Fenomena Kesurupan

Nulis ini sebenarnya dah lama terbersit soale di TV kan sering banget kejadian kesurupan massal, nah tadinya hari ini aku mau nonton film judulnya possession  soale katanye neh based on true story… apa lagi film paranormal activity yang seolah-olah nyata banget kejadiannya..

Yokk kita bahas berdasarkan kajian alkitab, psikologis dan pengalaman pribadi..

Tapi yok kita kasih definisi lagi apa itu kesurupan atau dalam bahasa inggrisnya possession? dari terminologi kata kata kesurupan itu kalo kita check dari KBBI artinya:

surup 2 /su·rup / v, kesurupan /ke·su·rup·an/ v kemasukan (setan, roh) sehingga bertindak yg aneh-aneh: penari kuda kepang yg – itu makan padi dan pecahan bola lampu
Tapi saya lebih suka menggunakan kata possession – karena ini berarti being controlled by passion or the supernatural (dikendalikan oleh hasrat atau kekuatan supernatural) atau a territory that is controlled by a ruling state (daerah yang dikuasai oleh yang berwenang)
Orang yang kesurupan adalah orang2 yang yang kepribadiannya atau alam sadarnya dikuasai oleh sesuatu entah itu kekuatan supernatural atau memang pengaruh psikologis..
Yok kita lihat dalam pelbagai kebudayaan..
Karena saya orang dayak jadi agak gampang buat saya menceritakan sedikit kebudayaan nenek moyang saya.. didalam kultur dayak ada namanya “belian/balian”. Balian adalah para dukun dalam agama Kaharingan dimana dalam salah satu upacara belian mereka akan menari sampai dalam keadaan trance untuk menyembuhkan orang sakit.
Upacara Balian
Banyak kebudayaan lain yang melibatkan praktek trance/possess dalam beberapa ritual keagamaannya, bahkan parktek-praktek ini ada didalam agama-agama semawi bahkan didalam “gereja”, ada beberapa gereja yang menekankan aspek trance akan “roh kudus” / dipenuhi roh kudus dalam versinya mereka ada yang teriak2 ada yang tertawa-tawa dan bahkan mengerang-erang.
Saya pernah memiliki pengalaman, mengikuti seminar di suatu gereja di Palangkaraya ketika SMP. Pembicara ini mengajarkan satu karunia baru namanya “melahirkan didalam roh”.. yaitu untuk melahirkan jiwa-jiwa baru, intinya kita berdoa agar jiwa2 diselamatkan trus mengerang seperti wanita yang mau melahirkan, namanya waktu SMP ya percaya2 aja dan memang aku teriak2 seperti mengejan hendak melahirkan, sampai akhirnya aku diselamatkan oleh pembina rohaniku bahwa itu bukan dari Tuhan. Emang dikira dengan teriak2 begitu orang bisa diselamtkan.. gitu mah ga perlu penginjilan lagi namanya..  heheh

PSIKOLOGIS

Oke yok kita kaji dari aspek psikologisnya.. tentu didalam dunia psikologis tidak dikenal kesurupan akibat roh jahat.. ada perbedaan antara “trance” dan “possession”.. trance adalah sensasi hilangnya kesadaran/setengah sadar biasanya akibat obat-obatan, musik dan meditasi dan biasanya ini ada pada tahapan orang tenang dan menikmati kalau possession ini biasanya orang bersifat brutal tidak bisa mengendalikan diri.

Possession/kesurupan ini dikategorikan sebagai mental dissorder alias kelainan jiwa, dalam ilmu kejiwaan dikenal dengan Dissociative identity disorder yang ditantadai dengan merasa kepribadiannya dikuasai oleh pribadi yang lain dan tidak mampu untuk mengingat hal-hal yang penting. Umumnya orang dengan penyakit ini memiliki masa kecil yang tidak baik entah ketika kecil dilecehkan secara sexual atau di abuse secara fisik & mental. Ada beberapa orang yang melakukan ini agar mendapat perhatian juga karena trauma-trauma masa kecil.

