Kalau Bukan Tuhan Siapa Lagi???

Kali ini aku ingin menyaksikan lagi tentang penyertaan Tuhan ketika aku lulus kuliah (aku harap kalian tidak bosan aku tag kisah-kisahku). Seperti yang aku ceritakan sebelumnya di notes “Tuhan menjamah ayahku”. Setelah ayah ku meninggal banyak tanda tanya akan masa depan bagaimana aku bisa menyelesaikan kuliahku, tetapi puji Tuhan, Tuhan tidak meninggalkan ibuku sebagai single fighter. Tuhan menyertai ibuku hingga akhirnya akupun bisa menyelesaikan kuliahku di Teknik Perminyakan.

Ketika hendak wisuda sempat ada kekhawatiran jika ibuku tidak bisa datang ke Jogja karena tidak ada biaya. Tetapi ternyata Tuhan mencukupkan. Saat itu aku rada bingung karena kosan ku ga cukup coz yang datang selain ibuku, sepupuku Agus, dan kakak iparku. Tetapi seali lagi Puji Tuhan, Tuhan membuka jalan melalui Kak Martin, padahal pada waktu itu aku baru saja kenal kak Martin melalui pelayanan remaja GKI Gejayan. Tiba-tiba ka Martin menawarkan salah satu rumahnya untuk kami tinggal disana. Aku bersyukur memiliki teman seperti Ka Martin, dan aku yakin itu bukanlah kebetulan tetapi Tuhan membuka jalan melalui kak Martin. Thanks Kak..

Tibalah waktu yang dinanti-nanti yaitu wisuda, sungguh membahagiakan rasanya. Sedikit sedih sebab aku teringat perkataan alm. Ayahku ketika ia sakit, kalau kamu wisuda bahkan jika aku harus menggunakan kursi roda dan menggunakan tabung oksigen aku akan datang. Tetapi Tuhan berkehendak lain, tapi aku yakin ayahku bahagian di sana bersama Bapa.

Selesai wisuda bukan lah ending but welcome pengangguran hehe, dan labih parah saat itu aku menunggak kosanku beberapa bulan. Again puji Tuhan, Tuhan ga biarin aku lama nganggur. Aku ditawarin dosenku untuk ikut project Petro China bersama Martin Tangke dan Rolland Sahetapy. Well gajih nya ga banyak but puji Tuhan lah waktu itu kita dapat Rp.500 rb perbulan. Tapi ternyata Tuhan punya rencana yang lebih lagi, saat itu dosen ku mengirim kami ke Jakarta untuk project BP Migas. Sebenarnya sebelumnya aku sangat tidak mau bekerja di Jakarta, but rancangan Tuhan berbeda dengan rancangan kita.

Saat mendengar dikirim ke Jakarta ada rasa exited tetapi juga masalah lain, gimana aku berangkat kesana? Truss gimana bayar kos disana wong di Jogja yang murah aja masih nunggak bener2 kere Hahah Saat itu aku hanya menyerahkan semuanya kepada Tuhan berangkat dengan modal iman. Ternyata Tuhan sekali lagi menyatakan kuasaNya, ternyata kami sudah dibelikan tiket kreta ke Jakarta dan tidak hanya itu saat itu kami diberi uang saku, dan lebih lagi ternyata kosan kami sudah dibayar penuh oleh dosen kami di Jakarta dan lumayan sekarang gajihnya naik.heheh

Pekerjaan di BP Migas sangat gampang waktu itu, kami hanya menjadi operator untuk menginput setiap data drilling oil company ke dalam data base BP Migas, dan team IT kami membuat software untuk memudahkan proses input data-data tersebut.

Well beberapa saat setelah itu aku lupa tepatnya, kami mendengar ada job fair di ITB Bandung. Dari dulu aku sangat ingin masuk Schlumberger. So saat itu aku pergi ke Bandung dan menginap di kosan Arie Ambon haha thx rie.. you are kind. Well waktu itu aku daftar semua oil company, walau tujuan utama ku schlumberger.

Waktu itu test schlumberger dimulai test English, lanjut ke psikotest, dan group discussion. Saat test psikotest keluar aku melihat namaku ada. Dan saat itu kami disuruh masuk dan diminta membuat pilihan antara menjadi Petro Technical atau Field Engineer. Saat itu aku memilih untuk jadi Field Engineer. Setelah selesai keluar lagi pengumuman baru, tiba-tiba namaku terhapus. Benar-benar syok rasanya. Kok bisa begitu saja terhapus wong sebelumnya masuk dan lulus psikotes. Saat semuat orang bubar, saat itu salah seorang recruiter tiba-tiba bertanya kamu cakra kan? Kamu mestinya milih jadi petro technical.

