Mission Trips To Central Kalimantan

Sebenarnya ide ini sudah lama digelontorkan lantaran kesibukan kerja saya jadi tidak sempat untuk share ide ini. Beberapa waktu lalu kita melalui komunitas ini memang memiliki kerinduan untuk “Do Something For God” dan satu hal yang Tuhan taruh ialah; Tuhan sedang bergerak melalui komunitas, sebab melalui komunitas-komunitas kecil kita tidak lagi dibatasi oleh tembok-tembok gereja & dogmatik.

Memang perlu diakui beberapa ide yang muncul belum semua jalan hehe, its because we need more people to make it happened. Salah satu ide kita ialah mengadakan MISSION TRIP ke Kalimantan , tepatnya Palangkaraya karena saya berasal dari sana sehingga awalnya saya pikir gampang buat saya untuk mendapat koneksi, namun ternyata tidak juga ketika menyangkut pelayanan hehe..

Bulan Juli yang lalu saya dengan Teguh Triguna pergi ke Palangkaraya kebetulan ada acara pernikahan sepupuku sekalian kita mengadakan KOPDAR “LittleFlocks” Palangkaraya. It was a great journey for my best friend Teguh, karena itu pertama kalinya dia ke Kalimantan. Secara di luar, Kalimantan terkenal akan hal-hal yang berbau mistik , misal kalo sudah minum air Kalimantan tidak akan bisa pulang lagi, atau kalau mengganggu wanita dayak nanti bisa diguna-gunai alat vital nya hilang hehe.. dan you know what pertanyaan seperti itu sudah sering aku dengar.. well sebagai orang dayak yang cinta Tuhan aku harus menjelaskan ke teman-teman ku.

Orang Dayak Zaman Dulu

Hari pertama kita di Palangkaraya saya memperkenalkan dengan salah satu teman sepelayanan ku di Palangkaraya Prasetya Ocy Tika, kita dulu melayani di Sekolah Minggu sejak SMP. Awalnya kita bingung, pelayanan seperti apa yang dapat kita lakukan di Palangkaraya, we had no idea at the time. So kami memutuskan untuk berdoa besoknya ke bukit doa “Karmel” di Tangkiling. Bukit Karmel adalah tempat pertapaan para biarawan karmel, tetapi ini terbuka bagi semua denominasi. Biarawan Karmel pada awalnya terbentuk setelah perang salib, dimana para setelah terjadi perang salib para “crusaders” mencari-cari arti hidup dan Tuhan sejak saat itu mereka memutuskan untuk bertapa dan berkontemplasi di bukit karmel sehingga ordo ini dinamakan ordo karmel.

Bukit Karmel Palangkaraya

Di Kalimantan Tengah, biara pertapaan ordo karmel ini didirikan di Bukit Tangkiling (kurang lebih 31 km dari kota Palangkaraya), bukit pertapaan ini didirikan sejak tahun 1998 namun baru diberkati pada 2006 yang lalu. Sekilas mengenai bukit Tangkiling guys. Bukit Tangkiling adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan Tengah, namun sayang memang belum begitu dikembangkan oleh Pemprov. Bukit ini memiliki legenda yang sama dengan gunung Tangkuban Perahu (kalo ada yang belum tau sungguh terlalu kata bang haji sambil nangis hehe), nah bedanya anak ini namannya “Kilin”, ketika ia dipukul ibunya ia lari dan bekerja di kapal suadagar China, dan kemudian ia diangkat menjadi anak, marga/ “Se” saudagar itu ialah “Tang”… makanya jadilah namanya Tangkiling hehe..

Bukit Tangkiling

Perjalanan Berdoa di Bukit Karmel

Oke lanjut ke cerita Mission Trip kita, saat kita berdoa kita mencari “Apa Tuhan rencanaMu bagi Kal Teng ini?” saat itu kita mendapat hikmat untuk terjun dalam pelayanan anak-anak. Kita memiliki kerinduan untuk pergi ke salah satu desa, untuk membagi-bagikan alkitab edisi khusus anak-anak, sekalian mengadakan KKR anak dan bagi goody bags. Tapi itu adalah langkah awal, for next kita juga harus bisa bikin mission trip misal bawa dokter gigi atau misal mengajar di desa-desa itu. So anyway we were excited ” ini yang harus kita sharingkan di Kopdar kita”, saat itu kita berdoa God please send us orang-orang yang radikal dan mau melayani Engkau.