Berdasarkan pengalaman orang2 yang begini banyak juga digereja, ciri2nya:

1. Sering gonta-ganti gereja karena selalu tidak puas atau tidak diperhatikan,

2. Kalau ada altar call paling duluan maju dan yang paling heboh ketika didoakan seolah-olah dikuasai roh kudus,

3. Sedikit2 gampang katanya mendengar suara Tuhan

4. Tapi juga yang paling sering kesurupan kalau ada doa pengusiran setan hehe,

5. Gampang pingsan misal disekolah hampir setiap upacara bendera pingsan tapi kalau ikut ekskul yang melelahkan ga pernah pingsan tuh.. #note ga semua lho.. ada memang karena penyakit:)

Mungkin teman-teman punya 1 atau 2 teman yang seperti itu bisa jadi itu bukan akibat kuasa kegelapan tetapi digolongkan sebagai Dissociative identity disorder. Sekali lagi based on my experience, umumnya yang sering seperti ini adalah wanita memang ada juga pria, sering kali penyebabnya karena  memiliki trauma masa kecil ditambah dia merasa tertolak/minder misal karena badannya gemuk atau jelek dsb.

Pernah suatu kali ada hamba Tuhan sedang pelayanan dan setiap altar call ada seseurang yang selalu kesurupan, hamba Tuhan ini mulai berfikir ini kayaknya bukan setan. Jadi akhirnya dia persiapkan taktik. Ketika altar call berlangsung benar saja perempuan ini kesurupan lagi, kemudia hamba Tuhan ini menumpangkan tangan seketika wanita ini sembuh, usut punya usut ternyata hamba Tuhan ini meletakan jarum disela jarinya ketika menumpangkan tangan, karena merasa sakit wanita itu  berhenti dari kesurupannya… hehe entah benar atau tidak cerita ini anyway dalam ilmu psikologi tentu tidak dikenal demonic possesion.

Nah karena kite percaya 100% pada alkitab maka hayu kita kaji apa yang didalam alkitab…

PANDANGAN ALKITAB

Alkitab jelas menjelaskan tentang kuasa kegelapan, dan beberapa kesaksian didalam PB tentang orang-orang yang dikuasai oleh roh jahat. Salah satu kisah adalah orang gila yang berada di Gerasa dimana ia dikuasai oleh “legion” atau ribuan roh jahat.. so seseorang itu bisa dikuasai oleh banyak roh jahat…

Nah roh jahat menguasai seseorang tentu ga sembarang juga, harus ada hak yang diberikan oleh leluhurnya melalui perjanjian2 atau praktek okultisme dan celah dosa. Anda rajin gereja dan menjadi kristen tidak menjamin bahwa roh jahat tidak bisa menguasai anda… jika kita lihat kesaksian di PB

Markus  1:23-24 Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak: “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah

See orang ini sedang berada di rumah ibadah dan tentu sedang beribada bukan cuman iseng2 aja.. tapi ia dikuasai oleh roh jahat. Tapi perlu diingat roh manusia itu tidak dapat dimiliki oleh roh jahat, yang ada adala roh nya ditawan sehingga kejiwaannya dan perilakunya dipengaruhi oleh roh jahat yang menguasainya. Makanya dalam dunia perdukunan ada orang2 yang disantet sehingga menjadi gila melalui roh nya di tawan atau istilah lain dicomot.

Orang-orang yang jiwa dan rohnya ditawan oleh kuasa kegelapan memiliki ciri2, pemurung, menyukai hal-hal yang berhubungan dengan kematian, dalam beberapa kasus orang2 yang dikuasai roh jahat akan mengalami sakit penyakit, atau hal-hal supernatural.. masih ingat bukan kasus manusia kawat di Samarinda..

