He never fails

Sering kali kita berhenti sampai pada level kita diampuni, padahal Tuhan memiliki suatu rencana yang lebih besar dari itu. Aku mengakui bahwa aku sering kali berjuang jatuh bangun untuk mengikuti Dia, bahkan aku sudah meninggalkan cinta mula-mulaku kepada Tuhan. Hidup dalam kepura-puraan bahwa kerohanianku maish baik, padahal sebenarnya tidak.

Tetapi aku sungguh terkagum dan terpesona menyadari Tuhan tetap setia, Dia tetap baik bahkan ketika hidupku tidak baik. Aku sungguh menyadari siapa Tuhan yang aku sembah..

Kali ini aku ingin menceritakan bagaimana Tuhan menjamah hidup ku kembali dan memulihkan ku. Kemaren setelah menyelesaikan job di Grand Praire Texas, aku bingung ingin menghabishkan weekend dimana entah di Houston, Dallas atau Fort Worth atau malah pergi ke San Antonio. Aku sangat ingin pergi ke San Antonio saat itu. Well singkat cerita akhirnya aku memutuskan pergi ke Houston. Sebenarnya saat-saat itu hidup kerohanianku sangat tidak baik, aku sering kali meninggalkan jam doaku, bukan karena aku merasa malas tetapi lebih karena aku merasa bahwa aku selalu jatuh bangun pada hal yang sama bahkan rasanya tidak mungkin bagiku untuk bisa lepas, aku sedang mencari siapakah diriku sebenarnya dan untuk apa aku ada.

Dalam perjalanan kurang lebih 7 mengemudi dari Grand Prarire ke Houston, ditengah perjalanan badai datang. Angin begitu kencang dan kilat menyambar dengan keras. Hal itu memang sempat membuat aku takut, tetapi aku tetap melanjutkan perjalanku ke Houston. Tibalah aku di Houston kurang lebih saat itu sudah pukul 20:30, bahkan malam itu aku masih sempat pergi ke bioskop untuk menonton Pirates and Carribean. Karena memang tujuan ku ke Houston hanya untuk menghabiskan akhir pekan sebelum bergi job ke Borger kurang lebih 620 mile atau 1000 km dari Houston. Tidak pernah terfikirkan bahwa pada hari sabtu itu Tuhan akan menjamah ku.

So pada hari jumat aku memang berencana pada hari sabtu aku akan pergi ke San Antonio untuk melihat museum Ripley’s atau pergi ke Sea Worldnya. Namun sabtu itu aku bangun sangat kesiangan sekitar hampir jam 12 siang (ini mungkin karena beberapa minggu sebelumnya banyak pekerjaan bahkan kadang harus 24 kerja dengan istirahat yang tidak teratur) So akhirnya aku membatalkan pergi ke San Antonio karena butuh waktu 3.5 jam mengemudi dari Houston ke San Antonio. So sambil berfikir-fikir mau ngapain sabtu itu aku membuka facebook ku. Dan waktu itu aku membuka facebook Pst. Don. Beliau adalah Pendeta di Houston First Church of God, dah saat itu aku tertarik untuk membuka video yang di tag di wall pst. Don. Entah mengapa ketika aku menyaksikan video itu sungguh menggugah hatiku. Aku mulai mengingat bagaimana selama ini Tuhan telah menolongku dan tidak pernah meninggalkanku, disetiap langkah hidupku bahkan ketika ayahku meninggal, saat aku lulus kuliah, bekerja bahkan saat ini di US. Tuhan tetap selalu ada buatku, aku sering kali tidak ada buat Dia.

video.php?v=146706712069108

Aku sering bertobat, minta ampun, namun aku berhenti pada level itu. Ketika aku menyaksikan video itu.. aku menyadari Tuhan punya rencana yang labih dude!… AKu mengingat lagi bagaimana Tuhan pertama kali memanggilku untuk mengikuti Dia dan Tuhan memakai ku untuk melayani Dia. Bagaimana cinta mula-mula, bagaimana ketika saat itu jikalau pun harus mati demi Dia aku bersedia. Dan melihat bagaimana hidup ku sekarang yang sangat jauh dari cinta mula-mulaku. Saat itu menangis dan mengakui dosa-dosaku, dan aku berkata kepada Tuhan; “Tapi Tuhan aku taku bahwa aku akan selalu jatuh ditempat yang sama, aku lemah”.

