Zombie Apocalypse

Kali ini di “LittleFlocks” akan membahas tema Sci-Fi yaitu mengenai Zombie. What? Zombie? yups zombie-zombie seperti yang ada di film-film. Film zombie pertama adalah White Zombie yang dibuat pada tahun 1932 oleh American independent Pre-Code horror film, sampai sekarang film-film zombie menjadi cerita yang laris manis hollywood.

Now questionnya apakah zombie itu real atau tidak sama sekali.. ??

Almarhum nenek saya pernah bercerita di kampungnya tentang “bangkit” – Bangkit adalah mayat yang bisa berjalan dan bahkan bisa melakukan berbagai aktifitas dimana mayat ini dikuasai oleh suatu roh. Salah satu cerita yang maish saya ingat ialah dahulu dikampungnya ketika ada yang meninggal pada malam sebelum mayat ini dimakamkan, salah seorang anggota keluarganya mendengar suara orang yang sedang memasak didapur, saat itu dia pergi kebelakang dia tidak melihat siapapun namun dari atas ada helaian-helaian rambut yang berjatuhan dan ketika dia meliahat keatas terkejutnya ia meliaht anggota keluarga nya sudah meninggal tadi ada diatas rumah, kemudian ia memanggil mayat tersebut dan memintanya kembali ketempatnya. Cerita ini pada zaman dahulu di kalimantan cukup lazim didengar dan “terjadi” walau saya sendiri belum pernah mengalaminya secara pribadi.

Salah satu kasus yang pernah tercatat ialah kasus Felicia Felix Mentor seorang wanita Haiti yang dilaporkan pada tahun 1907 telah meninggal karena suatu sakit, namun pada tahun 1936 seorang wanita dalam keadaan baju yang compang camping berkeliling dijalan-jalan menuju salah satu pertanian yang ia claim milik ayahnya. Pemilik pertanian itu mengenali wanita tersebut sebagai Felciai Felix Mentor yang telah meinggal beberapa tahun lalu, bahkan suami Felicia pun mengakui bahwa itu adalah istrinya. Kemudia wanita ini dibawa ke salah satu rumah sakit. Dokter yang merawatnya mengatakan :

Her occasional outbursts of laughter were devoid of emotion, and very frequently she spoke of herself in either the first or the third person without any sense of discrimination. She had lost all sense of time and was quite indifferent to the world of things around her.

Zombie memang aslinya adalah kepercayaan yang berasal dari Afrika. “Zombi” juga merupakan nama untuk dewa ular voodoo yang bernama Damballah Wedo asal Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata nzambi yang dalam bahasa Kongo berarti “dewa”. Para dukun voodoo yang biasa disebut Bokor konon bisa menghidupkan kembali manusia yang sudah mati namun Zombi tidak memiliki kemauan sendiri sehingga selalu berada di bawah kendali sang dukun.

Namun secara farmakologi ada beberapa racun yang “mungkin” dapat menyebabkan seseorang bisa dalam keadaan zombie, seorang ahli Etnobotani Kanada bernama Wade Davis yang melakukan penelitian pada tahun 1982 di Haiti mengatakan ada dua jenis racun yang dimasukan ke dalam aliran darah (biasanya lewat luka terbuka) dapat mengubah orang hidup menjadi zombi. Bubuk obat pertama disebut coup de poudre (bahasa Perancis untuk “obat penyerang”) yang membuat manusia dalam keadaan “seperti mati” akibat dosis tetrodotoksin. Tetrodoksin merupakan racun mematikan yang juga dikandung ikan buntal dan ikan fugu yang merupakan makanan lumrah di Jepang. Manusia yang diberi tetrodoksi dalam dosis nyaris mematikan (LD50 sebesar 1 mg), bisa berada dalam keadaan hampir mati untuk beberapa hari, tapi terus dalam keadaan sadar. Ramuan bubuk obat kedua dari tanaman genus Datura bersifat halusinogen dan membuat orang menjadi tidak memiliki kemauan sendiri.