Manusia Kawat

Manusia Kawat

Salah satu pengalaman yang pernah dialami oleh ibuku ketika aku masih SMP, saat itu ibuku tiba-tiba mengalami sakit pada kakinya, semakin hari sakit itu semakin parah sehingga beliau tidak bisa berjalan. aktu itu kami sudah berobat ke dokter yang ada di Palangkaraya, namun dokter tidak bisa menemukan penyebab sakitnya. Bahkan saat itu digerakan sedikit akan terasa sangat sakit dan sakitnya itu yang awalnya dimata kaki naik hingga sampai ke dada. Aku ingat saat itu ibuku hampir tidak bisa bernafas, didalam rasa bingung itu aku lari memanggil bapak rohani ku dan kemudian didoakan pelepasan.. haleluyah luar biasanya dalam waktu 2 jam mamahku bisa berjalan normal, dan memang ketika didoakan ada manifestasi roh jahat sehingga mamah muntah2. (kesaksian ini bisa dibaca di Tuhan Menjamah Ayahku)

Anak2 Tuhan mestinya tidak dapat dikuasai roh jahat, karena kita telah menjadi milik Kristus. Orang2 yang belum menerima Kristus apa lagi pernah terlibat didalam prktek okultisme tentu iblis memiliki hak atas orang tersebut.

Pertanyaannya mengapa orang2 percaya dapat dikuasai roh jahat??

  1. Ketika hidup tidak lagi dikuasai oleh Roh Tuhan..

I Samuel 16:14 Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN.

Apa yang tertulis di ayat di atas bukan berarti roh jahat ini datangnya dari Tuhan tetapi atas ijin Tuhan. Saul yang awalnya adalah orang yang diurapi sebagai raja pada akhirnya dikuasai oleh roh jahat, karena ketidaktaatan dan dosanya. Ini adalah celah yang sempurna bagi roh jahat untuk menguasai seseorang. Pernah punya pengalaman ketika study tour ke Bali, salah satu peserta (bukan kristen) mengalami menstruasi tapi dia masuk ke salah satu tempat kramat di bali yaitu goa gajah. Ketika perjalanan pulang peserta ini tiba2 mengalami kesurupan dan meminta kembali ke goa gajah. Waktu itu orang ini sudah dicoba didoakan dengan cara agamanya tapi tidak berhasil lepas… saat itu entah kenapa rasanya ada muncul dorongan untuk maju mendoakan.. saat itu bus sedang mau putar balik, lalu aku maju dan mendoakan “didalam nama Yesus” dan guru2 yang kristen awalnya cuman nangis jadi ikut berdoa dalam nama Yesus, dan puji Tuhan ketika bus itu putar balik anak ini sudah sadar. Tapi pernah satu ketika pacar temen kos ku mengalami kesurupan juga tetapi saat itu kerohanianku tidak baik lama tidak berdoa apa lagi saat teduh.. ketika berdoa dalam nama Yesus sampe muncrat2 kaga ada pengaruhnya man.. #ingat kejadian dibali dikira hasilnya sama.. hehe ternyata saya dipermalukan.. Anda punya hak untuk melawan iblis ketika anda tunduk dan hidup dialam kehendak Allah, jika kita memberontak pada Allah maka kitalah yang menjadi sasaran empuk bagi si jahat

Yakobus  4:7 Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

2. Karena ada akar2 pahit..

Efesus 4:26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu
4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Orang yang dikuasai amarah dan akar pahit umumnya sangat gampang dikuasai oleh kuasa kegelapan… karena jelas. orang yang tidak mengampuni tidak akan hidup juga dalam pengampunan Allah

Matius  6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

3. Karena rumah/hati yang kosong tidak diisi oleh Firman Tuhan

Lukas  11: 24-26″Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapi teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula.”

Dan itulah mengapa sering kali orang yang sudah bertobat tetapi tidak hidup didalam FT, maka hidupnya biasanya akan jadi lebih jahat dari pada sebelum dia bertobat..

Intinya jika anda hidup didalam Tuhan, disekeliling anda ada pagar benteng yang Tuhan taruh

Ayub 1:9 Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah?
1:10 Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.

