Bahaya Jika Tidur Menghadap Kipas Angin Yang Dihidupkan

kipas

Membaca sebuah artikel mengenai bahaya tidur mengahadap kipas angin yang dihidupkan membuat saya bertanya-tanya, apakah memang benar sedemikian bahanya.. lantas apakah tidur dengan AC yang menyala tidak kurang bahayanya??

Kipas angin ditemukan oleh Philip Dehl pada tahun 1882, namun sebenarnya sejarah awal kipas berasal dari India sekitar 500 SM disebut dengan punkha. Punkha adalah semacam kanvas yang ada bingkainya kemudian digantung diatas dan dihubungkan dengan tali. Para pelayana raja atau dsiebut  punkhawallahs menariknya sehingga bergerak maju – mundur.

Melihat sejarahnya kipas sangat membantun manusia ketika menghadapi hari yang gerah dan panas. Namun flocks tentu sebenarnya ada beberapa bahaya yang bisa terjadi ketika kita tidur menggunakan kipas angin. Penulis tidak sepenuhnya setuju dengan tulisan artikel diatas.

  • Dapat melukai bayi/anak jika penempatannya tidak tepat

Ini pernah terjadi kepada adek ku senidri ketika masih bayi tangan masuk kedalam kipas angin yang masih menyala sehingga membuat dia terluka dan sempat jatuh sakit. Namun sebenarnya ini terletak pada masalah penempatannya saja. Penggunaan kipas angin pada bayi sangat membantu menurunkan resiko sudden infant death syndrome (SIDS). Penelitian mengatakan dengan menaruh bayi pada ruangan yang memiliki kipas angin akan menurukan 72% sudden infant death syndrome (SIDS). Kipas angin disini berguna untuk membantu sirkulasi udara. Sudden infant death syndrome (SIDS) sangat riskan pada bayi yang lahir prematur karena mereka sangat rentan.

Kipas angin dapat menurunkan suhu saluran pernapasan atas bayi (pharynx) sehingga lingkungan micro organisme kurang begitu kondusive untuk bakteri menghasilkan racun berbahaya terutama Staphylococcus aureus dan Escherichia coli (penyebab utama SIDS)

  • Fan yang berdebu

Perhatikan juga kebersihan fan kita, seringkali kita cukup malas untuk membersihkan kipas angin dirumah, ditambah lagi jika dirumah kita memiliki peliharaan seperti kucing / anjing. Maka partikel debu dan bulu-bulu binatang ini akan menyebabkan effek alergi, sering kali kita akan mudah merasa sakit walau sebenarnya kita tidak sakit tetapi effek alergic yang tidak kita sadari

  • Tidur dengan kondisi kepala basah

Tidur dengan kepala basah sambil menyalakan kipas angin akan menurunkan daya tahan tubuh kita, sehingga ada baiknya sebelum tidur kita pastikan rambut sudah dikeringkan terlebih dahulu.

  • Mengeringkan sinus

Banyak kasus orang yang tidur dengan kipas angin menyala, orang tersebut akan merasa terkena flu hal ini mungkin disebkan karena sinus kita mengering cirinya ketika kita bangun dan kita merasa hidung kita kering dan badan kita tidak enak kemungkina besar sinus kita mengering.

 

Memang tidak semua orang mengalami gejala dan pengaruh yang disebutkan diatas, semua tergantung daya tahan tubuh seseorang, yang utama pastikan sirkulasi udara yang bagus ketika tidur. Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s