Legenda Vampire

Setelah kita sudah membahas Zombie dan Astrologi, kali ini kita akan mebahas legenda yang lain yaitu vampire. Vampire sudah sangat tidak asing bagi kita, sama seperti legenda zombie, vampire telah mengalami comersialisasi film-film, baik itu film barat seperti twilight atau film-film vampire china.

Penulis pernah mengalami ketika SMP dirasuki roh jahat yang menyatakan dirinya sebagai roh vampire. Di Indonesia terutama di Kalimantan sangat tidak asing dengan mahluk jejadian pengisap darah bayi, yang dikenal dengan “kuyang” atau sesosok kepala terbang, bahkan mahluk seperti vampire tidak asing dibeberapa kebudayaan kuno seperti Persia, Babilonia, Romawi & Yunani, Afrika, Asia bahkan dalam kebudayaan Yahudi yang dicatat dalam teks Sefer Hasisidim dikenal dengan istilah “Esteries” yang mengambil rupa sebagai perempuan pengisap darah. Lantas pertanyaannya apakah benar-benar ada vampire, hantu pengisap darah seperti di film-film Hollywood, apakah alkitab pernah menyebutkan keberadaan mahluk pengisap darah seperti vampire ini??

Untuk memahami konteks vampire dalam film-film dewasa ini kita harus melacak karya Bram Stoker seorang penulis Irlandia yang menulis novel terkenal “Dracula”. Tulisannya terinspirasi atas cerita rakyat Rumania tentang Vlad Dracula salah satu bangsawan Rumania yang terkenal akan kekejamannya.

Walaupun sebenarnya Stoker sendirinya tidak pernah ke Rumania. Vlad Dracula memang terkenal akan kekejamannya, ia suka menancapkan musuh-musuhnya pada tiang pancang, sebenarnya tujuan dracula adalah untuk menakut-nakuti pasukan Ottoman Turki yang hendak menginvasi kekaisaran Rumania. Namun cerita mengenai Dracula ini bergeser juga tidak lepas dari legenda mahluk “Strigoi” di Ruimania sendiri. Strigoi konon adalah mahluk jejadian yang bisa mengambil rupa apapun seperti binatang dan mengisap darah. Legenda-legenda ini sangat populer pada abad pertengahan di Eropa ketika terjadi “Black Plaque” (1348-1350).

Black Plaque adalah suatu wabah pendemi yang membunuh sekitar 30 – 60 % populasi Eropa saat itu atau sekitar 450 juta penduduk Eropa. Walaupun sekerang diketahui bahwa wabah ini disebabkan oleh Bakteri Yersinia pestis yang disebarkan oleh sejenis kutu.

Bakteri ini menyerah dalam tiga tahapan:

1. Bubonic Plaque

Ini adalah masa inkubasi bakteri sekitar 2-6 hari, diindikasikan dengan lemas, demam, pusing dan membengkaknya jaringan getah bening dan munculnya bercak-bercak hitam (that’s why they called it black plaque)

2. Septicemic plague

Pada tahapan ini korban mengalami hypotension atau rendahnya tekanan darah dan Hepatosplenomegaly atau membengkaknya limpa dan hati. Pada tahapan ini juga sang korban akan cenderung memiliki perilaku yang aneh seperti meracau dan berhalusinasi, kejang-kejang dan bahkan meninggal dunia. Mungkin inilah salah satu penyebab orang pada masa itu menganggap wabah ini disebabkan karena vampire

3. Pneumonic plague

Ini adalah tahapan penularan person to person.

Bahkan beberapa catatan abad pertengahanpun menuliskan beberapa laporang tentang orang-orang yang menjadi vampire, salah satunya cerita mengenai Jure Grando. Cerita ini ditulis oleh Johann Weichard Freiherr von Valvasor dalam bukunya The Glory of the Duchy of Carniola, Johann adalah seorang ilmuan dan sejarahwan (1643-1691), dalam catatannya Jure Grando adalah seorang petani di desa Kringa (Kroasia), pada tahun 1656 ia meninggal dunia, dan selama 16 tahun setelah kematiannya ia menteror penduduk desa, bahkan menurut Giorgio salah satu pendeta di desa itu menceritakan bahwa pada malam hari terdengar suara orang mengetok pintu, dan setiap rumah dimana pintu itu diketok salah satu anggota keluarganya akan meninggal dunia secara misterius. Bahkan diceritakan pula ketika Bapa Giorgio berhadapan langsung dengan Jure, beliau mengambil salib dan berseru “Demi Tuhan Yesus, engkau vampire berhentilah menggoda kami!”, dan saat itu air mata menetes dari mata Jure. Setelah itu penduduk desa datang dan menggali kuburan Jure dan mereka mencoba menusuk dadanya dengan pancang namun tidak bisa, namun setelah dilakukan doa pengusiran setan oleh Bapa Giorgio, salah seorang penduduk desa itu bernama Stipan Milašić, mengambil geregaji dan memenggal kepala Jure, dan saat itu vampire itu berteriak dan darah keluar dari tubuhnya.

Terlepas kebenaran kisah tersebut, atau memang dipenagruhi oleh wabah “Black Plaque” sebenarnya masih ada beberapa catatan-catatan pada abad pertengahan yang menceritakan kisah-kisah serupa. Ketika saya berada di US tahun 2011 saya sempat mengunjungi museum Ripley’s Believe it or Not di Dallas, Texas. Dan ada salah satu alat pemusnah vampire yang digunakan pada tahun 1840.