Fenomena Kesurupan Massal

Sering kita tonton berita kasus kesurupan massal di sekolah atau kantor? kenapa hal itu bisa terjadi.. menurut saya bisa jadi ini karena psikologis, bisa jadi karena kuasa kegelapan bisa jadi perpaduan keduannya. Umumnya orang yang mengalami kesurupan massal ada wanita. Biasanya dimulai dari satu orang, mengingat kuktur kita yang gampang takut dengan cerita horor setan, sehingga membuat efek domino, apa lagi didukung suasana panik ada yang nangis ada yang doa teriak2 dsb disekitar orang yang kesurupan ini… makin menambah efek eforia kesurupan massal.

Apa yang dilakukan ketika anda menghadapi kasus seperti ini?

Apakah semerta2 kita langsung mendoakan? ohh tunggu dulu kita lihat Yesus, Yesus ga semerta2 datang trus tengking setan.. ohh ya juga kisah Paulus didalam

Kisah Para Rasul 16:16 Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.
16:17 Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: “Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan.”
16:18 Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: “Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini.” Seketika itu juga keluarlah roh itu.

Kita tanya hikmat Tuhan, disamping itu kita uji diri kita apakah kita tunduk pada Allah.. jangan2 nanti kita seperti anak-anak Skewa didalam

kisah para rasul 19:13 Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: “Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus.”
19:14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa.
19:15 Tetapi roh jahat itu menjawab: “Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?”
19:16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.

Perlu diingat kita memang diberi kuasa untuk megusir setiap kuasa kegelapan, bukan oleh kekuatan kita tetapi hasil dari tunduk pada otoritas Allah. Satu kali di Jogja waktu malam hari aku diserang oleh kuasa jahat, jadi aku melihat mata merah menyala menatap aku.. saat itu aku ngomong “Sini kamu tak tempeleng”.. tiba-tiba rasanya badan ini dihujam dan aku tidak bisa bernafas, baru sadar kalo ini setan ga bisa ditempeleng hehe.. baru aku usir dalam nama Yesus dan dia pergi. Intinya adalah anda tidak bisa menggunakan kekuatan dan kesombongan anda..

didalam surat Yudas Yudas 1:9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: “Kiranya Tuhan menghardik engkau!

Ketundukan kita lah yang membuat kita bisa melawan kuasa jahat, ketundukan berarti kita mengakui bahwa otoritas kuasa tertinggi bahkan hidup ini ada pada Tuhan Yesus… Banyak orang menengking setan macam kesetanan pula ..#curhatan pribadi hehe.. karena dengan dia pikir teriak2 dalam nama Yesus setan akan ketakutan? No man.. Kalau kita lihat kesaksian rasul Paulus, sapu tangannya aja bisa bikin setan lari.. hehe jangan2 ga tahan ama keringat Rasul Paulus ini

Kisah Para Rasul  19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Satu kesaksian lagi.. dalam pelayanan pelepasan bersama sdr Antos di Palangkaraya, waktu itu kita digerakan hanya menyembah, sama seperti kisah Paulus di penjara dan ketika mereka memuji Tuhan penjara itu goyang. Dan memang hanya dengan menyembah banyak beberapa teman kami yang dilepaskan.. haleluyah.. Pujian itu punya kuasa..
Itu mengapa Saul ketika dia dikuasai roh jahat, ketika Daud memainkan pujian, Saul menjadi baikan..

I Samuel  16:16 baiklah tuanku menitahkan hamba-hambamu yang di depanmu ini mencari seorang yang pandai main kecapi. Apabila roh jahat yang dari pada Allah itu hinggap padamu, haruslah ia main kecapi, maka engkau merasa nyaman.”

Tapi kenapa roh jahatnya ga pergi2 dari Saul? karena Saul tidak segera bertobat..

Pertanyaan terakhir yang sering muncul.. bisakah setan membunuh manusia?? Ingat kehidupan itu ditangan Tuhan.. jika anda didalam Kristus, jangan kan nyawa semua yang ada disekelilinga kita ini dijaga dan dilindungi.. karena malaikat berkemah sekeliling orang yang tunduk pada otoritas Allah..

Mazmur  34:8 Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.

Nah yang jadi soalan yang tidak didalam Kristus.. so mengapa memilih untuk hidup di luar Dia? Tuhan Yesus memberkati

Balikpapan, 28/Nov/2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s