13 Nama-Nama Setan

1. Lucifer
Dalam bahasa Latin, kata “Lucifer” yang berarti “Pembawa Cahaya” (dari lux, lucis, “cahaya”, dan “ferre”, “membawa”), adalah sebuah nama untuk “Bintang Fajar” (planet Venus ketika muncul pada dini hari). Lucifer menurut kisah-kisah dulunya adalah malaikat namun akhirnya diturunkan ke bumi karena menentang Tuhan. tetapi sebenarnya kata Lucifer ini tidak ditemukan dalam alkitab, kata ini muncul ketika St. Jerome pertama kali menterjemahkan alkitab bahasa Ibrani ke bahasa Latin yang dikenal dengan istilah vulgata. Terlepas ada atau tidak adanya sosok Lucifer ini, diyakini sebagian besar aliarn Kristiani bahwa ini adalah salah satu “archangel” yang memberontak.

2. Mammon
Mammon adalah iblis keserakahan, kekayaan dan ketidakadilan. Orang-orang yang menyembah Mammon yang setara dengan orang-orang rakus pada uang. Ini gambaran Mammon sedang menahan uang/harta di pangkuannya (itu artinya pelit) dan menginjak kepala seseorang (itu bisa diartikan menginjak penyembahnya atau bisa pula sedang menginjak orang lain untuk kekayaannya). Kata mammon kita temukan didalam alkitab

Matius  6
6:24 Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Mamon berasal dark bahasa Yunani, yaitu mamonas yang berarti uang atau kekayaan, namun kata ini juga memilki hubungan dengan istilah aram yaitu “aman” which is juga sama artinya dengan bahasa indonesia aman.

3. Asmodeus
Asmodeus dalam istilah Ibraninya adalah אשמדאי‎ Ashmedai, ini hanya akan kita temukan didalam kitab deuterokanonika, yaitu didalam kitab Tobit dan juag tertulis didalam talmud. Asmodeus sering dilambangkan sebagai setan nafsu dan karena itu bertanggung jawab untuk memutar hasrat seksual orang. Dia membawahi tujuh puluh dua pasukan setan di bawah komandonya. Dia adalah salah satu raja neraka di bawah Lucifer.
Dia digambarkan muncul dengan tiga kepala, yang pertama adalah seperti banteng , yang kedua seperti laki-laki dengan mahkota, dan yang ketiga seperti domba jantan. Dia memiliki ekor ular , dan dari mulutnya mengeluarkan api. Selain itu, ia duduk di atas sebuah neraka naga , memegang tombak.

4. Leviathan 
Leviathan adalah salah satu dari tujuh pangeran dari neraka dan pintu neraka ada di mulutnya (Hellmouth ). Leviathan identik dengan rakasa laut besar. Santo Thomas Aquinas mengambarkan leviathan sebagai demon of envy alias iri atau dengki akan sesuatu hal.

5. Beelzebul
Yunani Βεελζεβουλ – beelzeboul, berasal dari bahasa Aram yang dihubungkan dengan bahasa Ibrani בעל זבוב – BA’AL ZEVUV yaitu kata בעל – BA’AL yang berarti בעל – BAAL atau tuan dan kata זבוב – ZEVUV, lalat. BEELZEBUL, harfiah “majikan dari lalat” adalah ilah orang Filistin yang disembah di kota Ekron dalam Perjanjian Lama.

6. Satan 
שטן – SÂTÂN, dengan makna yang sama yaitu LAWAN, SETERU, MUSUH.

7. Belphegor
Belphegor didalam alkitan ialah dewa sesembahan bangsa asyur yang dikenal dengan Baal Peor

Ulangan 25:3 Ketika Israel berpasangan dengan Baal-Peor, bangkitlah murka TUHAN terhadap Israel

Digambarkan dalam dua model berbeda: sebagai seorang wanita muda yang cantik ketika di dunia atau sebagai iblis berjenggot mengerikan dengan tanduk dan kuku yang tajam.
Dia sering dikatakan juga sebagai iblis kekayaan yang didapat dengan licik. Dia mendorong seseorang untuk mendapatkan kekayaan dengan cara mudah dan jika perlu dengan menipu.

