Pacaran Boleh Ga sehhh — untuk remaja

Hi littleflocker kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan yang banyak diajukan oleh para remaja tentang boleh atau tidak pacaran?? Oke mari kita kaji lebih dalam tentang Pacaran didalam Alkitab……

Apakah Alkitab memperbolehkan pacaran???

Saudara sepupu kita didalam aturan keagamaannya tidak mengenal istilah pacaran tetapi “Ta’aruf”. Kalau menurut cerita temanku yang merupakan keturunan Arab, bahwa dia tidak pernah bertemu dengan calon pasangannya, tetapi sang calon ini hanya bertemu dengan ibunya dan kemudian fihak keluarga mencari tahu bibit, bobot dan bebetnya. Dan pada waktu yang ditentukan nanti laki-laki ini boleh bertemu dengan calon pasangannnya dan kemudian menikah. Lantas apakah didalam kekristenan dikenal hal yang serupa seperti ta’aruf atau mungkin tidak.

Untuk memahami ini mari kita belajar dari Keluarga Kudus, yaitu Yusuf & Maria. Didalam teks kitab suci kita membaca didalam

Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri

Didalam bahasa aslinya kata bertunangan itu Μνηστευθείσης (Mnēsteutheisēs) arti kata aslinya ialah merayu dan memenangi, bertunangan dan kemudian menikah..

3423 mnēsteúō – originally, “to woo and win; espouse, then to promise in marriage, betroth” (Abbott-Smith); to espouse; betroth.

copyright © 1987, 2011 by Helps Ministries, Inc.

Dalam kamus lain juga disebutkan bahwa kata ini juga berarti baru sebatas lamaran atau bisa disebut tunangan. Lalu pertanyaan kita apakah sebelum pertunangan Yusuf & Maria adakah tahapan berpacaran atau penjajakan dilakukan terlebih dahulu? dan apakah konsep pacaran dikenal dalam alkitab. Mari kita membaca kitab para pejuang cinta yaitu Kidung Agung 1:13 Bagiku kekasihku bagaikan sebungkus mur, tersisip di antara buah dadaku. Jangan liat kata-kata terakhrnya yah hehe nanti ribet menjelaskan konteks budayanya.. tetapi perhatikan kata “kekasihku” saja ya. Kata kekasih ini bahasa aslinya (דּוֹדִי֙) dowdi akar katanya DOD. Kata ini secara harfiah dapat berarti paman namun juga berarti yang dicintai yang disayangi, tentu apa lagi kalau bukan Pacar dalam bahasa kita sekarang. Daud pun mendapatkan gelar yang sama ketika Ia disebutkan dikasihi Allah, sehingga bisa disebut Daud itu kekasih Allah. Saya yakin anda akan dapat inspirasi untuk menyebut pacar sekarang yaitu dowdi hehe ingat kata ini hanya untuk pria kalau untuk wanitanya biasanya dipakai kata Raah artinya sayangku hehe.

Jadi konsep berpacaran juga dikenal didalam alkitab namun pacaran yang bagaimana? Yaitu Pacaran yang membangun dan dilandasi Kasih Kristus. Tujuan berpacaran itu sangat jelas yaitu sampai pada tahapan hubungan yang lebih serius.. Perlu diingat kekudusan sangat dijaga dalam tahapan-tahapan ini, dalam konteks Yahudi walaupun sudah masuk tahapan pertunangan jika telah terjadi hubungan badan maka akan dianggap sebagai perzinahan, dan didalam Torah diatur hukuman bagi perzinahan adalah hukuman mati. So dont messed up….!!!

Disamping pacaran yang menekankan kekudusan dan saling membangun, didalam tahapan pacaran dibutuhkan kemesraan dalam hal ini bukan kemesraan fisik, tetapi bagaimana kedua fihak belajar saling memahami, menyayangi, dan mengungkapkan perasaan cintanya, jika pada masa lalu orang mengungkapkan perasaannya lewat puisi atau lagu pada saat ini anda bisa belajar bukan menggombal yah tetapi mengungkapkan pujian yang tulus kepada pasangan anda sebagai bentuk rasa sayang anda. Masak iya pacaran cuman isinya ke gereja mulu, anda bisa mengajak pacar anda pergi nonton di bioskop, pergi karokean and etc.. tapi ingat tetap hargai pasangan anda dan jaga kekudusan.

Hmm lantas ABG boleh pacaran ga??

