Fakta dibalik kata “Haleluyah”

Haleluyah..haleluyah..haleluyah.. ini adalah kata yangf sering orang kristen ucapkan entah itu dalam liturgi ibadah, bahkan ketika mengungkapkan kegembiraan, Jika didalam terminologi islam dikenal kata “alhamdulilah” maka dalam kristiani kita menggunakan kata haleluyah.

Sebenarnya sih hampir semua orang bisa menjawab apa itu arti haleluyah yaitu “Puji Tuhan”. Namun sebenarnya kata ini memiliki begitu banyak rahasia yang bisa menjadi pelajaran bagi kita.

Kata Haleluyah berasal dari bahasa Ibrani הללו־יה  HALELU-YAH yang terdiri atas dua kata

  • הללו  (HALELU)
  • יה– (YÂH)

Kata in akan banyak kita temuka didalam kitab Mazmur, ayat pertama didalam alkitab yang memuat haleluyah adalah:

Mazmur 104:35 Biarlah habis orang-orang berdosa dari bumi, dan biarlah orang-orang fasik tidak ada lagi! Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Haleluya!

Fakta menarik tentang kata Haleluyah

1. Halelu berasal dari kata Halal (הָלַל) memiliki akar kata: he (הָ) dan lamedh (ל).

Pada masa In Proto-Northwest Semitic dimana huruf kuno masih menggunakan piktogram (Pictogram adalah penulisan huruf yang menggunakan simbol gambar). Huruf lamedh (ל) merupakan turunan dari simbol gambar “tongkat gembala”. Sedangkan huruf he (הָ) berasal dari simbul huruf seseorang yang menengadah dan memandan keatas biasanya huruf ini digunakan untuk menuliskan nama Tuhan didalam bahasa Ibraninya ialah HaSchem. Bahkan huruf ini biasanya juga tertulis didalam Khamsa (mengenai Khamsa dapat dibaca di artikel https://littleflocks.wordpress.com/2012/02/26/birkat-habayit-%D7%91%D7%A8%D7%9B%D7%AA-%D7%94%D7%91%D7%99%D7%AA-berkat-bagi-rumah/)

Implikasinya bagi kita ketika kita mengatakan Haleluyah:

  • Dari huruf Lamedh kita menyadari kita ini dalam guidance Tuhan dan bukan hanya dalam keadaan baik. Tongkat gembala juga digunakan untuk “admonish” menegur dan mendidik kita. Tongkat gembala selalu melengkung, tujuannya ketika ada domba yang mencoba memisahkan diri dari kawanan maka tongkat gembala tadi akan digunakan untuk mengaitkan keleher dombanya agar kembali ke kawanannya. Itulah mengapa Daud mengekpresikannya didalam Mazmur 23– Gadamu dan Tongkat mu itulah yang menghibur aku dalam terjemahan New Living Translation : Even when I walk through the darkest valley, I will not be afraid, for you are close beside me. Your rod and your staff protect and comfort me.
    Tongkat Tuhan yang melindungi dan menuntun kita… Haleluyah
  • dari huruf He kita belajar untuk memandang kepada HaSchem yaitu Tuhan dengan perasaan takjub seperti yang digambarkan dalam pictogram tadi dan ini berarti kita menyadari bahwa kita ini bukan apa-apa tanpa Dia, kita ini kecil, kita takjub dan kagum akan Tuhan yang luar biasa.
2. Kata Haleluyah ditulis dalam bentuk Stem Pi’el
Stem Pi’el adalah bentuk gramatika didalam bahasa Ibrani untuk menunjukan tindakan yang yang lebih intensive. Contoh sederhananya ialah:
Stem Qal: Menangis maka bentuk Stem Pi’el nya adalah menangis termehek-mehek tersedu-sedu dan manangis terus menerus. contoh lain ialah jika stem Qal menulis “ia memecahkan piring” dengan pengertian ia menjatuhkan piring hingga pecah, maka stem Pi’el mengandung pengertian ia mengambil martil dan memukul piring itu hingga hancur berkeping-keping. Kalau bahasa sederhananya ialah ini expresi lebay nya wkwkwk
Jika kata Haleluyah ditulis dalam bentuk Stem Pi’el artinya Bahwa kita memuji Tuhan bukan hanya “memuji” sebagai lip service tetapi memuji yang bersifat intensif, sesuatu yang lebih, sesuatu yang diniatkan, sesuatu yang dengan segenap usaha. Ini sesuai dengan Hukum Kasih yang pertama,, Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu dan dengan segenap pikiran mu…
3. Pengertian lain dari kata halel: Memancarkan, memperjelas, menyinari
Istilah halel/halal atau dalam bahasa arabnya ialah hilal bukanlah hal yang asing bagi kita. Setpa puasa teman-teman kita umat muslim untuk menentukan kapan jatuhnya bulan ramadhan dengan melihat hilal atau cahaya. Hilal/halel juga memiliki makna yang sama. Ini berarti apa? Ketika kita mengatakan haleluyah kita sedang memancarkan dan meperjelas Tuhan didalam hidup kita bahwa Tuhan itu nyata dan kita alami sehingga itu memancar keluar baik itu lewat tindakan dan tutur kata.
4. Kata haleluyah tertulis 24 kali didalam alkitab
Angka 24 memilki makna yang istimewa didalam alkitab, contoh jumlah kitab di dalam Tanakh ada 24 kitab, jumlah tua-tua yang tersungkur menyembah Yesus ada 24 jumlahnya. Angka 24 didalam alkitab memiliki makna Angka Keimaman, Pemerintahan Sempurna dapat dilihat dalam beberap ayat :
  • Yosua.4:2-9, 4:20; 1 Raja-raja.19:19
  • 1 Tawarikh  24:3-5, 1 Tawarikh .25
  • Wahyu 4:4-10, – 4 mahluk hidup (24 sayap).
  • 24 tua-tua
  • Catatan: Di Kota Suci Yerusalem Wahyu 21, 22.
Dismaping itu angka 24 juga mewakili jumlah jam didalam satu hari, yaitu 24 jam Means kita memuji Tuhan, dan memancarkan Tuhan keimaman dan bagaimana Tuhan menguasai hidup kita mestinya setiap saat, setiap jam.
Demikian sharing kita tentang makna kata Haleluyah.. kata yang sederhana namun memberi pengajaran yang luar biasa bagi kita. Tuhan Yesus memberkati
Bekasi 3/2/2012

3 thoughts on “Fakta dibalik kata “Haleluyah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s