What?? Makin kesal rasanya kenapa aku gagal hanya karena itu?? Saat itu aku pulang ke kosan Arie dan mulailah sesi curhat hahah. Nah waktu itu aku ngomong “Tuhan setidaknya weatherford keterima”.. kring..kring tiba-tiba hp ku bunyi, well aku angkatlah. Karena kesal aku tidak begitu memperhatikan siapa yang menelepon. Saat itu aku pikir itu adalah cewek yang baru aku kenal di Job fair. But tiba-tiba cewek di telepon itu bilang “hmm maaf ini HRD nya weatherford, kami mau mengundang untuk interview besok lusa di Jakarta bla..bla”.. Aku benar-benar kaget karena baru saja aku bilang “Tuhan setidaknya weatherford tembus”

Well besoknya aku balik ke Jakarta, dan mengikuti test. Test pertama ialah test technical. Kalau bisa jujur saat itu dikasi 5 soal aku hanya bisa menjawab 1 soal gee, but somehow aku lulus test itu dan lanjut ke test selanjutnya. Saat final test aku ditanya “gimana rasanya sampai pada final test ini?” lalu aku menjawab “sejujurnya aku merasa ga sepatutnya aku lulus tetapi jika aku diberi kesempatan dan kepercayaan aku tidak akan menyia-nyiakannya”.

Well sambil menunggu dan harap-harap cemas akan hasil akhir testnya, saat itu duit saku dan menipis gajihan belum lah wong belum 1 bulan kerjanya hehe. Pagi itu sebelum masuk kantor (ini masih di BP MIGAS) aku bersaat teduh di lantai atas kosan. Dan aku ingat aku bernyanyi “Tuhan inilah hidupku, kuserahkan padaMu, segala cita-citaku masa depanku menjadi milikMu.. dst” Well sore harinya aku mendapat email hasil test bahwa aku keterima di Weatherford. Wow sungguh amat luar biasa pertolongan Tuhan.

Singkat cerita aku bisa melunasi utang kosan ku di Jogja heheh dan waktu itu aku mengikuti program GDP (Graduate Development Program) dimana selama 6 bulan kami di rotate di dua business unit WFT. Well saat itu aku pengen ambil drilling atau tidak control pressure drilling. Tetapi Tuhan mengarahkan untuk mengambil hal yang lain yang sewaktu kuliah tidak terfikirkan yaitu fishing dan Thru Tubing. Singkat kisah ketika permanent placement aku masuk BU Thru Tubing dimana ini BU tidak begitu aku suka, dan lagipula aku tidak begitu suka dengan gaya kepemimpinan bosnya.

Singkat kisah lagi saat itu karena sedikit merasa tertekan di BU ini sempat aku menanyakan kepada Tuhan, kenapa aku ambil ini, ini BU yang salah dan aku sempat berfikir untuk keluar dari WFT. Tetapi aku bertahan karena aku bisa masuk pun lewat suatu mujizat yang luar biasa dan tidak mungkin aku menyia-nyiakannya seperti kata-kata ku sebelumnya.Tiba-tiba disaat benar2 desperate nya aku mendapat telepon dari salah satu admin dan ia menawarkan aku untuk masuk ke BU Fishing.. well tentu saja aku terima, jadilah aku bertemu dengan managernya. Dan something beyond my expectation ia menawarkan untuk dikrim training ke US. Well off course I want. Dan here I am di US sekarang.

Didalam kesaksian ini aku ingin menekankan, kadang kita tidak melihat segala sesuatu sesuai dengan kemauan kita, kadang kita akan menemukan bos yang tidak enak, atau rekan kerja yang ga enak. But again jika kamu didalam Tuhan maka kamu bekerja/studi bukan buat bos mu atau ortu mu atau dirimu tetapi buat Tuhan. He is your real Bos. Dia yang mengatur apa dan kemana? Yang pasti ialah Ia punya rancangan yang penuh dengan damai sejahtera. Now its your turn tu choose to believe it or not.

Borger Texas

5/28/2011

2:52 AM

11 thoughts on “Kalau Bukan Tuhan Siapa Lagi???