Acara Kopdar di Palangkaraya

Acara Kopdar di Palangkaraya

I think segala sesuatu akan berjalan lancar, yang konfirm di FB juga lumayan hehe, but anyway sore itu waktu mau Kopdar langit jadi gelap.. I said gee its going to rain, dan hujan nya lebat, pastilah ga ada yang datang. So aku dan Teguh berdoa menyerahkan semuanya kepada Tuhan (walau berharap bisa kayak Elia bisa menghentikan hujan heheh) tapi hujan tidak kunjung berhenti, but anyway Tuhan tetap kirim ka Mega, Bue Dion, Ocy dan Agus untuk datang, just 5 of us. Dan maybe inilah orang-orang yang radikal yang mau tetap datang walau hujan hehe bukan berarti yang ga datang ga radikal.. so kita mulai sharing dan praise unto the Lord ternyata semua memiliki kesamaan visi yaitu anak-anak. Anak-anak di Kalimantan Tengah harus dijangkau.

Sekolah Minggu di GKE Betlehem Palangkaraya

Sekolah Minggu di GKE Betlehem Palangkaraya

Untuk meneguhkan hasil kopdar kami, kami pun berencana untuk melakukan doa keliling di bundaran minggu subuhnya dan sekalian minggu pagi ngisi sekolah Minggu di GKE Bukit Raya dan rasulnya yang luar biasa Teguh Triguna menjadi pembicara (heheh sorry guh). Puji Tuhan ketika doa keliling jam 5 pagi itu kami merasakan sungguh sukacita dan kegerakan Tuhan yang luar biasa bagi Kalimantan, but God needs His workers now! dan tidak hanya disitu tetapi juga di sekolah minggu, waktu itu Teguh bercerita tentang Samuel yang mendengarkan suara Tuhan, anak-anak diajak untuk belajar mendengarkan suara Tuhan dan puji Tuhan banyak anak-anak yang maju dan mau didoakan.

Karokean Setelah Kopdar

Karokean Setelah Acara Kopdar

Rasul Teguh menyumbangkan lagu di acara nikahan sepupuku

Waktu itu aku pikir hanya kami berlima lah yang memiliki panggilan untuk pelayanan ke anak-anak ini, apalagi terutama di gereja ku sangat sedikit menemukan anak-anak Tuhan yang sungguh-sungguh mau melayani. namun setelah pelayanan itu kami sharing dengan guru-guru sekolah minggu lain betapa terkejutnya aku bahwa Tuhan pun menaruh hal yang sama, dan kita menutup dengan doa bersama sungguh jamahan Tuhan sangat luar biasa saat itu.

So guys bagi kalian yang ingin ikut terlibat dalam kegerakan anak-anak di Palangkaraya dan desa-desa sekitarnya, anda bisa ikut kok! kami mulai mengumpulkan uang untuk pelayanan ini ke rekening Prasetya Ocy Tika, uang ini nantinya akan digunakan untuk membeli 100 alkitab edisi anak-anak (setah hasil survey ternyata kita membutuhkan 200 eks alkitab) dan planningnya mission trip ini akan kita adakan pada bulan Desember sekalian natalan, nah masalah desanya dimana itu yang masih jadi pergumulan, tapi kemungkina kita akan adakan di Petak Malai – Katingan (Kita akan mission trip di Desa Tumbang Habaun, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah) Kalau mau tau lebih lanjut silahkan hubungi:

Prasetya Ocy Tika : 08524Sembilan01088Satu

Cakra Wirawan : 08171Tiga164Tujuh

No Rek Kita:

Bank Mandiri KCP Pasar Kahayan

No Rek 159-00-0088258-8

a.n Prasetya Ocy Tika

Untuk mencegah adanya penyalahgunaan nama littleflocks.. Kami beritahukan, rekening yang kami gunakan hanya rek. Mandiri atas nama Prasetya Ocytika seperti yang tertulis diatas.. Dan akan selalu diupate di group LF Facebook dan di Blog.. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih

Saldo sementara per tgl 11/Jan/2013 : Rp8.294.825,27 (enam juta tujuh ratus sembilan puluh empat ribu delapan ratus dua puluh lima rupiah dua puluh tujuh sen)

20130112-140631.jpg

One thought on “Mission Trips To Central Kalimantan

  1. Pingback: Desa Tumbang Habaun | littleflocks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s