Selama pelayanan saya di remaja, kami memang menekan bahwa anak-anak masa sekolah sebaiknya jangan berpacaran dahulu mengingat zaman sekarang berbeda dengan masa Perjanjian Lama, dimana nilai-nilai kekudusan sangat dijaga. Misal jika ketahuan berzinah ya dihukum rajam, sekarang kan tidak? Dan jika anda berpacaran anda butuh untuk jujur kepada orang tua dan pembina rohani anda JADI…… TIDAK ADA ISTILAH BACK STREET!!!.. emang dikira backstreet boy hehe. Ini memang bukan sebuah Fatwa atau hukum tetapi selama pengalaman pelayanan saya di Jogja ada beberapa kejadian MBA karena orang tua mengijinkan anaknya yang masih SMP untuk berpacaran.

Jadi sebaiknya pada masa-masa sekolah ini isilah dengan hal-hal yang lain baik yaitu studi dan kegiatan ekstrakulikuler milikilah teman sebanyak-banyaknya, kenalilah orang sebanyak-banyaknya nanti kalo cukup matang secara psikologis dan bilogis silahkan berpacaran. Dalam pandangan saya usia minimal wanita berpacaran ialah ketika berumur 18 tahun dan laki-laki umur 21 tahun mengingat secara psikologis laki-laki lebih lambat dewasa ketimbang perempuan. Sekali lagi ini bukan fatwa tetapi pandangan dari berbagai sumber dan pengalaman.

Bagaiman kalau kadung pacaran neh ka? kan udah cinta bangettt?? Hmm :

1. Jujurlah sama orang tua dan Pembina Rohanimu, tanya pendapat mereka. Jangan curhat ama temen-temen sebayamu

2. Tanyalah Tuhan, apakah ini adalah waktu yang tepat untuk mu pacaran atau sebaiknya menundanya.. asal jangan berdoa kayak begini:

  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, jodohkanlah. Jika dia jodoh orang lain putuskanlah lalu jodohkan dia denganku (Versi maksanya kebangetan)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, tolong isi pulsa mama yaaaa.
    (Versi penipu)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, temennya lucu juga. (Versi nawar)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, SALAH GUE?!! SALAH TEMEN-TEMEN GUE?!!
    (Versi AADC)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, ya sudahlah (Versi Bondan feat Fade 2 Black)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, tunjukkan padaaaaakuuuuu siapa suwaaaminyaaaaaa…(Versi Asep Irama)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, TER LA LU…(Versi Bang Rhoma Irama)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, oooogghhhh… tidak bisaaa…(Versi Sule)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, ya sudah gitu aja kok repoooott. (Versi Gusdur)
  • Ya Tuhan… Kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, saya hanya bisa prihatin. (Versi SBY)

3. Bertindaklah sesuai masukan dari Tuhan dan Otoritas mu dalam hal ini orang tua dan pembina rohanimu

Ingat didalam masa pacaran milikilah dignity, harga diri dan wibawa Allah. Kalau pacar mu ga bener, selingkuh atau mo grapa grepe.. cepat tinggalin gitu aja kok repot, jangan dibawa jadi drama queen dan akhirnya menjadi galau semalaman, menangis termehek-mehek. Remaja sekarang banyak dipengaruhi siaran TV, lagu-lagu yang cengeng dan tidak realistis. Jadi please adek-adek jangan malas ibadah atau pergi ke peresekutuan remaja siapa tahu disana dpaat pacar hehe bukan maksud ku ketika adek-adek giat didalam mencari Tuhan dan berkumpul bersama orang-orang seiman maka rohani anda akan dikuatkan apalagi jika anda punya waktu luang untuk mendiskusikan firman Tuhan. Pengalaman saya ketika SMP, ketika pertama kali lahir baru kami sangat gemar berkumpul membicarakan Firman Tuhan, dan gemar untuk bersaksi hingga sampai akhirnya terjadi revival di sekolah kami dahulu (nanti aku share kesaksiannya)… Come on teens you can!!

Jujur tadinya aku mo buat artikel yang agak berat, dengan konsep2 theologis dan bahasa-bahasa Ibrani.. hmm tapi akhirnya Tuhan membawa aku untuk menulisnya dengan bahasa yang ringan, kalau ada pertanyaan lebih lanjut tentang problematika pacaran jangan ragu-ragu.. gabung di group littleflocks banyak kakak2 yang siap memberikan masukan, dan ada juga kakak-kakak admins yang siap membantu mendiskusikan.

Aku tutup dengan suatu ayat di Pengkotbah:

11:9 Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan

Silahkan gabung di FB group http://www.facebook.com/groups/363794380307845/369720936381856/?notif_t=group_activity dan juga email or YM di littleflocks@ymail.com

Bekasi 8/Maret/2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s