Menjawab Berita Republika “Ditemukan Injil yang mengabarkan Yesus menubuatkan kedatangan mesias lain”

Dalam salah satu berita yang dilansir Republika http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/12/02/27/m01kz6-ditemukan-injil-yang-mengabarkan-kedatangan-nabi-muhammad yang disadur dari Daily.UK http://www.dailymail.co.uk/news/article-2105714/Secret-14million-Bible-Jesus-predicts-coming-Prophet-Muhammad-unearthed-Turkey.html#ixzz1nSY2LDa8. Diklaim bahwa telah ditemukan “injil” yang ditulis dalam bahasa aram yang menceritakan nubuatan Yesus mengenai kedatangan Mesias yang bernama “Muhamad” dan disamping itu dklaim pula bahwa injil ini memuat bantahan Yesus mengenai doktrin Trinitas dan Konsep Penyaliban. Bagaiman kita sebagai orang percaya mempertanggungjawabkan iman kita? sekali lagi artikel ini bukan sebagai serangan terhadap iman muslim tetapi bentuk pertanggungjawaban kita terhadapa iman kita.

Oke, karena ini baru merupakan penemuan dan saya secara pribadi belum melihat atau membaca “injil” ini. Tetapi ada beberapa hal yang cukup menggelitik:

How do you know it was 1500 year old bible? Ini belum dikonfirm dari sumber penelitian-penelitian lainnya.

Oke anggaplah bahwa benar ini inji yang berusia 1500 tahun yang lalu, lantas:

Injil kanon yang kita miliki sekarang (Matius, Markus, Lukas, & Yohanes) ditulis pada abad-abad pertama dimana saksi hidup Yesus masih ada, terbukti dengan masih tersimpannya kanon yang sudah dilakukan pada abad ke dua.

Pada abad ke 2 kanon PB telah lengkap. Hal ini kita ketahui dari:

  1. The Old Syriac – terjemahan PB pada abad kedua dalam bahasa Syria. Semua kitab ada, kecuali: 2 Petrus, 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas, dan Wahyu.
  2. Justin Martyr pada tahun 140 M. Semua kitab PB ada, kecuali: Filipi dan 1 Timotius.
  3. The Old Latin – sebuah terjemahan sebelum tahun 200 M. Terkenal sebagai Alkitab dari gereja Barat. Semua PB ada, kecuali Ibrani, Yakobus, 1 Petrus dan 2 Petrus.
  4. The Muration Canon pada tahun 170 M. Semua PB ada, kecuali: Ibrani, Yakobus, 1 Petrus dan 2 Petrus (sama dengan The Old Latin).
  5. Codex Barococcio pada tahun 206 M. Semua kitab PL dan PB ada, kecuali: Ester dan Wahyu.
  6. Polycarp pada tahun 150 M pernah mengutip: Matius, Yohanes, sepuluh surat Paulus, 1 Petrus, 1 Yohanes dan 2 Yohanes.
  7. Irenaeus (murid Polycarp) pada tahun 170 M. Semua kitab PB ada, kecuali: Filemon, Yakobus, 2 Petrus, dan 3 Yohanes.
  8. Origen pada sekitar tahun 230 M menulis daftar kitab-kitab PB, sebagai berikut: ke-4 Injil, Kisah Para Rasul, ke-13 surat-surat Paulus, 1 Petrus, 1 Yohanes dan Wahyu.
  9. Eusebius di awal abad ke 4 menyebut semua kitab PB.
  10. Pada tahun 367 M dalam Festal Letter yang ditulis oleh Athanasius, Bishop Alexandria, mencantumkan daftar 27 kitab-kitab PB.
  11. Jerome pada tahun 382 M, Ruffinua pada tahun 390 M dan Augustine pada tahun 394 M mencatat kanon PB sebanyak 27 kitab.
  12. Akhirnya pada tahun 397 M, konsili gereja di Carthago mengesahkan 27 kitab PB.

