Menjawab Kesalahfahaman Tentang Trinitas

Di comment note Menjawab Dr. Zakir Naik, Sdri Eriana ingin mengetahui tentang doktrin Trinitas. Saya pikir ini juga salah satu doktrin yang susah diterima dan sukar dijelaskan oleh kebanyakan orang. Banyak para pengkritisi dogma kristen mempertanyakan hal ini, baik itu diluar kristiani maupun dalam lingkup kristiani seperti aliran kristen universalis, kristen unitarian, saksi yehova, dsb.

Salah satu video yang menarik adalah kesaksian (menurut beliau) adalah mantan ‘biarawati’ Hj. Irene Handono silakan cek

.

Di dalam kesaksian beliau ketika dia berada di seminari dan mempertanyakan tentang hakikat Tuhan, frater hanya menjawab dengan memberikan ilustrasi segitiga, dan beliau berkata bahwa bagaimana jika saya menggambar segi empat, atau segi enam kan sah2 saja. Dan kemudian frater hanya menjawab kamu faham atau tidak terima saja. Anggap saja kesaksian itu benar adanya, maka saya bertanya-tanya seminari apa itu sampai tidak bisa memberikan jawaban biblikal. Note ini saya buat bukan untuk menunjukan kebencian terhadap Hj. irene atau umat lain, karena keTuhanan adalah pengalaman dan itu merupakan Hidayah/anugerah. Melalui note ini teman-teman bisa memahami dasar biblikal jadi tidak hanya seperti kasus di video “faham atau tidak terima saja”. 

Mari kita mulai…

Kesalah Fahaman Trinitas

 

Banyak orang menjadi salah faham tentang doktrin Trinitas, baik itu dari dalam lingkup kristiani dan luar lingkup kristiani, contohnya:

1. Banyak yang mengaggap orang kristen memiliki tiga Tuhan, yang sepakat ciptain dunia

2. Ada yang menganggap bahwa Tuhan itu PribadiNya satu tetapi tugasNya berbeda-beda. Misal “Joko” di rumah ibunya dia sebagai anak, tetapi di rumah bersama istri dan anaknya ia adalah ayah, di kantor ia adalah karyawan. Tetapi itu tetaplah Joko. Ini juga salah satu konsep yang keliru. Karena jika demikian Tuhan hanya menggunakan topeng, kadang Ia pake topeng Bapa, kadang Anak kadang ya Roh Kudus. Dan berarti yang tersalib bukan hanya Yesus tetapi Bapa juga tersalib dan Roh kudus juga tersalib.

3. Ada yang menganggap Trinitas itu adalah Bapa, Anak dan Maria

Asal Mula Trinitas

Kata Trinitas tidak akan kita jumpai memang didalam alkitab, tertulianus lah (155-230) yang menggunakan istilah Trinitas untuk menjelaskan tentang Bapa, Putra dan Roh Kudus. Tertulianus adalah seorang pengacara dan dia lair dan besar di daerah Kartago sekarang Tunisia.

Kata Trinitas ini sendiri berasal dari bahasa latin (ini memang karena semua karya tertulianus dituliskan dalam bahasa Latin. Mungkin karena latar belakangnya ialah seorang pengacara. Oleh sebab itu ia dijuluki “Bapak Gereja Latin”)

Trinus = tiga masing-masing; tiga kali lipat

Unus = satu

Tantangan ajaran/dogma Trinitas ini sudah dimulai dari abad ke-3, ketika seorang uskup Alexandria / Mesir bernama Arius mengembangkan ajaran yang menyimpang tentang “keilahian Yesus”. Sehingga terjadi perdebatan sengit dikalangan gereja mula-mula. Perlu diingat doktrin bidah ini muncul di abad ke-3, pada abad pertama semua bapa gereja dan tulisan-tulisan injil dengan jelas mengatakan tentang keilahian Yesus. Arius sepertinya dipengaruhi oleh aliran gnostik dan filsafat Plato. Untuk meredam ajaran Arius ini maka dilakukan Konsili Nicea pada tahun 325 M. Konsili ini bukan untuk menetapkan “keilahian” Yesus, karena spt yang saya jelaskan sebelumnya pada abad pertama jelas mengajarkan tentang keilahian Yesus. Contohnya:

1. Santo Ignatius dari Antiokhia (110 M) menyebutkan Yesus Tuhan sebanyak 16 x (, 2x, , , ,     “Jesus Christ our God”

2. Uskup Diegnetos hidup pada abad pertama

Masih banyak lagi sebenarnya…

Lalu bagaimana memahami konsep Trinitas

Well setelah memahami sejarah dan kapan ini mulai dikenal. Maka bagaimana untuk memahami Trinitas. Didalam kasus Irene, frater hanya menjelaskan dengan memberikan gambar segitiga. Trinitas tidak lah sesederhana itu. Mengapa karena Tuhan itu ialah “Trans-Rasional” atau melampaui segala akal, seperti bagaiman menjelaskan Tuhan yang omni present. Disaat yang sama Dia ada di Surga, namun juga Dia berada di Amerika, Afrika, Indonesia bahkan di kamar anda.

Well saya akan tetap memulainya juga dengan suatu contoh (note: contoh tidak bisa menjelaskan dengan sempurna)

1. Manusia terdiri dari roh jiwa dan tubuh. Roh tidak sama dengan jiwa, jiwa tidak sama dengan tubu, tubuh juga tidak sama dengan roh tetapi hakikatnya adalah satu yaitu “manusia”

2. Air memiliki rumus kimianya H2O= air memiliki 3 bentuk padat, cair dan gas. es tidak sama dengan air, air tidak sama dengan embun, embun tidak sama dengan es tetapi hakikatnya sama adalah H2O

Masih banyak contoh yang lain. Lalu muncul juga pertanyaan apakah konsep trinitas sudah dikenal dari sejak PL apakah ini alkitabiah??. Bukankah Yesus pernah berkata mengutip PL

Markus  12

12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

Dalam bahasa Ibraninya “Syema Yitzrael, Adonai, Elohenu, Adonai ECHAD”, biasanya tulisan ini digantungkan dipalang pintu rumah orang Yahudi atau dikenal dengan Mezuzah.