Pertanyaannya apakah alkitab juga mencatat tentang mahluk seperti vampire ini??

Didalam alkitab pernah tercatat tentang mahluk yang bernama Lilith (לילית) didalam kitab Yesaya 34:14 yang dalam terjemahan LAI menjadi hantu malam.

Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian

Orang Yahudi — kecuali dari kalangan Saduki — percaya adanya “hantu”, namun “hantu” yang dimaksud bukanlah arwah orang mati melainkan setan dalam wujud seperti manusia. Orang Yahudi — menurut Talmud Babilonia Megilla — dilarang menyapa temannya di malam hari karena kuatir kalau-kalau mereka menyapa Lilith ini. Lilith dalam beberap legenda Timur Tengah selalu digambarkan sebagai hantu wanita yang gemar mengisap darah bayi.

Maka kemungkinan adanya orang-orang yang terlibat dengan kuasa kegelapan dan menguasai ilmu hitam tertentu seperti kuyang di Kalimantan. Dan biasanya ilmu-ilmu ini menurun kepada keturunannya. Ini yang disebut kutuk penyembahan berhala seperti yang disebutkan didalam 10 hukum Keluaran 20:3-5

20:3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku.

Namun bukan berarti setiap kematian seseorang secara misterius disebabkan karena kuasa kegelapan atau mahluk sejenis vampire. Pengalaman pribadi ku sendiri (cerita dari orang tua ku) ketika aku baru saja dilahirkan rumah kami dikalimantan diganggu oleh “hantuen” sejenis strigoi, dimana biasanya orang yang menguasai ilmu ini dapat mengubah bentuknya menjadi “hadangan” atau sapi atau mahluk-mahluk lain. Bahkan pada suatu malam disekliling rumah terdengar suara orang menggedor-gedor pintu, suara babi, monyet dan orang yang memanggil nama ayahku. Dan saat itu ibu saya yang jagoan neon hehe, mengambil mandau yang terhunus berkata “pergi kalian! saya tidak ada mengganggu kalian”, bahkan ibu ku pernah bercerita di suatu malam pula dikamar tidur ada sosok kakek-kakek yang datang dan memeluk ibuku sehingga tidak bisa bergerak, kemudian beliau sempat menggabil sebuah kayu dan menghunuskan ke dada kakek itu, bahkan menurut ibuku ketika itu aku akhirnya harus diungsikan kerumah keluarga yang lain. Mungkin memang saat itu keluarga ku belum terlalu mengenal kuasa Nama Yesus, tetapi kita sebagai orang percaya mestinya tidak perlu takut akan hal-hal yang demikian.

Ada satu pengalaman lain, saat itu saya dan teman-teman sedang berkumpul untuk berdoa di rumah saya, dan saat itu kami merasa di alam roh kami diserang oleh roh “kuyang” ini (memang karena ada salah satu tetangga saya yang diyakini sebagai orang yang memiliki ilmu ini), dan saat itu kami melakukan doa peperangan. Setelah selesai berdoa, saya mengantar teman saya pulang menggunakan motor, namun entah kenapa saat itu beberapa kali motor di gas namun tidak bisa berjalan, waktu itu saya masih tidak berfikir macam-macam, namun waktu itu motor semakin aneh, tidak bisa dikendalikan bahkan tidak bisa di rem. Sampai di samping museum Balanga (museum di Palangkaraya) saya teringat khotbah pendeta ku tentang kuasa Darah Yesus. Dan saat itu aku tumpang tangan atas motorku dan berseru “Darah Yesus berkuasa!” anehnya setelah itu motor tidak ada masalah lagi. Itulah kuasa darah Yesus.

Bagi anda yang memiliki histori occultisme dalam keluarga anda atau anda sendiri pernah terlibat didalamnya termasuk astrologi, minta darah Yesus mematahkan dan menyucikan dan  tergantung iman anda, namun kadang anda membutuhkan bantuan orang lain yang mendoakan anda pelepasan atau excorsime. Saya secara pribadi pun ketika lahir baru didoakan pelepasan, namun ingat ini bukan suatu keharusan, karena dengan iman kita ini diselamatkan.

Dewasa ini, vampire tidak hanya menjadi suatu legenda lagi, di beberap negara vampire telah menjadi suatu jenis keagamaan. Adanya “church of vampire”, dimana didalam ibadah dan ritualnya mereka melakukan pengisapan darah dan melakukan hubungan sexual. Tidak seperti di film-film dimana korbannya hasil penculikan dan dibunuh secara brutal. Disini gilanya mereka adalah orang-orang yang secara sukarela membiarkan orang lain mengisap darahnya dan menikmati secara sexual (biasanya mereka disbutkan sebagai pendonor). Ini sesuai nubuatan yang tertulis didalam alkitab:

II Timotius  4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.

Karena itu sodara-sodara mari kita berjaga-jaga dan siap sedia. Tuhan Yesus memberkati

I Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

2 thoughts on “Legenda Vampire

  1. Pingback: FILOSOFI DAYAK DAN KERJA KERAS | dayakcommunity

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s