda bakpao ini tidak akan bisa memuat Dia yang adalah Ein Sof, yang Transrasional== melampaui segala akal… sorry jadi long posting heheh GBU

    Sorry, bapaonya pasti bukan bpao a1 (merk) he2….soalnya itu lumayan gede….ahuhauahuahuah (just a joke ya…)

    Thx.
    GBU

    • Spt yg sudah sy tulis sblmnya, sy memang percaya mengenai akan tjd nya kiamat somday – banyak peluang yg memicu nya….bumi kita rentan sekali.
      Btw, akhir zaman / kiamat itu maksudnya bumi & semua isinya punah/ hanya manusia yg punah?
      —> Thats the point… what ever your resource is, you do aware the will be the end of times? but because I believe in bible, I will see that from my biblical perspective.. but I don’t force you to believe it as we don’t know what happened in future..

      Klo dr versi kepercayaan bbrp ya jujur agak skeptis krn yg diceritakan hanya blm masuk logika sy yg sgt amat sederhana sekali…he3….(its like a fairy tale) – mungkin krn gaya penulisannya yg agak romantic version.
      Buat apa kita harus meyakini ‘Mengapa kita harus meyakini adanya akhir zaman
      —-> Thats your call dude.. hehe and again kemabali menajdi statement anda menjadi dualistis, axiomalistis, dan contradictive disisi lain anda getol mempertanyakan kenapa hars yakin disisi lain anda pun mengamininya? what ever your sophisticated reason to believe it.. but I believe on what you said “primitive” book called bible. Are we clear here?

      Einstein:
      —–> Quote yang anda petik.. itu hanyalah pendapat seoarng einstein.. but my point is statement tentang end of times itu pertama kali hanya akan anda temukan didalam teks2 kitab suci..

      • he3…no offense cm mo berargumen scr positif aj walau temanya ‘nyerempet’…

        btw….
        “….,intinya kenapa kita hrs meyakini diri kita sendiri ttg adanya akhir zaman/kiamat?”
        itu pertanyaan loh….maksud sy, benar2 pertanyaan sy ke anda…..bukan statement…he3….

        yg einstein,
        setuju….
        just want to share a nice quotes i found…
        “Sains tanpa agama adalah lumpuh, agama tanpa sains adalah buta.”

        thx
        cu

  7. —–>Oke kalo bisa tolong sebutkan era sebelum Yesus telah ada orang yang menyebut dirinya Mesias??

    >Mesias dalam arti umum, adalah gelar yang diberikan kepada raja-raja Israel, juga kepada para imam-imam. Kata “Sang Mesias” (Ibrani, המשיח – HAMASYIAKH, dialek Asykenazik ‘HAMOSYIAKH’) adalah HAMOSHIA’ (Sang Penyelamat) atau “MOSYA’AH” (keselamatan)
    Bahkan gelar itu juga diberikan kepada Koresh, Raja Persia. (perjan sblm era yesus/perjanjian baru).
    yg juga dpt dibukikan dgn versi mereka yg juga scr terus menerus digenapi.

    —–> Again this is out of context.. sejak kapan Koresh diberi gelar Mesias? sorry dude.. its fail.. hehe

    > hahauhauhuahaua…melenceng krn ditanya kan…….
    what s failed? have no idea ……..
    check this:
    http://www.sarapanpagi.org/86-konsep-mesias-dalam-alkitab-dan-menurut-yahudi-vt3193.html
    Umat Yahudi, sebelum dibangkitkannya Yesus ke dunia, memiliki konsep tentang “mesias” atau padanan kata Yunaninya, “kristus”, yaitu sebuah konsep lama yang mendambakan kedatangan seorang tokoh Yahudi, yang mampu membawa bangsa Yahudi menuju kejayaan. Mereka berkeyakinan bahwa mesias yang diidam2kan itu akan datang kemudian dan berasal dari keturunan Daud (Yeremia 23:5; 33:15). (Baca: Distorsi Matius 1).
    Secara harfiah, arti kata “mesias” atau “kristus” adalah “seseorang yang diurapi dengan minyak yang kudus” atau “seseorang yang ditahbiskan”. Dalam catatan2 Perjanjian Lama, ada banyak orang yang disebut sebagai “mesias”, sebut saja Koresh dan Daud.
    MAZMUR:
    2:2. Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan Tuhan dan mesias-Nya (Daud – lihat juga 1 Samuel 16:12-13 dan 2 Samuel 5:1-5).
    YESAYA:
    45:1. Beginilah firman TUHAN: “Inilah firman-Ku kepada mesias, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup;
    Selain Yesus, Koresh, dan Daud, Alkitab juga mencatat beberapa orang lainnya yang juga disebut sebagai “mesias”, yaitu: Saul (1 Samuel 10:1), Harun (Imamat 8:12), Elisa (1 Raja-raja 19:16), dan Salomo (1 Raja-raja 1:39). Jika digunakan padanan kata “mesias” dalam bahasa Yunani, “kristus”, maka nama orang2 tersebut menjadi: Yesus Kristus, Koresh Kristus, Daud Kristus, Saul Kristus, Harun Kristus, Elisa Kristus, dan Salomo Kristus.
    Namun demikian, kata “mesias” dalam ayat2 di atas, dalam Alkitab Indonesia diterjemahkan sebagai “orang yang diurapi-Nya”, padahal asal kata Ibraninya adalah “mesias”. Sementara kata “mesias” yang menunjuk kepada Yesus, dalam Perjanjian Baru ditulis dengan inisial besar, “Mesias”. Ini tidak lain merupakan upaya terselubung yang dibuat2 oleh tokoh2 gereja untuk memberi kesan kepada umat manusia bahwa hanya ada satu mesias saja yaitu Yesus.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Mesias
    Kata mesias merujuk kepada orang yang diurapi Allah, sesuai kebiasaan Israel kuno yang melihat tindakan pengurapan sebagai tanda pemilihan dan pengudusan Allah.[4] Orang yang diurapi dianggap sebagai milik Allah dan mendapat tugas khusus.[4] Tokoh-tokoh yang dilantik dengan pengurapan biasanya raja dan imam, ataupun tokoh yang dipilih oleh Tuhan sendiri.[4] Di dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama, istilah tersebut dikenakan kepada Raja dari orang-orang Yahudi yang diurapi saat peristiwa pelantikan dirinya (bdk. 1 Samuel 10:1, Mazmur 2:2).[5]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s