Dan kodex alkitab ini masih tersimpan rapi dibeberap perpustakaan terkenal dunia:

Terjemahan naskah PB dewasa ini umumnya didasarkan pada beberapa manuskrip kuno yaitu :

1. Kodeks Vaticanus
Bertarik abad 4 M. Tersimpan di perpustakaan Vatikan. Terdiri dari PL dan PB. Khusus PB terdiri dari 4 Injil, KPR, Surat-surat Kiriman, Surat-surat Paulus dan Ibrani hingga 9 : 14.
Terdiri dari 759 halaman, dimana 142 halaman adalah PB.

2. Kodeks Sinaiticus
Bertarik abad 4 M. Tersimpan di London British Museum. Terdiri dari PL dan PB. Khusus PB terdiri dari 4 Injil, KPR, Surat-Surat Kiriman, Surat-Surat Paulus, Wahyu, Surat Barnabas dan Penggembalaan Hermas.
Terdiri dari 346 halaman, dimana 147 halaman adalam PB (termasuk Surat Barnabas dan Penggembalan Hermas).

3. Codex Alexandrinus
Bertarik abad 5 M. Tersimpan di London British Museum. Terdiri dari PL dan PB. Khusus PB terdiri dari 4 Injil, KPR, Surat-Surat Kiriman, Surat-Surat Paulus, Ibrani, Wahyu dan I dan II Clement. Terdiri dari 773 halaman, dimana 143 halaman adalah PB

4. Codex Ephraemi Rescriptus
Bertarik abad 5 M. Tersimpan di Bibliothèque Nationale, Paris. Terdiri dari sebagian PL dan PB. Khusus PB terdiri dari 4 Injil, KPR, Surat-Surat Kiriman, Surat-Surat Paulus, Ibrani dan Wahyu.
Terdiri dari 209 halaman, dimana 145 halaman adalah PB

5. Codex Bezae
Bertarik abad 5 M. Tersimpan di University Library, Cambridge. Terdiri dari PB yang terdiri dari 4 Injil dan KPR dalam bahasa Yunani dan Latin. Selain itu terdapat juga Surat-Surat Kiriman. Terdiri dari 510 halaman.

6. P (papiry) 75 Bertarik sekitar 200 M dan berisikan naskah injil Lukas dan injil Yohanes. Dari seharusnya 144 halaman, yang ditemukan hanya 102 halaman.Tersimpan di Bibliothèque Bodmer, Swiss

7. P (papiry) 46 yang bertarik sekitar 200 M dan berisikan 10 kitab surat kiriman PB yang ditulis oleh rasul Paulus. Dari seharusnya 114 halaman, yang ditemukan hanya 86 halaman. Tersimpan di Perpustakaan Chester Beaty Dublin

Keabsahan P75 dan P 46 ini dikonfirmasikan dengan terjemahan versi Syria yang dilakukan antara tahun 150 M – 180 M. Naskah Syria yang ditemukan bertarik 400 M mengkonfirmasikan bahwa teks P75 dan P46 tepat.

Pointnya adalah:

1. Mengapa injil ini tidak memiliki keseuain dengan injil yang ditulis pada abad-abad pertama, ketika saksi hidup yaitu para murid masih hidup? Injil ini sesuai claimya ditulis pada abad 5-6 Masehi sedangkan yang otentik ditulis pada abad-abad pertama. Untuk menguji keabsahan sesuatu kita tentu harus mencari sumber yang lebih dekat dengan sumber atau peristiwanya bukan?? Bukan dari sumber yang baru ditulis 500 tahun setelah kejadiannya? masuk akal??

2. Jika ini injil yang otentik maka injil ini harus banyak dikutip oleh Bapak-Bapak gereja mula-mula. Semua injil Kanon dan Tulisan Para Rasul telah sering dikutip oleh Bapak-Bapak gereja mula-mula.

3. Usia atau rentang waktu penulisannya. Butuh studi independence untuk menentukan kisaran penulisan “injil” ini. Mengingat semua injil kanon yang kita miliki sekarang ditulis lebih awal ratusan tahun dari pada “injil” yang baru ditemukan ini.

