Sejarah LittleFlocks

418177_279762318763546_672623792_nBanyak yang mungkin bertanya-tanya apa itu LittleFlocks? kali ini saya mau mencoba sharing cerita awal komunitas ini…

Mungkin memang seharusnya dari awal aku menceritakan sejarah awal LF ini. Sebenarnya benih-benih ini dimulai ketika aku mulai kerja di Jakarta. Ada suatu perubahan keadaan kerohanian, ketika kuliah do Jogja aktif pelayanan bersama teman-teman remaja, kemudian memasuki dunia kerja yang langsung tiba-tiba tidak ada lagi pelayanan seperti dahulu. Selama setahun mulai merasa kering kerohanian. Sempat berfikir untuk memulai pelayanan lewat internet, so tahun 2010 kita mencoba membuat page “Radikal Bagi Tuhan” di facebook , namun pada akhirnya tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Tahun 2011 aku pergi ke US, entah mengapa disana aku mulai suka menulis (sebelumnya aku ini bukan orang yang gemar menulis artikel apa lagi membaca) mulailah aku sering menulis notes di FB, isinya awalnya hanyalah kesaksian-kesaksian priabadi ku. Ketika balik ke Indonesia, terjadilah kasus penolakan FPI di Palangkaraya, saat itu berita yang beredar di media massa tidak berimbang, maka pada waktu itu aku menulis notes di FB ku berjudul “Menjawab Tuduhan FPI atas penolakan warga Dayak di Kalimantan Tengah” tak disangka-sangka notes ini dishare oleh 1000an orang, dan mulai banyak yang memberi saran untuk membuat blog. Tentu saja aku belum siap untuk membuat sebuah blog karena aku ini bukan orang yang rajin menulis.

Ketika kembali di Jakarta ditempat aku bekerja sudah lama persekutuan karyawannya vacuum, maka mulailah kami dengan bersama teman-teman kantor membentuk persekutuan karyawan.

Persekutuan Karyawan

Persekutuan Karyawan

Persekutuan Karyawan

Persekutuan Karyawan

Puncaknya kami rindu untuk mengadakan perayaan natal tahun 2011, saat itu planning perayaan natal akan kami buat di Panti Asuhan “Sinar Pelangi” di Bekasi, tak dinyana ternyata pihak management kantor tidak menyetujui perayaan natal ini membawa nama perusahaan tempat aku bekerja dan juga tidak setuju kami mengadakan persekutuan dikantor. Padahal persekutuan ini tidak mencuri jam kerja karena kita melakukan setiap Jumat pas jam makan siang dan acara natal ini pun kita tidak meminta uang dari perusahaan jadi murni swadaya. So kami tetap ingin mengadakan perayaan natal ini, maka nama perusahaan di proposal ini kami ganti, sempat bingung dengan nama yang akan digunakan dan saat itu Tuhan kasih rhema nama “Kawanan Kecil” atau didalam bahasa Inggrisnya Little Flocks, ini berasal dari ayat Alkitab

Lukas 12:32 Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Acara Perayaan Natal Persekutuan Karyawan "Kawanan Kecil" di Panti Asuhan Sinar Pelangi, Bekasi

Acara Perayaan Natal Persekutuan Karyawan “Kawanan Kecil” di Panti Asuhan Sinar Pelangi, Bekasi

Acara Perayaan Natal Persekutuan Karyawan "Kawanan Kecil" di Panti Asuhan Sinar Pelangi, Bekasi

Acara Perayaan Natal Persekutuan Karyawan “Kawanan Kecil” di Panti Asuhan Sinar Pelangi, Bekasi