Saat itu aku mulai mendengar suara Tuhan , suara yang sudah lama tidak aku dengarkan. Ia berkata ketika Tuhan memanggil ku, Ia tau siapa aku, Dia tau setiap kelemahanku dan Dia punya rencana atas hidupku. Yang aku butuh lakukan sekarang ialah apakah aku mau percaya dan menyerahkan hidupku secara total kepada Dia. Aku memang tidak akan sanggup menghadapi dosaku dan kelemahanku. Tetapi Dia sanggup!.. Biarkan hidupmu dipenuhi dan dikuasai oleh Tuhan secara penuh, Biarkan kemampuan dan kekuatan Tuhan yang memampukan mu. Malam itu aku berkata kepada diriku dan Tuhan,” bahwa hari ini aku memutuskan untuk percaya! dan aku menyerahkan hidupku kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta ini, Raja diatas Segala Raja, Tuhan diatas segala Tuhan”. Aku sungguh terpesona akan kesetiaan Tuhan bahkan disaat kita tidak setia. Sungguh tidak ada Tuhan yang seperti Dia.

Tetapi baru saja aku mengucapkan hal itu, pada malam harinya aku ingin bersaat teduh. Tetapi aku menundanya karena aku fikir “ah nanti saja sebelum tidur”, so aku bermain Fb dan kaskus. Well benar saja ketika aku hendak bersaat teduh, itu bukan lagi waktu yang baik buatku bersaat teduh karena aku sudah mulai mengantuk, aku mencoba memaksa diriku untuk bersaat teduh. Saat itu Tuhan menegorku lagi : “Ketika kau berkata kau ingin mengasihiku dan memberikan yang terbaik, maka bukan masalah berapa lama kau berdoa, bagaiman cara kau berdoa atau dimana kamu berdoa, tetapi bagaimana kau memberikan waktumu, Tuhan mengingatkan ku ketika aku di lapangan, kotor dan lelah, namun ketika ada kesempatan aku menyempatkan untuk masuk ke dalam truck ku dan membaca alkitab dan berdoa. “Itu yang aku mau, hati yang sungguh ingin mencari Aku”. Aku sungguh malu pada malam itu, baru saja aku berkata bertobat tetapi aku telah mengecewakan Dia lagi.

Aku berdoa seperti seorang anak yang meminta ampun kepada orang tuanya “Tuhan aku mohon Engkau jangan marah, jangan tinggalkan aku” Tetapi Tuhan memang adalah Tuhan yang setia, Dia tidak pernah meninggalkan kita. Malam itu aku kembali berbaikan dengan Tuhan.

Pagi ini aku pergi ke gereja  Hoston First Church of God, walau rada telat mengikuti sunday school oleh pst. Greg Smith. Pagi itu kami mendiskusikan tentang “American Dream”, bicara tentang kesuksesan menurut alkitab bukan diukur oleh apa yang kita miliki tetapi bagaimana Kerajaan Allah ditegakan. Setelah Sunday School kami mengikuti Sanctuary atau ibadah minggu. Minggu-minggu sebelumnya Pst. Don membahas tentang “Beatitudes/Ucapan Bahagia”, Ternyata beliau telah menyelesaikan serie khotbah itu. Hari ini beliau membahas tentang menjadi garam dunia. Kali ini Tuhan pun meneguhkan ku kembali lewat khotbah Pst. Don. Beliau menjelaskan tentang fungsi garam dan aplikasinya dalam hidup orang percaya. Tiba di ayat yang berkata:

 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

Aku telah menjadi tawar selama ini, saat itu Pst. Don berkata bahwa kalu hari ini hidup kita telah menjadi tawar mari kita meminta Tuhan untuk mengasinkan hidup kita lagi, aku yakin Tuhan sekali lagi meneguhkan aku, beliau membuka altar untuk berdia dan aku berdoa di altar. Sungguh aku merasakan damai dan sukacita yang liuar biasa.