4. Kesesuaian sejarah. Didalam injil ini disebutkan pula Yesus menentang konsep penyaliban. Banyak sumber-sumber sekuler yang ditulis pada abad-abad pertama yang menyaksikan keberadaan Yesus dan Prosesi penyalibannya

  • Cornelius Tacitus (55-120 Masehi) dalam catatannya Annals XV,44: But not all the relief that could come from man, not all the bounties that the prince could bestow nor all the atonements which could be presented to the gods, availed to relieve Nero from the infamy of being believed to have ordered the conflagration, the fire of Rome.  Hence to suppress the rumor, he falsely charged with the guilt, and punished with most exquisite tortures, the persons commonly called Christians, who were hated for their enormities.  Christus, the founder of the name, was put to death by Pontius Pilate, procurator of Judea in the reign of Tiberius: but the pernicious superstition, repressed for a time, broke out again, not only through Judea, where the mischief originated, but through the city of Rome also.”

  • Suetonius Sejahrawan Romawi yang hidup pada masa Kaisar Hadrian. Dalam tulisannya “As the Jews were making constant disturbances at the instigation of Chrestus, he expelled them from Rome.”  (Life of Claudius 25.4).

  • Pliny the Younger adalah Gubernur Romawi di daerah Bythinia (112 Masehi) Ia menulis surat kepada gubernur Trajan untuk memperalukan orang Kristen yaitu dengan membunuh baik lakiplai, perempuan dan anak-anak. “curse Christ, which a genuine Christian cannot be induced to do.” (Epistles X, 96)

  • Tallus adalah sejarahwan sekuler romawi (52 Masehi) ia menulis a history of the Eastern Mediterranean from the Trojan War. Dalam catatanya ia menuliskan ketika terjadi gerhana matahari ketika Yesus disalibkan unreasonably of course, because a solar eclipse could not take place at the time of the full moon, and it was at the season of the Paschal full moon that Christ died.” Julius Africanus, Chronography, 18.. Hal ini sesuai dengan kesaksian injil Matius
    27:45 Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga.27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
  • Phlegon seorang sarjana romawi yang juga menyaksikan peristiwa gerhana matahari ketika terjadi penyaliban Yesus “During the time of Tiberius Caesar an eclipse of the sun occurred during the full moon.” Julius Africanus, Chronography, 18.1


  • Mara Bar-Serapion seorang filsuf dari Syria, Ia menulis di penjara pada tahun 70 Masehi membandingkan Yesus dengan para filsuf Yunani speerti Socrates dan Phytagoras.

  • Josephus ben Mattathias atau Flavius Josephus (37-100 M) Imam Yahudi dan seorang sejarahwan. Ia menulis dua buku Jewish war yang ditulis awal 70 M dan Jewish Antiquities yang selesai ditulis pada 94 M. Dalam tulisan Jewish Antiquities disebutkan “Now there was about this time Jesus, a wise man, if it be lawful to call him a man, for he was a doer of wonderful works, a teacher of such men as receive the truth with pleasure.  He drew over to him both many of the Jews and many of the Gentiles. He was the Christ, and when Pilate, at the suggestion of the principal men among us, had condemned him to the cross, those that loved him at the first did not forsake him; for he appeared to them alive again the third day; as the divine prophets had foretold these and ten thousand other wonderful things concerning him.  And the tribe of Christians so named from him are not extinct at this day.” Antiquities, XVIII, 33
  • Lucian of Samosate penulis satir Yunani pada paruh abad ke-2 menuliskan “The Christians, you know, worship a man to this day’the distinguished personage who introduced their novel rites, and was crucified on that account…” The Death of Peregrine, 11-13

  • The Babylonian Talmud juag dituliskan “It has been taught:  On the eve of Passover they hanged Yeshu.  And an announcer went out, in front of him, for 40 days (saying): ‘He is going to be stoned, because he practiced sorcery and enticed and led Israel astray.  Anyone who knows anything in his favor, let him come and plead in his behalf.’ But, not having found anything in his favor, they hanged him on the eve of Passover.” Sanhedrin 43a; df.t.Sanh. 10:11; y. Sanh. 7:12; Tg. Esther 7:9

Kesimpulan:

Bahwa banyak proses dan batu uji yang digunakan untuk menentukan apakah injil ini otentik atau tidak. saya mengutip Firman Tuhan :