Setelah perayaan natal itu Tuhan mulai taruh visi tentang kegerakan atas Indonesia, sebab begitu banyak hamba-hamba Tuhan yang menubuatkan akan terjadinya kebangunan rohani di Indonesia dan sampai hari ini belum terjadi. Tuhan taruh visi yang jelas bahwa kegerakan Tuhan melewati komunitas-komunitas, sebab organisasi gereja terlalu asik dengan dirinya, pembangunan fisik gedung dan para pemimpin gereja terlalu arogan untuk bersatu sebagai Tubuh Kristus. Visi ini pun Tuhan taruh didalam hati beberap teman-teman ku maka sebagai start awal kami membuat group di Facebook dengan nama “LittleFlocks” pada tanggal 27 Februari 2012 yang awalnya hanya bertujuan sebagai tempat untuk sharing FT dan pengajaran. Selain sharing lewat FB kita pun di area Jakarta mulai mencoba kopi darat untuk saling sharing FT dan mulailah group ini berkembang dan kita sudah melakukan beberap kali kopdar di berbagai daerah seperti Jakarta, Jogjakarta, Palangkaraya dan Balikpapan. Visi ini pun semakin dikuatkan melalui World Prayer Assembly di Jakarta, yang mengatakan ini waktunya kegerakan atas Indonesia, dan Tuhan bergerak melalui komunitas-komunitas

Kopdar Pertama di Balikpapan

Kopdar Pertama di Balikpapan

Kopdar Pertama di Jogjakarta

Kopdar Pertama di Jogjakarta

Kopdar ke-2 di TMII Jakarta dihadiri oleh Kak Esther, Teguh, Irene dan Tannya

Kopdar ke-2 di TMII Jakarta dihadiri oleh Kak Esther, Teguh, Irene dan Tannya

Kopdar pertama di Palangkaraya untuk membahas Mission Trip dihadiri oleh Mega, Agus, Ocy dan Bue Dion

Kopdar pertama di Palangkaraya untuk membahas Mission Trip dihadiri oleh Mega, Agus, Ocy dan Bue Dion

Kopdar LF pertama di Jakarta.. dihadiri oleh Andreas, Teguh, Tannya dan Kak Merry

Kopdar LF pertama di Jakarta.. dihadiri oleh Andreas, Teguh, Tannya dan Kak Merry

Kopdar LF pertama di Jakarta.. dihadiri oleh Andreas, Teguh, Tannya dan Kak Merry

Kopdar LF pertama di Jakarta.. dihadiri oleh Andreas, Teguh, Tannya dan Kak Merry

Sekian lama group ini berdiri kita masih belum menemukan sebuah visi yang cukup jelas arahnya kemana, sehingga lama beberap project atau ide LF yang terbengkalai.. namun Tuhan kembali memulikan anak-anakNya ketika pada bulan desember yang lalu kami mengadakan kopdar di Balikpapan, saat itu kami  saling share tentang kehidupan masing-masing dan menariknya masing-masing kami pada awalnya memiliki panggilan yang sama terhadap pelayanan tetapi cukup lama kami semua mulai kehilangan arah terhadap visi itu, lalu kamipun planning untuk kumpul masak-masak bareng dan berdoa bersama waktu itu yang hadir ada Kitty dan Billy.

Saat kami berdoa, kami menanyakan apa sih kehendak Tuhan bagi kami? Namun saat itu Tuhan kasih suatu hal yang jelas buat kami bahwa yang menjadi penghalang kami selama ini adalah ketidak percayaan kami sepenuhnya kepada Tuhan.. saat kami berdoa masing-masing kami merasakan pemulihan dan jamahan Tuhan, sejak saat itu Tuhan mulai membangkitkan api dan memperjelas visinya atas kelompok ini yaitu membawa kegerakan atas Indonesia… ya Indonesia.. sempat hampir seminggu lebih aku galau akan visi ini, karena visi ini terlalu muluk-muluk dan seperti mendaki gunung yang tak terdaki.. tetapi kita dengan beberap teman-teman LF saling cover didalam doa dan Tuhan tarus satu ayat yang sangat menguatkan didalam FT:

Mazmur 61:3 Dari ujung bumi aku berseru kepada-Mu, karena hatiku lemah lesu; tuntunlah aku ke gunung batu yang terlalu tinggi bagiku.