Konsep Trinitas dalam PL

Didalam PL, Tuhan selalu menyatakan DiriNya dengan kata Jamak mari kita mulai dari kitab kejadian:

1. Kejadian 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kata asli “Allah” disana ialah ELOHIM. ELOHIM adalah bentuk jamak dari EL. Benar memang kata elohim juga digunakan untuk menujukan dewa asing. Tetapi didalam bahasa alkitab untuk menyebut Tuhan yang benar Tuhan selalu menggunakan kata persona jamak namun menggunakan kata kerja tunggal, berbeda dengan dewa-dewa menggunakan kata persona jamak dan juga kata kerja jamak. (semoga disini faham) soale bahasa Indonesia tidak seribet itu.

2. Ketika Penciptaan, Tuhan menggunakan kata KITA

1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

3. Yesaya 6:8

6:8 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!

Didalam bahasa aslinya bukan menggunakan “Ku” tetapi Kami.. jadi mestinya ayat itu berbunyi Siapakah yang akan KAMI utus dan siapakah yang mau pergi untuk KAMI?

4. Bahkan ayat “SYEMA” tadi Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. “Syema Yitzrael, Adonai, Elohenu, Adonai ECHAD“. ECHAD memang berarti esa/satu tetapi bukan satu yang tunggal. Karena untuk menyebut satu/tunggal bahasa aslinya ialah Yachid atau bahasa arabanya Wahid. Sedangkan ECHAD satu tetapi terdiri dari berbagai bagian. kita bisa lihat penggunaan echad ini di Kejadian

2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Kata satu disana menggunakan kata ECHAD, satu tetapi terdiri dari adam dan Hawa. Didalam alkitab Tuhan tidak pernah menggunakan kata Yachid tetapi ECHAD ini konsisten PL sampai PB. Jika didalam PB digunakan kata HEN (Bhs Yunani yg memiliki arti sama dengan ECHAD) dan Monos untuk menyebut 1 absolut. Kata hen kita temukan misal ketika Yesus berkata AKU dan Bapa adalah Satu (Hen).

Kesimpulan

1. Kristen adalah monotheisme, dimana Tuhan memiliki 3 Pribadi. Bapa, Putra dan Roh Kudus. Bapa tidak sama dengan Putra, Putra tidak sama dengan Roh kudus, Roh Kudus tidak sama dengan Bapa tetapi mereka adalah satu.Sama seperti analogi diatas

2. Kata Trinitas memang tidak ada didalam alkitab tetapi konsepnya tertuang dengan jelas dari PL sampai PB

3. Mengapa 3 pribadi, ini sesuai dengan sifat Tuhan yang adalah kasih. Sebab kasih terwujud jika ada persekutuan, anda tidak mungkin mengatakan kasih jika anda hidup sendirian..

I Yohanes 4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

4. Konsep Trinitas bukanlah hasil Konsili nicea, atau ajaran Paulus tetapi konsep ini ada dari PL, Perkataan Yesus sendiri dan surat-surat para Rasul. 

9/July/2011

Odessa, Texas..

4 thoughts on “Menjawab Kesalahfahaman Tentang Trinitas

  1. waww cukup dalem dengan bahasa yang sederhana. suka dengan analoginya, meskipun benar tidak akan pernah menjelaskan dengan sempurna.
    pengetahuan manusia yang terbatas memang tidak akan bisa untuk menjelaskan dengan sempurna, tapi memang siap tidak siap waktunya, kita tetap harus mempertanggungjawabkan iman kita.
    Pertanyaan dan perdebatan ttg Trinitas akan selalu ada, tapi tetaplah tugas kita untuk menjawabnya.

  2. Pingback: Meluruskan salah faham antara Kristen dan Islam « littleflocks

  3. Kalo konsep Trinitas yang saya pahami adalah sbb :
    Agama Islam, Kristen, Yahudi, semua menerima bahwa Tuhan itu ada dimana-mana. Tuhan ada di surga, Tuhan juga ada di dalam hati sanubari kita, bahwa Tuhan itu lebih dekat daripada urat leher kita.
    Tuhan juga ada dalam diri orang tua kita, bahwa Tuhan itu ada disekeliling kita, bersama kita. Intinya Tuhan itu cuma satu, tapi ada dimana-mana.

    Dalam konsep Trinitas :
    Tuhan yang ada di surga itulah yang disebut Bapa.
    Tuhan yang bersama kita disebut Anak.
    Tuhan yang ada dalam sanubari kita yang disebut Roh Kudus.
    Jadi sebetulnya Trinitas itu mengandung makna Tuhan yang Esa, dan tidak bertentangan dengan konsep Ketuhanan Islam maupun Yahudi.
    So, sebetulnya tidak ada pertentangan antara Trinitas dengan Tauhid.

    • Jika yang anda maksudkan keMaha Hadiran Tuhan itu alah sifatNya yang omnipresent.. tetapi konsep Trinitas berbeda dengan konsep keMaha Hadiran Allah..Konsep Trinitas adalah 3 Pribadi tetapi satu..Bapa tidak sama dengan Anak, Anak tidak sama dengn Bapa, Bapa tidak sama dengan Roh Kudus.. tetapi Ketiganya Esa.. Sama seperti roh , jiwa dan tubuh.. TYM…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s