  1. Hai, saya CItra dimedan. Beberapa minggu ini rasanya suntuk, depresi, tidak punya pengharapan lg akan masa depan, akan hidupku. Trus ada dorongan utk baca2 kesaksian diwebsite. Senang banget baca pengalaman hidupmu dengan Tuhan. Skrg sy 32thn, menganggung, blm ktm jodoh haha. Orang2 menganggap (dan saya sendiri jg) bahwa saya org GAGAL, bodoh. Banyak penolakan yg sy alami yg terakhir yg terparah ketika dipecat dr perusahaan. Sedih. Sangat sedih! Well, keep on writing yah? I love ur stories.

    • Syalom Citra.. puji Tuhan jika kesaksian ini bisa memberkati.. aku yakin tidak ada yang kebetulan.. Tuhan mengasihi sodara Citra.. kadang memang kita ttidak mengerti kenapa ini terjadi didalam hidup kita.. tetapi yakinlah Dia masih pegang hidup kita.. ketika mengalami kesulitan seperti ini ada satu lagu yang sangat menguatkan aku judulnya “blessings” – Laura Story.. lyricnya begini:

      We pray for blessings, we pray for peace
      Comfort for family, protection while we sleep
      We pray for healing, for prosperity
      We pray for Your mighty hand to ease our suffering
      And all the while, You hear each spoken need
      Yet love us way too much to give us lesser things

      ‘Cause what if your blessings come through rain drops
      What if Your healing comes through tears
      What if a thousand sleepless nights are what it takes to know You’re near
      What if trials of this life are Your mercies in disguise

      We pray for wisdom, Your voice to hear
      We cry in anger when we cannot feel You near
      We doubt your goodness, we doubt your love
      As if every promise from Your word is not enough
      And all the while, You hear each desperate plea
      And long that we’d have faith to believe

      ‘Cause what if your blessings come through rain drops
      What if Your healing comes through tears
      What if a thousand sleepless nights are what it takes to know You’re near
      What if trials of this life are Your mercies in disguise

      When friends betray us
      When darkness seems to win
      We know that pain reminds this heart
      That this is not,
      This is not our home
      It’s not our home

      ‘Cause what if your blessings come through rain drops
      What if Your healing comes through tears
      What if a thousand sleepless nights are what it takes to know You’re near

      What if my greatest disappointments or the aching of this life
      Is the revealing of a greater thirst this world can’t satisfy
      What if trials of this life
      The rain, the storms, the hardest nights
      Are your mercies in disguise

      Video

      Malam ini aku akan berdoa buat sodara Citra.. kalau sempat kita akan berdoa bersama, bertemu di udara besok jam 10 WIB.. Sodara citra berharga bagi Tuhan.. ^_^.. your are not alone.. kami temen2 di LittleFlocks akan mendukungmu didalam doa..

      • Dari kecil sampai skrang aku sering mimpi dikejar2 sosok laki2 yg wajahnya seram berusaha utk bunuh dan mutilasi badanku. Haiya! Dan ini terus berulang2. Pdhal bertahun2 aku pengen mimpi ketemu Yesus atau malaikat eh ga ketemu2 (haha). Pengen bahasa Roh juga ga dapat2. Nah mulai deh mata melihat saudara2 sepupu dgn keluarga yg ekonominya “enak”, cari kerja gampang, eh sekali dapat yg bagus dan gaji tinggi. Trus dilamar nikah sebelom 30taon ama pria mapan lagi. Lengkaplah sudah kesuksesannya! TUhan maha baik (haha at least buat mereka). Tentu dgn keadaan ky gitu mudah sekali utk percaya keberadaan Tuhan, bhw Tuhan itu baik etc etc.

      • Tuhan juga baik bagimu.. Aku yakin sis tahu akan kebenarana ini.. Tetapi keadaan kita membuat kita hard to believe.. ^_^… Pencuri hanya datang untuk mencuri, membunuh dan membinasakan.. Tetapi Aku datang supaya kamu beroleh HIDUP DAN HIDUP YANG BERKELIMPAHAN.. Bukan berarti kaya.. Tetapi berkelimpahan dengan damai sejahtera… Kalau punya waktu malam ini baca kitab mazmur… Dan curahkan isi hati kita kepada Tuhan.. Shalom ^_^

    • Haha, barusan ngetik banyak tiba2 terhapus. Anyway, thanks atas responnya yg cepat ya. Imanku itu jatuh bangun. Sulit buatku utk percaya Yesus itu baik. (Hm, sambil merenung). Apalgi skrg udh setahun aku nganggur, umr 32, baru dipecat..seandainyapun aku diterima, pola pikirku bilang aku gak cukup baik utk berbaur, bergaul (aku punya rasa percaya diri yg sangat buruk). Aku kacau! Beberapa hari ini terbersit pikiran BUNUH DIRI aja cit! Ga ada lagi harapan! (Sedih). Ku merasa jd org gagal.