2 Korintus 11:4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.
11:5 Tetapi menurut pendapatku sedikit pun aku tidak kurang dari pada rasul-rasul yang tak ada taranya itu.
11:6 Jikalau aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan; sebab kami telah menyatakannya kepada kamu pada segala waktu dan di dalam segala hal

Sabarlah, dan ingat kita memilki kesaksian-kesaksian para rasul yang merupakan sumber terpercaya. Dan seperti di ayat 6 Jikalau aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan. Pengetahuan modern, penelitian-penelitian, ahli-ahli sejarah dan arkeologi dapat membantu mengungkapkan fakta sejarah. Tuhan Yesus memberkati

Bekasi 6/Maret/2012

8 thoughts on “Menjawab Berita Republika “Ditemukan Injil yang mengabarkan Yesus menubuatkan kedatangan mesias lain”

  1. Setelah Yesus naik ke sorga, Ia mengutus Parakletos yaitu Roh Kudus. Org Arab menerjemahkan salah… Parakletos diganti menjadi perikletos, yg artinya Nabi Mohammad. Umat Islam percaya bahwa Nabi Mohammad datang setelah Yesus dan menjadi Nabi terahkir,. sesungguhnya yg datang itu Roh Kudus… GB

  2. walaupun tersimpan di mesium,sampai sekarang tidak ada injil dengan bahasa aslinya.
    ini membuktikan bahwa injil telah mengalami pencampuran dan distorsi yang nyata dari beberapa versi yang ada

    • hoho emang bahas asli injil apa mas/mbak Puji?? Bahasa Yunani adalah bahasa yang sudah dipakai dalam percakapan sehari-hari oleh Yesus maupun murid-muridnya.. Walau bahasa aram adalah bahas ibu.. tetapi bahasa Yunani adalah bahasa pergaulan pada saat itu (seperti bahasa inggris pada saat ini), ini juga terlihat dengan penterjemahan alkitab perjanjian lama kedalam bahasa Yunani (septuaginta) pada 300 thn sebelum Yesus, ini juga mengindikasikan banya orang Yahudi sendiri tidak begitu fasih akan bahasa Ibrani danaram. tujuan injil ialah bagi semua umat manusia.. oleh karena itu penulisan kitab injil oleh para murid menggunakan bahasa Yunani.

  3. Good job Bro. Saya suka tulisan Anda ini. Sekadar nambahin aja: Tipu daya setan itu banyak dan umumnya memuaskan nalar orang2 yg lemah imannya. Yang diuntungkan adalah umat dari agama yg cenderung menekankan pada segi akal budi. Padahal, utk memahami kemahakuasaan Tuhan, nalar atau akal budi saja tak cukup. O come on, memahami diri sendiri saja kita tidak tuntas apalagi orang lain. Eh, kog berani menalarkan TUhan yg sumber dari segala sumber misteri kehidupan jagat raya. Saking terlalu demennya pada segi akal budi, jangan heran kalau segala sesuatu di alam dihubung2kan dengan Kitab Suci mereka. Benar2 praktek rasionalisasi yang sayangnya ditelan mentah2 oleh kebanyakan orang karena tingkat pengetahuan dan pendidikannya relatif minim. Pekerjaan kita yg sudah memiliki Roh Pengetahuan akan Tuhan utk kalau bisa setidaknya meyakinkan sesama pengikut TUhan yg Benar supaya tdk gampang terbujuk tipu daya setan. Amin ya Bro ya. Above of all, Jesus still beetween us even the world left us out…

    • Yes mas bro.. Tuhan itu Transrasional.. Ia melampaui segala akal.. akal kita tidak akan mampu mendefinisikan Tuhan.. jika Ia terdefiniskan maka Ia bukan Tuhan.. hehe makanya dalam Kabbalah ada sebutan untuk Tuhan yang saya suka yaitu Ein Sof (אין סוף) yang berarti Tak terdefiniskan.. itualah Tuhan yang kita sembah dan kenal didlam Yesus Kristus.. Tuhan Yesus memberkati

  4. Pingback: Meluruskan salah faham antara Kristen dan Islam « littleflocks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s