Ini memang gunung yang terlalu tinggi tetapi Tuhan yang menuntun, maka oleh karena itu kami akan melakukan profetik action yaitu mendaki gunung Merapi, karena seumur hidup aku belum pernah mendaki gunung maka I will challange myself, why not I climb a real mountain. Rencananya kita akan mendaki gunung Merapi dan dipuncaknya kita akan mengibarkan panji-panji Allah dan berdoa atas Indonesia (detailnya akan kami share kan nanti)…

Lalu apakah LF memiliki kepengurusan, maka saya menjawab tidak ada, di LF kami rindu Tuhan secara bebas dan aktiv menggunakan kita semua. Sehingga siapapun yang memiliki visi yang Tuhan taruh buat kegerakan di kota kita masing-masing dan ingin membawa nama LF, anda tinggal sharekan di group resmi LF dan kita semua akan berusaha mensuport dengan semua kemampuan yang kita miliki baik itu doa, dana, ide, link atau apapun itu dan anda menjadi ketua atas project itu, walaupun tidak mesti kita bisa datang dan kita harus bertanggungjawab kepada Roh Kudus dan kepada semua anggota LF.  Sebab visi kita adalah menyalakan api Roh Kudus atas setiap anak-anak Tuhan di Indonesia dan kita tidak ingin dibatasi oleh tembok dogma, gereja, atau apapun.. visi kita Tubuh Kristus bersatu. Kami yakin Roh Kudus adalah Pribadi yang sangat kreative dan luar biasa, jika anda ingin terlibat didalam kegerakan Tuhan ayo mulai bersama-sama kita mencari Tuhan, saling cover didalam doa dan FT.

Namun untuk mencegah penyalahgunaan maka setiap event itu HARUS di postingkan di group FB dan blog resmi LF, dan setiap bentuk dana HANYA akan dikumpulkan disatu rekening saja yaitu atas nama Prasetya Ocytika, yang nantinya setiap bentuk pengeluaran akan dipertanggungjawabkan dipostingkan di group FB dan Blog.

Ini adalah waktunya kegerakan Tuhan atas Indonesia, apa yang kita lakukan mungkin hanyalah langkah kecil tetapi kita malakukan bagian kita untuk terlibat dan bukan hanya menonton saja. Ketika kita kopdar di Palangkaray Desember 2012 yang lalu Tuhan memberikan suatu ayat yang awalnya tidak kami fahami:

Mazmur 19:4-5 Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar;tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi.

Awalnya ini tidak kami fahami, namun Tuhan mulai membukakan hal ini, project-project yang kita kerjakan mungkin saja kecil.. seperti Mission Trip ke Desa Tumbang Habaun, secara manusia apalah arti Tumbang Habaun dan kegerakan atas Indonesia. Namun melalui ini banyak orang mulai membicarakannya, bahkan orang-orang itu mengetahui bukan melalui blog/FB tetapi dari mulut kemulut. Inilah yang Tuhan maksudkan melalui ayat diatas tidak ada berita, tidak ada kata tetapi gemanya terpancar.. Haleluyah..

Inilah sekilas latar belakang LF… dan inilah waktunya kegerakan Tuhan terjadi atas Indonesia. Didalam satu visi yang Tuhan berikan ketika berdoa waktu kopdar Balikpapan.. Sebenarnya Tuhan itu sangat ingin mencurahkan berkatNya atas Indonesia, tetapi begitu sedikit tangan anak-anak Tuhan yang terangkat atas Indonesia. Sekarang waktunya bergerak para pahlawan Allah

Yoel 3:9 Maklumkanlah hal ini di antara bangsa-bangsa: bersiaplah untuk peperangan, gerakkanlah para pahlawan; suruhlah semua prajurit tampil dan maju!
3:10 Tempalah mata bajakmu menjadi pedang dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: “Aku ini pahlawan!”

Mata bajak menjadi pedang, pisau penyabit rumput menjadi tombak.. artinya Tuhan akan memakai keseharian hidup kita di pekerjaan, kuliah, sekolah, pergaulan. Dan revival bukanlah KKR, bukan orang menangis-nangis tetapi ketika kita menghadirkan Kristus didalam keseharian kita dan Kristus dimuliakan, maka ketika Dia dimuliakan maka Ia akan menarik jiwa-jiwa datang kepadaNya..  Haleluyah!.. Salam kegerakan para pahlawan Kristus..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s