      • Saya juga pernah mengalami iman yang jatuh bangun.. saat Tuhan tangkap aku lagi di akhir tahun lalu.. Tuhan mengingatkan aku bahwa yang selama ini menghalangi aku adalah ketidakpercayaanku bahwa Tuhan itu sanggup melepaskanku.. ada satu ayat yang Tuhan kasih ketika Yesus bertanya “Percayakah engkau, Aku dapat melakukannya?”.. maka pertanyaan yang sama dia berikan kepada aku dan kamu.. “Percayakah Engkau, Aku dapat melakukannya?” … mengakhiri hidup juga bukanlah jalan yang tepat.. Ijinkan dia membentuk hidupmu.. dengan cara dan prosesNya.. mabil waktu malam ini baca kitab mazmur.. tadi aku sudah berdoa dengan temen ku khusus buat kamu.. you are not alone.. ^_^… besok yok kita bersepakat bersama jam 10 malam..

      • Tadi aku baru saja berdoa dengan temen ku khusu buat kamu.. You are not alone sist.. Aku juga mengalami jatuh bangun didalam iman.. Tapi tahun lalu Tuhan benar2 menjamah hidup ku ketika kami dengan beberapa teman berdoa.. Tuhan berkata yang selama ini menjadi penghalang bagiku adalah ketidakpercayaanku bahwa Tuhan sanggup mengubah hidupku.. Semakin aku dewasa semakin rasional aku, dan semakin aku merasionalkan Tuhan.. Dalam suatu ayat yg meneguhkan aku ketika Yesus hendak menyembuhkan org sakit.. Yesus bertanya “percayakah engkau Aku dapat melakukannya?” — maka pertanyaan yang sama buat kita, do we really trust Him? Anda bukan produk gagal.. ^_^ kalau baca kesaksianku yg lain aku pun pernah mau bunuh diri akibat rasa rendah diri.. Tapi Ia mengasihiku.. Ijinkan Dia memprosesmu dengan caraNya.. Bagian kita adalah menyerahkan hidup kita 100% kepada Dia.. Bahkan maslaah jodoh.. Dulu aku menganggap jodoh ada ditanganku.. Tapi selama ini aku keliru.. Ketika aku berkata aku menyerahkan hidupku tp ada yg masih aku simpan maka aku belum menyerahkan sepenuhnya… ^_^.. Kalau punya waktu ayo kita bersepakat bersama jam 10 malam..

    • Wew, senang deh udah didoain. Yuk kita doa besok jam 10malam kan?. Ku ketemu websitemu 1jam ini bagian kesaksian udah dibaca semua. LAPER Iman! (haha). Aku mau percaya. Tapi lagi2 kuberpikir I’m 32 now. Isn’t it too late? Bagaimana aku mau dapat kerja diumur skrg? Dengn harga diri dan keyakinan yg sudah hancur. I keep saying n cursing my self CITRA Ure a FAILURE! (Sedih). Aku anak tunggal. Bapak sudh pisah dr mama sejak aku dalam kandungan. Bahkan mama blg mungkin sudah begini nasibku (makin sedih). Skrg ngomong ke kamu bener2 tanpa berharap. Aku juga ga nyangka km mau balas.

      • Yes hari ini kita akan bertemu diudara dengan beberapa sahabat yg lain yg akan dukung kamu didalam doa… Ga ada yg telat.. Tuhan yg kita sembah ini terlalu kreative.. Bahkan tidak ada yg too old for Abraham and Sara.. Dia melampaui segala hikmat manusia.. Take your time pray.. Dan baca lagi surat cintaNya.. Lalu bangkit lagi.. He’ll guide you…

      • Baru kelar doa ini.. Entah sist ikut berdoa jam 10 malam ini.. Tapi aku diingatkan dari Efesus 5:20 “Ucaplah syukur senantiasa atas SEGALA SESUATU dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita” — ^_^ …
        Belajar mengucap syukur atas semuanhal yg boleh terjadi… Dia tetap Allah yg sama yang mengasihi sist… ^_^ shalom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s