Namun juga ternyata didalam dunia binatang juga ada kasus zombie, yaitu pada semut di amazon. Peneliti menemukan empat spesies jamur baru yang bisa mengubah semut menjadi zombie di Amazon. Penelitian yang terbit di jurnal PLoS One itu menunjukkan kalau jamur Ophiocordyceps unliateralis bersifat parasit dan dapat hidup di empat spesies semut (Camponotini sp.) di daerah Zona da Mata, Brazil.

Semut terinfeksi ketika mereka bersentuhan dengan spora yang dilepaskan jamur. Dalam waktu seminggu, semut akan berubah menjadi seperti zombie. “Tingkah laku semut berubah. Mereka menggantung di daun dengan menggigit bagian bawah dedaunan belukar,” jelas Profesor David Hughes dari University of Pennsylvania yang juga pemimpin peneliti. Hughes juga menjelaskan jamur akan tumbuh di kepala semut menjadi seperti antena dan melepaskan sporanya ke udara. Spora itu jatuh ke tanah atau terbawa hujan sehingga dapat bersentuhan dengan semut lain.

Temuan jamur yang membuat semut jadi zombie ini bukan pertama kali. Pada tahun 2009, Hughes juga menemukan semut zombie di Indonesia. Semut-semut zombie tersebut tergantung pada daun setinggi 25 cm di atas tanah pada lingkungan dengan kelembapan 95 persen–kondisi yang sempurna bagi jamur untuk tumbuh.

Pertanyaan nya sekarang mungkinkan terjadi “Zombie Apocalypse” pada akhir zaman nanti seperti di film-filam hollywood??

Jawabannya Mungkin saja, dalam salah satu nubuatan alkitab akan akhir zaman didalam kitab Wahyu:

9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.

Bahkan pada saat itu orang-orang berharap mati diruntuhkan oleh bukit-bukit batu:

Wahyu 6:15 Dan raja-raja di bumi dan pembesar-pembesar serta perwira-perwira, dan orang-orang kaya serta orang-orang berkuasa, dan semua budak serta orang merdeka bersembunyi ke dalam gua-gua dan celah-celah batu karang di gunung.
6:16 Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: “Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu.”

Dari ayat tersebut kita melihat munngkin ini mengenai zombie apocalypse (ini hanya sebuah kemungkinan, bukan kepastian) karena didalam ayat tersebut dijelaskan manusia ingin mati tetapi tidak bisa mati maka mirip dengan “zombie” bukan hehe. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa mendatang, bisa saja seperti yang digambarkan dalam film Resident Evil, dimana suatu perusahaan bernama “Umbrella” mengembangkan senjata manusia zombie. Karena memang ada beberapa zat kimia yang diyakini bisa menyebabkan manusia dalam keadaan zombie. Apapun yang terjadi pada masa mendatang kita harus siap sedia menyambut kedatangan Kristus yang kedua kalinya agar kita tidak tertinggal. Tuhan Yesus memberkati

6 thoughts on “Zombie Apocalypse

  1. Pingback: Pandangan Alkitab Tentang Astrologi | littleflocks

  2. Pingback: Legenda Vampire | littleflocks

  3. Aduh sekali lagi bagaimana bisa anda menyangkutkan wahyu dengan kata2 seperti itu dan dalam keadaan zombie yg dimaksud. Nggak nyambung bang tolong diperiksa lagi yah…

    • Terimakasih buat kritiknya.. apa yang saya tulis saya kira cukup nyambung dan bisa menjadi suatu skenario alternative tentang apocalypse day.. sebuah kemungkinan dan ini saya jelaskan didalam tulisan saya

      Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa mendatang, bisa saja seperti yang digambarkan dalam film Resident Evil, dimana suatu perusahaan bernama “Umbrella” mengembangkan senjata manusia zombie. Karena memang ada beberapa zat kimia yang diyakini bisa menyebabkan manusia dalam keadaan zombie. Apapun yang terjadi pada masa mendatang kita harus siap sedia menyambut kedatangan Kristus yang kedua kalinya agar kita tidak tertinggal. Tuhan Yesus memberkati

  4. Pingback: BANGKIT & BANGSI – ZOMBIE DAYAK | Folks Of Dayak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s