Sebagai informasi digereja ini aku bertemu banyak orang-orang yang menerimaku sebagai keluarga, bahkan digereja ini aku memiliki seorang ibu, aku memanggil dia Mama Debs. Pertama kali aku pergi kegereja ini berkat google map, karena waktu itu aku bingung mencari gereja di US. Walau sempat awalnya aku merasa asing digereja ini, karena ketika mengikuti sunday school untuk Young Adult, hampir tidak ada yang mengajak berbicara. Sempat aku berfikir well I might go to the wrong church. Tapi ketika ibadah aku berkenalan dengan Mama Deb’s ini. Beliau lah yang membuat diriku merasa memiliki keluarga di gereja itu, dan mulailah aku berkenalan dengan banyak orang dan mereka sungguh orang-orang yang luar biasa. I love Mama Debs, Marcela, Ricks, Pst Don, Pst. Greg, Mrs. Shirley, etc..

Selesai ibadah, kami menyalami anak-anak SMU yang lulus dan melihat achievement mereka selama sekolah (kayaknya di Indo perlu dibuat yang beginian), saat itu juga aku berkenalan dengan Mrs. Thompson, dan kami pergi makan siang di Rudy’s (BBQ resturant) saat itu kami bisa sharing bagaimana Tuhan bekerja didalam hidup kami. Kembali lagi aku merasa memiliki keluarga dan teman yang baru. Sungguh persekutuan adalah hal yang indah.  Selesai aitu aku kembali ke motel Extended Stay Deluxe dimana aku tinggal, dan seperti biasa aku membuka FB dan berita dan Youtube.

Saat aku membuka Youtube aku mencari berita tentang Obama yang menginginkan Israel kembali kepada peta tahun 1967 (sebelum six day war), dan iseng aku membuka lagu rohani dan mendengarkan lagu maria shandy (kupercaya janjiMu). Selesai mendengarkan dan membaca beberapa berita aku pergi tidur siang. Sesaat sebelum tidur aku mulai sempat ragu lagi akan “bisakah aku bertahan untuk hidup sungguh bagi Dia?” well ketika bangun aku membuka laptop ku dan somehow lagu itu terputar kembali bahkan aku tidak memilih untu relpy. Ini ga pernah terjadi sebelumnya kali aku membuka youtube. saat itu aku tahu itu bukan kebetulan Tuhan sedang menguatkan aku kembali.

Saat Ku hancur hati

Ku datang padaMu

Kau beri kekuatan dan b’ri penghiburan

Saat tak seorangpun dapat kuandalkan

Kau yang memberi jalan

Kau yang menuntunku

Saat ku tak mengerti

Dalam hidup ini

Namun firmanMu selalu menerangiku

Engkau yang buatku kuat lewati semua

Engkau pertolonganku

Tempat harapanku

Reff :

Tuhan… kupercaya janjiMu

Dalam hidupku

Kau b’ri kemenangan

Tuhan… kau s’lalu setia

Didalam hidupku

Kau berharga bagiku

Kaulah jaminanku

Dalam hidupku

Kau berharga bagiku

Kaulah jaminanku

Dalam hidupku

Kupercaya Janjimu Ya Tuhan…

Dia tidak pernah gagal! jika hari ini kamu merasa hidupmu selalu jatuh bangun, dan merasa tidak mungkin lepas. Well anda hanya butuh percaya dan mempercayakan hidup anda sepenuhnya kepada Dia yang berkuasa atas hidup kita.

Houston, May, 22nd, 2011

2 thoughts on “He never fails

  1. Pingback: Tuhan memperhatikan bahkan hal terkecil sekalipun | littleflocks

  2. Wew, barusan baca ini tiba2 teringat kata2mu ketika Tuhan tanya ” apakah km percaya Aku (God) bisa?. Aku pikir setelah km di amerika imanmu terus bertambah, teguh karena km sudah “Menemukan Tuhan, Roh KUdus, bahkan bicara denganNya.

Leave a Reply