8. Lillith (kuntilanak)

Orang Yahudi — menurut Talmud Babilonia Megilla — dilarang menyapa temannya di malam hari karena kuatir kalau-kalau mereka menyapaלילית – “LILIT”, hantu cewek alias kuntilanak yang biasanya nongol di malam hari. Kata lilith kita temukan didalam kitab yesaya 34:14
Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian
וּפָגְשׁוּ צִיִּים אֶת־אִיִּים וְשָׂעִיר עַל־רֵעֵהוּ יִקְרָא אַךְ־שָׁם הִרְגִּיעָה לִּילִית וּמָצְאָה לָהּ מָנֹֽוחַ׃
Translit, UFAGSYU TSIYIM ET-IYIM VESA’IR AL-RE’EHU YIKRA AKH-SYAM HIRGIA LILIT UMATSAH LAH MANO’AKH

9. Jin’
Berbeda dengan kepercayaan lain, Yudaisme/Kekristenan tidak mempunyai kepercayaan adanya Jin Mukmin dan ada Jin Kafir, pengertian JIN menurut data-data Biblika, sebagai berikut :
‘Jin ( שעיר – SA’IYR, Ibrani), artinya ‘yang berbulu’, ‘kambing jantan’. ” שעירים – SE’IRIM” dalam kepercayaan semitis-kuno adalah dewa-dewa yang mempunyai rupa kambing-jantan. Korban-korban dipersembahkan bagi mereka di tempat-tempat yang tinggi, di gunung2/bukit2, dengan imam-imam yang khusus melayani upacara keagamaan itu (2 Tawarikh 11:15).

10. Roh jahat
Istilah roh ponêros (πονηρος – ponêros) roh-jahat, dan roh akathartos (ακαθαρτος – akathartos) roh najis dan roh jahat (devil, KJV) (δαιμονιον – daimonion), nampaknya sama.
Kelihatannya ihwal moral tidak tercakup dalam kasus roh jahat, sebab orang yang kerasukan tidak dikucilkan dari rumah sembahyang. Roh nampaknya disebut jahat jika menimbulkan akibat yang merusak, seperti penyakit, tetapi penderita sendiri tidak dipandang jahat atau najis. Roh jahat itu harus ditolak dan dikalahkan. Yesus sendiri mengeluarkan roh jahat dari diri penderita 

11. Legion
Dinamai “LEGION” sebab jumlah roh jahat yang memasukinya banyak, tapi tidak dihitung, lihat Markus 5:13: 2,000 ekor babi. Karena roh jahat itu tidak mau memperkenalkan dirinya, barangkali sebagai gantinya ia menyatakan jumlahnya. Juga roh jahat lebih suka berada secara berkelompok atau dalam pasukan

12. Appolion
Kitab Wahyu menyebut “apolluôn” atau yang kadang ditrasliterasikan dengan “apollyôn”, sebagai malaikat jurang maut yang berkuasa atas para korbannya. Jurang itu sendiri dipahami sebagai abussos yang berarti tanpa alas, bagian terdalam atau dunia terbawah tempat para malaikat menghukum dan membinasakan manusia yang tidak beriman teguh kepadaAllah.
Beberapa penafsir Kitab Suci mengaitkannya dengan dewa Apollo dalam mitologi Yunani yang diceritakan sebagai dewa kematian, perusak (verderber, wabah sampar, matahari, musik, puisi, tentara, penggembala, dan dewa para tabib (The Anchor Bible Dictionary I, 301-302). 

13. Belial
Paulus menyampaikan maksud satanas secara dualis dalam kata beliar, yaitu dalam arti pemimpin kuasa kegelapan yang tidak dapat bersatu dengan “Terang” atau dalam arti kuasa jahat yang mengakibatkan manusia memuja berhala sekaligus hidup dalam perzinahan (The Anchor Bible Dictionary 34 , vol.1, 654-656)

One thought on “13 Nama-Nama Setan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s